Broadcasted by Galau Jikan FM

Bangkitnya Bisnis Hiburan VTuber di Comifuro 15

Bisnis hiburan Virtual Youtuber atau VTuber semakin bangkit meski pandemi nampak mereda. Hal ini nampak dari eksistensi VTuber di Comifuro 15

Naufal Alfarizy
Cosplayer Cosplay Kobo Kanaeru VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Pengunjung ber-cosplay sebagai Kobo Kanaeru dengan presisi yang sempurna. Sementara dibelakang, secara tidak sengaja, terdapat cosplayer Minato Aqua berjalan | FOTO: Syahrian Naufal Alfarizy

Digelar selama dua hari, perhelatan pasar komik dan pop kultur Comifuro 15 berhasil menyita banyak perhatian penggemar Jejepangan termasuk penggemar VTuber.

Setelah dua tahun terpaksa digelar secara online, acara luring perdana pasca-pandemi COVID-19 tersebut diperkirakan telah menarik 26 hingga 36 ribu pengunjung dari seluruh Indonesia.

Layaknya gelaran berbasis daring tersebut, Comic Frontier kembali mengundang sejumlah Virtual Youtuber sebagai bintang tamu, hingga menjadi basis baru bagi penggemar VTuber.

Pengunjung Comifuro Dihibur 2 Hari oleh VTuber

Dengan host Atra Vibetronic, Naocchi, dan Chen Mei, main stage Comic Frontier 15 dihibur oleh banyak bintang tamu dan panel discussion.

Namun, dari sebagian acara yang digelar, banyak mata pengunjung yang tertuju pada kehadiran talenta Virtual Youtuber dari Hololive ID, Nijisanji, Alterly, hingga MAHA5.

Di hari pertama misalnya, yang digelar pada Sabtu (24/9) lalu, terdapat sesi live drawing yang dilakukan oleh talenta Hololive ID, Airani Iofifteen dan Vestia Zeta.

Selain itu, talenta VTuber dari Nijisanji yakni Mika Melatika, juga menggelar sesi yang menarik yakni Otaku Quiz bersama dengan para pengunjung. Disusul dengan Alterly, yang mengadakan Live Show.

Di hari kedua, pada hari Minggu (25/9), talenta Virtual Youtuber dari Nijisanji yakni Etna Crimson dan Layla Alstroemeria hadir di Comic Frontier dengan mengadakan live story telling yang menarik.

Sementara talenta Virtual Youtuber dari Hololive ID seperti Anya Melfissa dan Kaela Kovalskia mengadakan acara yang berbeda, yakni kompetisi cosplay otaku dan menjadi juri disana.

Sebagai penutup sesi VTuber di main stage Comic Frontier, Andi Adinata, Alia Adelia, serta Nia Redalion dari agensi MAHA5 menyapa serta bernyanyi dengan para pengunjung pada sore hari.

Sayangnya, arsip penyelenggara Comic Frontier di Youtube tidak cukup lengkap. Pembaca yang hendak mengetahui seberapa keseruan acara tersebut hanya bisa melihat acara pada Day 2 saja.

8 Agensi dan Lingkarya VTuber ‘Mejeng’

DigiKagi KunciGames VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Custom Booth milik KunciGames. Dibelakang booth tersebut, terdapat custom booth yang cukup luas milik DigiKagi | FOTO: Syahrian Naufal Alfarizy

Selain dengan main stage, lantas bagaimana kondisi di lingkup exhibitor? Nyatanya, sejauh pantauan tim Ayukawa Media, terdapat 8 (delapan) booth yang didedikasikan untuk agensi atau lingkarya Virtual Youtuber di Comifuro.

Booth yang terpantau antara lain AKA Virtual, Yume Reality, MAHA5, Alterly, ARVI, Vilitera, Virtue Light, dan Arukana.

Selain nama-nama tersebut, ada pula booth lingkarya lain yang berkaitan namun tidak terikat dengan agensi maupun lingkarya Virtual Youtuber di Indonesia.

8 (Delapan) booth VTuber di Comifuro 15 tersebut memiliki sejumlah event yang menarik selama gelaran pasar komik dan pop kultur itu digelar.

