Permatabankir Cilik Permatabank Tingkatkan Literasi, Inklusi Keuangan Melalui Kebiasaan Menabung

PermataBank konsisten tanamkan kebiasaan menabung sejak dini dan cetak “Duta Menabung” melalui PermataBankir Cilik ke-9.

permatabankir cilik
Para pemenang PermataBankir Cilik ke-9. | FOTO: PermataBank | EDIT: Nawala Karsa

PermataBank kembali menggelar program CSR PermataHati, PermataBankir Cilik, yang bertujuan menanamkan kebiasaan menabung dan penggunaan uang bijak sejak dini.

Program ini diikuti oleh 150 siswa dari 16 Sekolah Dasar dan Sekolah Luar Biasa di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Sepuluh peserta terbaik dinobatkan sebagai Bintang PermataBankir Cilik dalam berbagai kategori, dan dua sekolah dengan nilai tertinggi untuk proyek akhir bertemakan Literasi dan Lingkungan. Seluruh peserta dinobatkan sebagai Duta Menabung.

Promosi Literasi Keuangan di Indonesia dari Dasar

permatabankir cilik
Dari atas: Meliza M. Rusli, Direktur Utama PermataBank; dari kiri-bawah: Sarjito – Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Hary Indratno – Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI). | FOTO: PermataBank | EDIT: Nawala Karsa

Direktur Utama PermataBank, Meliza M. Rusli, menyatakan bahwa program ini merupakan kontribusi nyata PermataBank dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“PermataBankir Cilik adalah salah satu program unggulan PermataHati CSR, yang sejak tahun 2015 hadir sebagai bentuk kontribusi nyata PermataBank dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia agar generasi penerus kita menjadi generasi yang unggul dan cerdas finansial. Selain berkelanjutan, kami juga terus berupaya memperluas ekosistem dan cakupan penerima manfaat, serta memperkaya kualitas pembelajaran. Tahun ini, kami juga menambahkan materi pengenalan bank sampah, sebagai inisiatif kepedulian lingkungan yang sejalan dengan program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) khususnya pada poin ke-12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab,” jelasnya.

Sarjito, Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengapresiasi program ini sebagai bantuan luar biasa bagi OJK dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Program seperti PermataBankir Cilik ini sungguh merupakan bantuan yang luar biasa bagi OJK, karena salah satu tujuan OJK adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, dan kami juga diberi target oleh Presiden untuk mencapai Inklusi Keuangan sebesar minimal 90% pada tahun 2024. Saya selalu terkesan dengan apa yang kita lakukan bersama, yaitu datang ke sekolah-sekolah, berkolaborasi dan mendidik anak-anak untuk mampu menahan diri dan menabung. Saya selalu berprinsip bahwa orang yang sukses adalah orang yang bisa berpuasa menikmati kesenangan sementara untuk kebaikan jangka panjang. Mereka akan tahu bagaimana membuat rencana yang tepat untuk masa depan mereka,“ ujarnya.

permatabankir cilik
Perserta PermataBankir Cilik di SDN 173 Neglasari. | FOTO: PermataBank | EDIT: Nawala Karsa

Adapun Hery Indratno, selaku Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) yang juga turut hadir dalam acara kelulusan PermataBankir Cilik ini mengungkapkan, “Nilai-nilai kehidupan yang baik paling tepat kita tanamkan kepada anak usia dini. Dengan menumbuhkan kebiasaan menabung sejak dini, kita sudah membuat langkah kecil untuk dampak yang besar untuk masa depan. Anak-anak juga dapat merasakan empat manfaat dasar menabung, yaitu bisa belajar menghargai uang, belajar mengatur uang secara mandiri, melatih hidup hemat, dan lebih mudah mencapai tujuan di masa depan. Kami sangat mengapresiasi program yang dihadirkan PermataBank ini, dan kami berharap program ini terus diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia. Selamat kepada adik-adik yang dinobatkan sebagai Duta Menabung.”

Hadirkan PermataBankir Cilik, Gali Potensi Pandai Berfinansial Secara Dini

permatabankir cilik
Peserta PermataBankir Cilik di Kota Solo | FOTO: PermataBank | EDIT: Nawala Karsa

PermataHati berkolaborasi dengan PiBo dalam PermataBankir Cilik 2023, program yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek dan pengembangan literasi dasar.

Modul digunakan melalui konsep kelola uang 3-in (Tabung-in, Jajan-in, Bagi-in). Pembelajaran interaktif meliputi reading challenge bacapibo.com, tur virtual ke Bank Indonesia dan bank sampah, kelas public speaking, dan kelas berpikir kritis.

Aisha Habir, Co-Founder PiBo, mengatakan mereka berinovasi dan memperluas kolaborasi untuk membuat kurikulum dan materi yang interaktif dan efektif.

