Quantcast

Beranda » Event dan Rilis Pers » Siap Digelar, Ini Keunikan dari Event Baparekraf Game Prime Online 2020

Siap Digelar, Ini Keunikan dari Event Baparekraf Game Prime Online 2020

Bakal digelar dalam waktu dekat, kira-kira apa saja keunikan event Baparekraf Game Prime 2020 yang kali ini diadakan online tersebut?

Event Baparekraf Game Prime pada tahun 2020 bakal segera digelar. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana acara selalu digelar secara offline, event Game Prime 2020 bakal digelar secara online. Nah, kira-kira apa saja ya yang menarik dari event tersebut tahun ini?

Hadirkan bintang tamu menarik, digelar selama lima hari

View this post on Instagram

Sekadar mengingatkan lur, di Baparekraf Game Prime 2020 Online nanti ada influencer yang bakal main Gartic.io loh! Pengen liat gimana serunya mereka main Gartic.io bareng-bareng? Ada @raditya_dika, @imamdarto, @dananggoldluck, @chandraliow, dan masih banyak lagi pokoknya! Kita liat gimana skill gambar dan betapa absurdnya mereka nanti tanggal 4-5 Agustus 2020 di saluran Youtube GGWP.ID! – ⁠Btw kita juga mengundang semua goodgamers ikut menyumbang sebagian rezeki untuk bersatu melawan korban COVID-19 di Indonesia saat ini. – Dan buat lo yang udah turut serta menyumbang, nanti akan berkesempatan mendapatkan PS4 Pro, Nintendo Switch dan Gaming Chair juga loh sebagai apresiasi dari kita. Donasi sekarang ke kitabisa.com/bgp2020 #bgp2020 #baparekrafgameprime2020 #gameprime #kitabisa #kitabisacom #werewolf #garticio

A post shared by GGWP.ID – Info Esports (@ggwp_esports) on

Digelar secara online pertama kalinya, gelaran Game Prime 2020 bakalan digelar selama lima hari berturut-turut mulai dari siang hingga sore hari.

Akan ada beragam acara yang akan digelar, yakni Online Exhibition, Webinar, Fan Art Competition, serta Online Tournament. Acara Baparekraf Game Prime 2020 akan digelar mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020, dan dapat kamu saksikan secara langsung di kanal YouTube milik GGWP.ID.

Selain itu, dalam acara utama pada tanggal 4 hingga 5 Agustus mendatang, akan ada 16 bintang tamu yang turut memeriahkan sesi break time di acara Game Prime Online 2020. Seperti The Dandees, Raditya Dika, serta Chandra Liow.

Para bintang tamu tersebut bakal diajak bermain Gartic.io, sebuah gim tebak gambar seru dimana tiap rondenya pemain akan diminta menggambar sesuatu untuk ditebak oleh pemain lain. Pemain pertama yang mendapatkan poin lebih banyak akan jadi pemenang di Baparekraf Game Prime 2020.

16 tim E-Sports bakal bertanding dalam Online Tournament PUBG Mobile

Event Baparekraf Game Prime online 2020
FOTO: (c) Game Prime

Salah satu yang menjadi keunikan sekaligus hal yang dinanti dalam acara Game Prime Online 2020 adalah online tournament-nya. Seperti tahun sebelumnya, Game Prime 2020 bakal mengadakan turnamen PUBG Mobile.

Mengutip situs Game Prime, terdapat 16 tim e-sports yang bakal bertanding dalam turnamen tersebut. Mulai dari 14 tim e-sports profesional, serta 2 tim amatir yang terseleksi melalui tahap Road to Game Prime 2020.

Berikut daftar tim yang akan berkompetisi dalam gelaran eksibisi serta turnamen daring tersebut:

  • Louvre
  • Morph
  • The Pillars
  • Geek Fam
  • ONIC
  • BOOM Esports
  • BTR ION
  • NFT
  • Aura Esports
  • Bonafide
  • RRQ Ryu
  • Victim Esports
  • Aerowolf
  • Alter Ego
  • Nero Team
  • Fora Esports

Semua tim e-sports tersebut bakal bertanding di Baparekraf Game Prime 2020 demi meraih hadiah total Rp100.000.000,- (Seratus juta Rupiah).

Game Prime 2020 bawa pengalaman event offline dalam dunia maya

Sebelum digelar secara daring, event Baparekraf Game Prime 2020 telah dipersiapkan secara offline. Hal tersebut diungkapkan oleh Ricky Setiawan, selaku CEO dari GGWP.ID.

