Super Chat Sudah Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya!

Fitur super chat di YouTube sudah tersedia bagi warganet +62 yang ingin menyisihkan uangnya ke livestreamer idola mereka. Sejauh ini, bagaimana prosedurnya?

Seno Triadi
super chat
Meski sudah lulus dari agensi Hololive, VTuber Kiryu Coco masih menyandang sebagai top 10 super chat terbanyak di YouTube. | Gambar: Yagitani Hitsuji ([email protected])

Mulai Rabu (29/6) lalu, YouTube region Indonesia sudah dapatkan fitur Super Chat yang sudah ternantikan warganet tanah air, setelah menunggu beberapa bulan lamanya.

Sebelumnya, beberapa warganet mesti melakukan berbagai cara seperti mengakses video live lewat koneksi VPN yang memungkinkan fitur ini, dengan menggunakan kartu debit atau kredit.

Namun, baru-baru ini opsi untuk nyawer idola makin mudah dengan sejumlah opsi pembayaran yang dapat terjangkau donaturnya.

Jadi, apa saja sih opsi pembayaran fitur super chat yang tersedia bagi kita netizen +62?

Nyawer Idola Virtual Secara Langsung biar Di-notis!

Seringkali hujan super chat terjadi di sejumlah siniar langsung VTuber, seperti Amatsuka Uto dengan sesi belajar Bahasa Inggris-nya. | Gambar: [email protected]

Fitur Super Chat merupakan sebuah opsi berupa pendanaan transaksi secara digital, dengan memakai uang elektronik yang disahkan platform YouTube.

Banyak dari livestreamer, terutama dari kalangan virtual YouTuber memakai fasilitas ini sebagai penyedia donasi yang datang dari sejumlah penggemarnya, baik yang lama maupun baru.

Super Chat sendiri makin berkembang sejak booming VTuber di komunitas pop kultur global. Hal ini memungkinkan fans melakukan saweran dalam bentuk daring sesuai jumlah yang teringinkan.

Untuk melakukan Super Chat ini, kamu hanya dapat mendonasi secara daring ketika livestreamer favoritmu dalam keadaan siniar langsung sesuai jadwalnya.

Tentunya, streamer pun dapat mengatur apabila video atau kanalnya bisa terima super chat dari penontonnya atau tidak.

Super Chat yang bisa NawaReaders berikan terbatasi dari nominal terendah yaitu Rp. 10.000,-, hingga plat merah, atau akasupa, yaitu Rp. 5.000.000,-.

Maksimal penyaweran lewat platform ini, mengutip dari prosedur resmi lewat Google Support, yaitu Rp. 5.000.000,- per hari dan Rp. 20.000.000,- dalam satu minggu.

Bagaimana Cara Nyawer-nya?

Seperti yang beberapa dari NawaReaders pernah pakai di sejumlah platform serupa, kamu perlu siapkan metode pembayaran supacha yang YouTube terima sejauh ini.

Cukup dengan menekan tombol simbol dolar dalam kolom live chat saja, kamu akan terantarkan ke opsi tersiapkan oleh streamer, yaitu super sticker, super chat dan atau membership.

Tahapan untuk super chat memiliki tiga bagian: yang terendah dengan bar biru sebesar Rp. 10.000,-, bar biru muda dengan kata-kata sebesar Rp. 20.000,-, dan bar merah atau akasupa sebesar Rp. 1.000.000,-

Contoh dari metode pendanaan super chat tersedia untuk wilayah Indonesia. | Dokumentasi penulis

Melakukan super chat sebenarnya semudah NawaReaders melakukan pembayaran berbasis daring seperti umumnya.

Beberapa opsi pembayaran tersedia saat ini bisa memakai saldo dari uang elektronik, seperti Google Pay, ShopeePay, GoPay, Dana, dan lain sebagainya.

Khusus di wilayah Indonesia, setiap saweran ke livestreamer akan dikenai pajak PPn sebanyak 11% dari dana yang kita sumbangkan.

Setelahnya, NawaReaders tinggal simak nominal donasi berikut ucapan salam kepada livestreamer favoritmu, syukur-syukur bisa terbaca nantinya!

Donasi Juga Perlu Moderasi

Google, selaku lisensor untuk perusahaan YouTube, juga memberikan wewenang kepada moderator livestreamer untuk dapatkan moderasi pendanaan yang masuk dari penonton.

Tentang detil moderasi tersebut, Google menyatakan hal tersebut melalui fasilitas Support-nya ini:

Semua pesan chat, termasuk teks dan gambar, dapat dimoderasi oleh kreator dan YouTube. Chat yang dimoderasi dapat dihapus agar tidak dapat dilihat oleh Anda dan/atau orang lain kapan saja, karena alasan apa pun, dan tanpa pemberitahuan.

Anda tidak dapat meminta pengembalian dana untuk Super Chat & Super Stickers yang telah dimoderasi atau dihapus.

Oleh karena itu, meskipun sudah ada fitur supacha tersedia bagi penonton tanah air, streamer masih bisa untuk memakai platform saweran lainnya dengan alasan tertentu.

Untuk para dermawan yang ingin menyisihkan duit bagi idola virtualnya, tetap ingat selalu akan daya finansial masing-masing jika ingin membantu mereka tetap maju menjadi livestreamer lebih baik.

Nah, NawaReaders, bagaimana? Sudah siap duit tabungan kalian untuk membantu para streamer favorit kalian?