Pameran Spesial Puella Magi Madoka Magica Bakal Digelar di Jepang!

Nadia Theresa Johari
anime puella magi madoka magica

Pada Selasa (10/8), pihak produksi serial anime magical girl dan dark fantasy Puella Magi Madoka Magica merilis sebuah poster visual terbaru untuk pameran yang diadakan dalam rangka merayakan 10 tahun serial Madoka Magica, yaitu Puella Magi Madoka Magica 10.

Poster visual ini dirilis di situs resmi dan juga akun resmi Twitter untuk serial tersebut.

Pameran spesial Puella Magi Madoka Magica 10 dinamakan demikian karena angka 10 (ten) merupakan permainan kata dari pengucapan angka 10 dalam bahasa Inggris dan dari kata dalam bahasa Jepang untuk pameran, yaitu tenji.

Puella Magi Madoka Magica 10 rencananya akan diselenggarakan dari bulan September 2021 hingga April 2022.

Penjualan tiket

Penjualan advance ticket untuk pameran Puella Magi Madoka Magica 10 akan dimulai pada hari Rabu (11/8). Ada dua versi untuk tiket yang dapat dibeli sebelum acara berlangsung ini, yaitu Limited Edition A dan Limited Edition B.

Limited Edition A dibanderol seharga 10.000 yen (sekitar Rp 1.302246,00) dan pembeli akan mendapatkan bonus berupa ransel yang menampilkan berbagai adegan dalam anime Puella Magi Madoka Magica. Di sisi lain, Limited Edition B dibanderol seharga 2.800 yen (sekitar Rp 364.570,00) dan bonus yang akan didapat adalah sebuah kotak kaleng, enam stiker, dan tempat penyimpanan gantungan kunci.

Penjualan tiket secara umum atau general ticket untuk Puella Magi Madoka Magica 10 akan dimulai pada 4 September 2021.

Seperti apa pamerannya?

Melalui pameran Puella Magi Madoka Magica 10, pengunjung dapat melihat kembali cerita Madoka dan kawan-kawan melalui berbagai materi animasi yang ditampilkan di sana. Sejumlah materi untuk anime Puella Magi Madoka Magica di sana termasuk dokumen produksi, ilustrasi, video, dan foto-foto adegan terkenal dari anime ini.

Puella Magi Madoka Magica 10 akan dilaksanakan di lima kota besar di Jepang, yaitu di Tokyo, Gukuoka, Osaka, Niigata, dan Shizuoka. Di Tokyo, pameran ini akan hadir di lantai 8 pusat perbelanjaan Matsuya Ginza dari 22 September hingga 5 Oktober 2021. Sementara itu, di Fukuoka, Puella Magi Madoka Magica 10 akan hadir di pusat perbelanjaan Hakata Hankyu dari 23 November hingga 5 Desember 2021.

Perjalanan pameran ini ke tiga kota lainnya akan dimulai kembali pada 2022. Puella Magi Madoka Magica akan hadir di Osaka dari Februari 2022, di Niigata pada Maret 2022, dan Shizuoka pada April 2022 mendatang.

Tentang Puella Magi Madoka Magica

anime puella magi madoka magica

Puella Magi Madoka Magica merupakan sebuah serial anime original bergenre magical girl, dark fantasy, dan psychological thriller yang dibuat oleh Magica Quartet dan dianimasikan oleh studio Shaft. Serial animenya pertama kali tayang pada tahun 2011 dan disutradarai oleh Yukihiro Miyamoto dan Akiyuki Shinbo.

Serial ini berfokus pada kehidupan Madoka Kaname dan temannya, Sayaka Miki, yang berjumpa dengan sesosok entitas misterius berwujud kucing bernama Kyubey. Kyubey menawarkan kontrak kepada mereka berdua untuk menjadi magical girl yang melawan para penyihir. Sebagai gantinya, Kyubey akan mengabulkan permintaan mereka, apapun itu.

Namun, tiba-tiba, seorang murid baru di sekolah Madoka dan Sayaka serta magical girl bernama Homura Akemi menemuinya dan memintanya untuk menolak tawaran Kyubey. Ketika Madoka dan Sayaka bertemu dengan Mami Tomoe, seorang siswi senior, mereka berdua yakin untuk bergabung dengan Tomoe sebagai magical girl.

Serial Puella Magi Madoka Magica juga telah mendapat adaptasi dalam media lainnya, seperti dalam bentuk manga, serial film anime, novel, dan gim. Sebuah gim spin-off dari serial ini, Magia Record, juga menjadi salah satu gim yang populer setelah dirilis pada tahun 2017 lalu.

Sebuah adaptasi film anime terbaru untuk Puella Magi Madoka Magica, Puella Magi Madoka Magica: Walpurgis no Kaiten, telah diumumkan pada April 2021. Semua pengisi suara, sutradara, dan segenap staf dari produksi animenya akan kembali untuk menggarap film anime ini. Namun, hingga saat berita ini dibuat, belum ada informasi lebih lanjut mengenai tanggal perilisan film ini.