AKA Virtual misalnya, menempatkan para talenta VTuber mereka untuk ber-cosplay sebagai persona VTuber mereka, serta membagikan flyer dan stiker secara gratis.

Tak hanya itu, para talent juga berkeliling di sekitar Hall 10 untuk mempromosikan agensi tersebut. Mereka yang bertemu dengan talenta ini dapat berswafoto secara gratis.

Uniknya, apa yang dilakukan oleh talenta dari agensi AKA Virtual sudah mulai masuk pada ranah hybrid VTuber.

Dimana ringkasnya, para talenta mulai eksis dan menampilkan diri mereka secara publik di kehidupan nyata.

Arukana VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Amplop dengan desain yang unik dan menarik dari agensi VTuber Arukana | FOTO: Griizz/Nakama Virtual

Agensi Yume Reality, setelah sebelumnya sempat tersandung masalah dengan lingkarya lain, akhirnya kembali bangkit di gelaran ini.

Agensi VTuber tersebut membagikan merchandise secara acak serta gratis.

Alterly pun juga tak mau kalah dengan agensi lain. Agensi yang dikelola oleh manajemen yang sama dengan EVOS Esports tersebut juga membagikan Photocard Talent dan Stiker secara gratis.

Virtue Light, dengan talenta yang beragam, memiliki event yang menarik dan cukup menggamifikasi proses belanja mereka, dengan memberikan Photocard secara acak per-pembelian sebesar Rp 10,000,-.

Agensi VTuber Arukana di sisi lain, mempunyai dua hal yang menarik di booth mereka selama Comic Frontier berlangsung.

Mereka mengadakan gacha serta memberikan amplop yang cukup bagus secara desain dan fungsi.

Sementara lingkarya Vilitera serta agensi ARVI menghadirkan cosplayer yang berkostum layaknya persona talenta mereka.

Jual Produk yang Relatif Serupa

Sticker Comifuro 15 Comic Frontier
Sticker Set menjadi jenis produk yang umum dijual di Comic Frontier lantaran biaya produksinya yang terjangkau dan dapat diaplikasikan pada benda apapun | FOTO: Seno Triadi

Meski memiliki event spesial yang berbeda-beda, nyatanya kedelapan agensi maupun lingkarya VTuber di Comifuro 15 menjual produk dengan jenis yang serupa.

Ayukawa Media mencatat setidaknya 6 (Enam) dari delapan booth VTuber menjual produk standee, sticker pack, serta keychain edisi talenta mereka masing-masing.

3 (Tiga) dari delapan booth secara tegas juga menjual produk sandang berupa T-Shirt edisi spesial.

MAHA5 menjadi agensi VTuber di Comic Frontier yang menjual banyak sekali jenis produk dibandingkan yang lain, seperti Jaket, Tote Bag, hingga Pin edisi spesial mereka.

Hanya Yume Reality dan Alterly yang menjual dakimakura edisi talenta mereka pada saat acara Comic Frontier 15 digelar. Sementara Vilitera, menjual Art Print dan Photocard talenta mereka.

Mengecualikan MAHA5, keseragaman jenis produk yang dijual oleh agensi maupun lingkarya Virtual Youtuber di Comifuro 15 menandakan daya beli penggemar yang masih cukup lemah.

Terlebih, rentang usia penggemar VTuber di Indonesia secara mayoritas masih diperkirakan berada di usia 13 hingga 17 tahun, disusul rentang usia 18 hingga 24 tahun.

Namun, hal ini juga dapat menjadi benefit bagi agensi maupun lingkarya VTuber. Pasalnya, apabila para penggemar dapat semakin loyal, mereka akan terus membeli merchandise terkait di masa yang akan datang.

Loyalitas para penggemar dapat menjadi perhatian bagi lingkarya serta agensi VTuber yang eksis di Indonesia, mengingat semakin kompetitif dan berkembangnya Virtual Youtuber di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara.

Dengan jumlah agensi dan lingkarya yang semakin banyak, Indonesia diprediksikan akan terus melihat perkembangan Virtual Youtuber secara positif dalam beberapa tahun kedepan.