“Menjadi mitra PermataBank dari awal perjalanan PermataBankir Cilik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Ditambah lagi kesamaan visi dan misi kami untuk membentuk generasi muda yang lebih berkualitas. Kami selalu mencari hal baru, berinovasi, dan memperluas ranah kolaborasi untuk membuat kurikulum dan materi yang interaktif, menarik, dan efektif. Setiap inovasi dan penyesuaian materi yang kami terapkan selaras dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran di skeolah. Kami selalu berharap kolaborasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang untuk para Duta Menabung, guru-guru, dan juga bagi seluruh komunitas sekolah yang terlibat,” jelasnya.

Setiap Sekolah Dasar yang berpartisipasi mengirimkan 10-15 siswa terbaiknya untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan menjadi generasi muda cerdas finansial. PermataBankir Cilik 2023 juga menghadirkan pelatihan guru.

Melalui PermataHati, PermataBank menunjukkan komitmennya sebagai mitra masyarakat melalui program CSR dengan fokus pada Education, Empowerment, dan Enhancement.

Tentang PermataBank

TENTANG PERMATABANK

PermataBank adalah salah satu dari 10 bank terbaik di Indonesia dari sisi aset di industri perbankan. Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (Kode: BNLI) dengan pemegang saham pengendali Bangkok Bank Public Company Limited, PermataBank terdepan dalam digitalisasi dengan produk dan jasa inovatif melayani lebih dari 6,2 juta nasabah di 61 kota di Indonesia. Per 30 September 2023, PermataBank memiliki 224 kantor cabang & kantor kas, kantor cabang Syariah, dan cabang bergerak (Mobile Branch); 830 lokasi ATM dan lebih dari 22.000 outlet tarik tunai tanpa kartu di Indomaret, akses di lebih dari 100.000 ATM (VisaPlus, Visa Electron, MasterCard, Alto, ATM Bersama dan ATM Prima akses di jaringan), dan jutaan ATM lainnya di seluruh dunia yang terhubung dengan jaringan Visa, Mastercard, Cirrus.

PermataBank telah meraih berbagai penghargaan service excellence di kategori Bank Umum dan Bank Unit Usaha Syariah, seperti Banking Service Excellence Award 2023 oleh majalah InfoBank bekerjasama dengan Market Research Indonesia, Silver awards dari Asia-Pacific Stevie Awards 2023, The “Best Disclosure and Transparency” & Top 50 Score Emiten dengan Kapitalisasi Market Terbesar (Big Cap) – Governansi Korporat terbaik dari IICD CG Conference and Award 2023, serta predikat “Very Good” pada dua kategori (Learning & Development and Knowledge Management serta Employer Branding and Talent Acquisition) di HR Exellence 2023 oleh SWA dan Lembaga Manajemen FEB UI.

Sebagai pionir inovasi digital di pasar Indonesia, nasabah dapat merasakan pengalaman layanan digital terlengkap seperti layanan mobile banking super app, PermataMobile X dengan lebih dari 200 fitur unggulan , internet banking PermataNet dan Permata e-Business, PermataQR Pay di lebih dari 300.000 merchants, point of sales di lebih dari 20.000 merchants, API banking dengan 200 tipe API, penggunaan teknologi  Blockchain Trade Finance, layanan call center dengan Interactive Voice Response dan Artificial Intelligence Voice Recognition. Nasabah juga dapat merasakan pengalaman Digital Model Branch di wilayah-wilayah pilihan di Indonesia yang menawarkan pengalaman yang simple, fast, and reliable.

Untuk informasi lebih lanjut terkait PermataBank kunjungi website resminya melalui pranala ini.

TENTANG PERMATAHATI

PermataBank pada akhir tahun 2010 memperkenalkan program CSR PermataHati yang berfokus pada pendidikan, khususnya literasi keuangan. PermataHati dirancang dengan memadukan berbagai aktivitas dalam tiga pilarnya yaitu: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perbaikan Fasilitas, dan Pemberdayaan Masyarakat. Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteer (EVO) merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana EVO menyisihkan waktu dan tenaganya dalam menjalankan kegiatan CSR untuk mendapatkan Poin Senyum. Setiap 15 Poin Senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan 1 beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mampu selama 1 tahun ajaran. Untuk mendukung program CSR ini, setiap karyawan PermataBank berhak mendapatkan 1 hari cuti CSR, diluar jatah cuti tahunannya. Sejak 2010, melalui partisipasi aktif 20.934 karyawan sebagai Employee Volunteer (EVO) dalam berbagai kegiatan CSR, PermataHati telah memberikan beasiswa kepada 6.338 anak.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.