ATTACK ON TITAN FINAL SEASON DIRUMORKAN HIATUS – Setelah penayangan episode terbarunya yang mulai memasuki konflik cerita. Studio MAPPA selaku pihak yang mengadaptasikan season keempat Attack on Titan mendapat berbagai reaksi negatif serta kritikan dari kalangan penggemar seri tersebut. Hal ini disebabkan pengunaan CG (computer graphic) pada Titan, terutama ketika mereka bertarung.

Studio MAPPA dibanjiri cibiran pedas warganet

Nampaknya bagi sebagian penggemar, penggunaan CGI dalam anime masih mengganggu, dan dianggap memperburuk kualitas. Akun Twitter MAPPA sampai dibanjiri oleh berbagai komentar pedas terkait hasil kerja mereka.

Orang-orang lain yang menganggap kemarahan ini berlebihan, balik mengkritik akun-akun yang protes pada postingan tersebut. Konflik tersebut sampai membuat salah satu staff anime Attack on Titan mengeluarkan pernyataan terkait hal ini.

Pasalnya, bukan hanya di episode kemarin saja. Pada episode pertama, ketika para Titan muncul menggunakan model CGI, ada beberapa komentar yang meragukan kualitas season 4 ini. Para penggemar juga menyoroti episode ‘Deklarasi Perang’, yang mereka anggap musik latarnya tidak sesuai.

Rumor Attack on Titan Final Season ditunda mencuat di sosial media

Tidak lama setelah penayangan episode terbaru, mulai muncul isu di media sosial bahwa Studio MAPPA akan menunda penayangan Attack on Titan Final Season karena berbagai reaksi negatif. Isu tersebut dibagikan oleh salah satu fanspage penggemar anime Indonesia yang mengutip dari fanspage lain, serta tautan ke akun Twitter MAPPA.

Faktanya, di akun Twitter milik MAPPA, tidak ada satupun post yang mengumumkan penundaan tayang Attack on Titan Final Season. Postingan terkahir MAPPA adalah potongan storyboard yang menampilkan Mikasa, serta profil singkatnya.

Sementara postingan-postingan setelahnya adalah retweet terkait relasi publik, serta akun resmi dari proyek anime MAPPA lainnya.

Penggemar anime ‘alergi’ dengan CGI

Stigma buruk penggemar terhadap penggunaan CGI dalam anime bukanlah hal baru. Pertama kali implementasi grafik tiga dimensi dalam animasi pada tahun 2000-an, memang menghasilkan perasaan mengganggu dibanding animasi dua dimensi secara keseluruhan.

Penggunaan CGI dalam anime Attack on Titan juga lebih dulu hadir dalam musim kedua dan ketiga animenya, yang saat itu ditangani Wit Studio.

Ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan oleh tim produksi dalam proyek anime; tenggat deadline, budget, serta tenaga kerja yang dibutuhkan. Industri anime sesungguhnya adalah industri yang keras, dimana terkadang pekerjanya lembur tanpa bayaran lebih, serta bekerja di bawah tekanan fans dan perusahaan.

Penggunaan CGI dan grafik tiga dimensi, digunakan agar pekerjaan animator lebih mudah daripada harus terus menggambar frame demi frame. Khususnya dalam adegan penuh gerakan seperti bertarung atau menari.

Sejujurnya, saya juga tidak akan menyukai grafik tiga dimensi yang jelek. Tapi selama CGI yang ditampilkan berkualitas, tidak mengganggu ekspresi karakter, dan presentable ke khalayak, saya pribadi akan menonton dengan senang hati.

Tentang Attack On Titan

Attack on titan season terakhir
Ilustrasi Attack On Titan Season 3 Part 2

Anime musim terakhir akan diproduksi Studio MAPPA, Attack On Titan merupakan serial komik yang bercerita tentang sebuah peradaban manusia yang terancam akibat keberadaan spesies raksasa menyerupai manusia bernama titan. Serial karangan Hajime Ishayama ini memiliki cerita yang cukup kelam dan banyak sekali kematian karakter yang tidak terduga. Hal-hal ini yang membuat para pembaca setia mengikuti ceritanya sejak tahun 2009 lalu.

Serial ini mulai diketahui khalayak umum setelah adaptasi animenya pada tahun 2013 dibuat. Musim kedua anime dirilis pada tahun 2017 lalu, dan tahun ini menandakan musim ketiga dari petualangan Eren dan kawan-kawan dalam bentuk anime. Attack on Titan juga sempat dibuat dalam bentuk live-action versi Jepang yang terdiri dari dua film.

Komiknya pun sudah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo, tepatnya oleh Level Comics, bagian komik dewasa mereka.

Jadi, apa pendapat NawaReaders mengenai hoax anime Attack on Titan season Final yang sempat dikabarkan hiatus? Kirimkan pendapat kalian di kolom komentar dibawah.

Nawala Karsa NK Kurio