Lantas, akankah kita akan melihat booth VTuber yang lebih banyak lagi di Comifuro berikutnya? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

DigiKagi Lampaui Booth Virtual Youtuber Lainnya di Comic Frontier

DigiKagi KunciGames VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Custom Booth milik KunciGames. Di belakang booth tersebut, terdapat custom booth yang cukup luas milik DigiKagi | FOTO: Seno Triadi

Selain delapan agensi dan lingkarya yang membuka booth di Comic Frontier, nyatanya ada satu agensi Virtual Youtuber yang cukup outstanding dibandingkan yang lain.

Agensi VTuber yang outstanding tersebut ialah DigiKagi, yang merupakan perusahaan hasil kolaborasi OMNIVR dan Kunci Games.

Agensi yang ditujukan untuk menaungi para VTuber lokal, serta melakukan pengembangan hiburan berbasis digital tersebut membuka booth yang cukup besar pada Murasaki Hall, sebelum pintu keluar Hall 10 ICE BSD City.

DigiKagi utattemita VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Panitia Comic Frontier 15 tengah duduk membacakan peraturan Utattemita di panggung. Terdapat dua penempatan logo DigiKagi dan usaha milik KunciGames lainnya | FOTO: Seno Triadi

Tak hanya itu, Kunci Games (salah satu perusahaan yang membentuk DigiKagi) juga mensponsori panggung utattemita dengan memasang logo lini bisnis Kunci Games di sisi panggung.

DigiKagi VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Deretan profil talenta VTuber dari agensi DigiKagi yang ditampilkan di Comifuro 15 | FOTO: Seno Triadi

Mulai dari keliling Comic Frontier, mengadakan Grand Final Valorant Digikagi Virtual Championship, bermain UNO, Golf It hingga Gang Beast, serta bernyanyi serta freetalk diadakan di booth besar tersebut.

Meski tidak melakukan live event di main stage, banyak perhatian pengunjung yang turut tertuju pada booth tersebut lantaran memiliki acara yang sangat beragam.

Ragam Cosplay VTuber di Comic Frontier 15

Kobo Kanaeru VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Dengan detil yang memukau, seorang pengunjung berhasil meng-cosplay persona VTuber Kobo Kanaeru di Comic Frontier 15 | FOTO: Syahrian Naufal Alfarizy

Selain menelisik seberapa banyak dan apa saja yang dijual oleh agensi maupun lingkarya Virtual Youtuber, Nawala Karsa juga melihat beragamnya cosplayer bertema persona VTuber di Comic Frontier 15.

Kureiji Ollie VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Pengunjung Comic Frontier 15 yang ber-cosplay sebagai Kureiji Ollie | FOTO: Seno Triadi

Berdasarkan pantauan Nawala Karsa, terdapat beragam pengunjung Comic Frontier 15 yang ber-cosplay sebagai persona Virtual Youtuber dari agensi kenamaan seperti Hololive serta Nijisanji.

Elira Pendora VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Para exhibitor sekaligus cosplayer tengah berswafoto di booth B-38AB. Cosplayer berkostum Elira Pendora terdapat di sisi kiri. | FOTO: Syahrian Naufal Alfarizy

Dominasi cosplay karakter Virtual Youtuber dari kedua agensi kenamaan tersebut tidak mengherankan.

Mengingat eksistensi kedua agensi VTuber tersebut sangat populer, terutama bagi para pengunjung Comifuro 15.

Nekomata Okayu VTuber Virtual Youtuber Comifuro 15 Comic Frontier
Pengunjung Comic Frontier 15 yang ber-cosplay sebagai Nekomata Okayu | FOTO: Seno Triadi

Dalam jepretan lensa kamera, Nawala Karsa menemui sejumlah cosplayer bergaya ala Kobo Kanaeru, Kureiji Ollie, Minato Aqua hingga Nekomata Okayu.

Selain itu, ada juga cosplayer yang bergaya ala Mysta Rias (wave Luxiem) serta Elira Pendora (wave LazuLight) dari Nijisanji EN.


Bagaimana pendapat NawaReaders soal makin menjamurnya agensi dan lingkarya VTuber di Indonesia, terutama saat di Comifuro? Kirim pendapat kalian di kolom komentar, ya!

Artikel ini merupakan salah satu dari deretan artikel Live Report Comic Frontier 15. Nawala Karsa merupakan media partner dari Comic Frontier 15.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.