Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Review Happy Flight (2008): Semua Demi Keselamatan Penumpang!

Seno Triadi
happy flight header
©2008 FUJI TELEVISION, ALTAMIRA PICTURES, TOHO, DENTSU

Menghadapi situasi sangat penting dalam keadaan tak terduga sangatlah melelahkan, terutama bagi yang bekerja di dunia transportasi udara. Sebagai awak kabin maupun pegawai trafik lalu lintas udara, keselamatan penumpang menjadi yang paling utama bagi semua maskapai udara. Film Happy Flight yang tayang di Japanese Film Festival 2022 ini, misalnya, mengisahkan situasi tersebut di kala sebuah penerbangan menghadapi masalah pelik.

Happy Flight yang saya review ini sendiri adalah film yang merupakan rilisan tahun 2008, produksi Fuji Television dengan studio Altamira Pictures.

Film ini merupakan buah karya sutradara Yaguchi Shinobu, yang hingga kini masih menjadi sutradara papan atas sejumlah film Jepang berkualitas.

Merupakan sebuah komedi dengan drama suasana penerbangan, Happy Flight ceritakan skenario tentang rute penerbangan pesawat Jepang dari Haneda menuju Honolulu.

Menghadirkan Tanabe Seiichi, Tokito Saburo, Ayase Haruka, Terajima Shinobu, dan lain sebagainya, film ini bekerjasama dengan maskapai All Nippon Airways, Jepang.

Berangkat Honolulu, Apakah Lancar?

Ada satu rute penerbangan internasional berangkat dari Tokyo menuju Honolulu, Hawaii, dengan nomor rute penerbangan All Nippon 1980.

Film ini menceritakan seorang pilot (TANABE Seiichi) yang baru lulus akademi bertugas sebagai asisten untuk pilot senior yang lebih berpengalaman. Ia ditempatkan di nomor penerbangan tersebut sebagai permulaan karirnya sebagai co-pilot, yang terdampingi oleh seorang kapten (TOKITO Saburo).

Ada juga seorang pramugari (AYASE Haruka) baru bergabung dengan tim rute penerbangan 1980, dengan kepala pramugari (TERAJIMA Shinobu) yang terkenal ketus dalam bertugas.

Sementara itu,  para staf bandara Haneda bekerja keras terkait reservasi, staf di menara pengawas memberi peringatan tentang cuaca dan burung. Begitu juga dengan para mekanik bandara mencurahkan hati dan jiwa mereka untuk kecepatan dan ketepatan dalam pekerjaan.

Dengan kerja sama seluruh tim, penerbangan tersebut akhirnya lepas landas, namun tak lama kemudian mereka menghadapi masalah.

Bagaimana keterlibatan semua kru yang terlibat rute penerbangan ini dapat mengatasi masalah tersebut?

Semua Pihak Harus Terlibat

Happy Flight bukanlah film yang biasa dikarenakan memiliki sebuah penceritaan yang unik terbawakan dengan ringan bagi menarik penontonnya.

Aksi dramatis dari sejumlah pihak, baik pilot, pramugari, maupun kru bandara Haneda, harus meyakinkan bahwa rute perjalanan ke Honolulu berlangsung aman, begitu juga dengan perasaan semua penumpangnya.

Tak lupa, film ini menekankan improvisasi di segala aspek situasi yang sangat berperan penting apabila rintangan menghadang, hanya dengan ide sederhana  dan andalkan kreativitas saja.

Sejumlah aktor dan aktris memerankan film ini dengan sangat baik, yang merefleksikan bagaimana awak kabin menyikapi sejumlah masalah secara profesional.

Contohnya, Ayase Haruka yang memerankan seorang pramugari baru masuk, yang menangkap hampir seluruh karakterisasi tokoh yang Ia perankan.

Kemudian, ada Terajima Shinobu, aktris senior yang namanya sangat ternama di Jepang. Ia memerankan pramugari paling senior yang mana tokohnya membawakan kewibawaan di balik ketegasan yang Ia presentasikan di hadapan sejumlah pramugari baru.

Tak lupa, protagonis ko-pilot yang terperankan Tanabe Seiichi, yang juga mengekspresikan tokohnya dengan baik. Tentunya tokoh yang Ia perankan mesti bersikap seperti pilot sungguhan, yang mana penonton akan diajak seberapa rumitnya menjadi seorang pengemudi maskapai, meyakinkan semuanya selamat sampai tujuan.

Happy Flight, Pelan-Pelan Asal Selamat

Happy Flight merupakan salah satu film dari Japanese Film Festival 2022 dan satu-satunya film bergenre komedi dari 20 entri judul film lainnya yang tayang hingga Minggu (27/2).

Film dengan nuansa dramatis ala penerbangan ini penulis rekomendasikan apabila ingin mencari tahu bagaimana kehidupan awak kabin dan kru bandara sehari-harinya.

Meski terbilang hampir mendekati realita, film Happy Flight yang kami review ini bisa menjadi sajian ringan. Penonton dapat menikmati judul ini apabila ingin menonton komedi dengan tema sangat tidak mainstream ini.

Dan NawaReaders bisa berkesempatan menontonnya langsung lewat situs resminya JFF 2022, lewat pranala berikut ini, lho! Pastikan Kamu sudah registrasi dulu sebelum menonton, ya! Beberapa film lain yang bisa Kamu tonton juga tersedia, seperti Rashomon, ReLIFE, OZLAND, dan lain sebagainya