“Sebenarnya kami sudah menyiapkan Game Prime 2020 ini di venue secara offline,” ungkap Ricky saat ditanya oleh Nawala Karsa, “tapi akhirnya kita memutuskan pindah online dengan cepat.”

“Tapi tenang saja, kita punya partner dan eksekutor yang luar biasa, sehingga kita jamin bahwa experience-nya Game Prime 2020 sebagai ‘lebaran’-nya pengembang gim Indonesia itu enggak akan hilang,” tuturnya.

Ia juga menyebut bahwa semua tetap dapat have-fun selama acara bersama-sama dan juga meningkatkan skill di acara Game Prime Online 2020.

Siap dukung gim karya pengembang lokal di Game Prime 2020

Event Baparekraf Game Prime online 2020
FOTO: (c) Game Prime

Banyak gim yang sudah dikembangkan oleh developer gim di Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya.

Baparekraf Game Prime 2020 Online menghadrikan online exhibition melalui situs gameprime.org yang menampilkan banyak gim karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia! Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengenal gim-gim yang dikembangkan oleh developer gim Indonesia.

Setidaknya ada 30 gim karya developer lokal yang dipamerkan di Baparekraf Game Prime 2020 Online melalui sesi online exhibition di gameprime.org. Seluruh gim mengusung tema unik dan tentunya mencerminkan kreativitas dari industri gim yang sangat beragam serta terus berkembang dari masa ke masa.

“Kemenparekraf bekerjasama dengan AGI telah melakukan kurasi terhadap 80 gim yang mendaftar melalui program ini, dari total game developer tersebut telah terpilih 30 game developer yang dapat memamerkan karyanya pada event ini. Game developer tersebut berkesempatan untuk meningkatkan publisitas gimnya melalui event ini,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

“Diharapkan dengan adanya event ini game developer yang berpartisipasi dapat meningkat penjualannya serta membawa nama harum Indonesia di pangsa nasional maupun internasional,” tambahnya.

Tentang Baparekraf Game Prime 2020

Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2016 dengan tajuk BEKRAF Game Prime dan pada tahun kelimanya ini berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir dengan tajuk baru, event Baparekraf Game Prime 2020 Online juga akan mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membatasi aktivitas kita di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan game tanah air. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2020 Online juga merupakan yang pertama di Indonesia dalam hal pameran dan eksibisi.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer gim Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri gim internasional, serta meningkatkan exposure dari gim-gim lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Ia menambahkan, “Dengan adanya acara ini diharapkan gim buatan anak negeri dapat bersaing dengan gim internasional di pasar nasional maupun internasional.”

“BGP 2020 ini adalah BGP yang kelima. Artinya setiap tahun kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman gim developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan gim mereka yang baru,” kata Joshua Puji Mulia Simanjuntak dalam acara konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020.

Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang, dan siap menghadirkan banyak acara menghibur mulai dari yang bertema gim dan esports, hingga edukasi!

Adapun rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass and Webinar untuk peminat pengembangan gim, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan tentunya turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah Rp100.000.000 yang akan mengundang 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online!

Tentang Baparekraf

BAPAREKRAF (Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia) adalah lembaga pemerintah  yang bertanggung jawab atas pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan secara aktif terlibat, BAPAREKRAF bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan industri game Indonesia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, BAPAREKRAF berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas pengembang game lokal untuk bersaing di pasar global dan menekankan konten lokal untuk produk yang ditujukan untuk pasar lokal. Selain itu, BAPAREKRAF membantu pengembang lokal membentuk koneksi dan kemitraan di pasar global dengan cara memamerkan karya mereka agar gim karya anak bangsa dapat bersinar di kancah internasional.

Dukungan kuat BAPAREKRAF untuk acara ini adalah salah satu upayanya dalam percepatan industri game Indonesia, yang diharapkan akan terus dilakukan di tahun-tahun mendatang.

Tentang GGWP.ID

GGWP.ID adalah media daring yang diperuntukkan para millennial, khususnya penggemar esports. GGWP.ID dibentuk dengan sebuah visi, yaitu Esports for Everyone. Di setiap langkahnya, GGWP.ID ingin mempersembahkan esports sebagai bidang yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, baik yang sudah familiar dengan istilahnya hingga yang masih awam.

GGWP.ID juga saat ini tengah mengembangkan platform turnamen esports. Produk ini dikembangkan dengan tujuan mempermudah seluruh orang dalam mencari dan membuat turnamen untuk menggapai mimpi mereka menjadi atlet esports.

Loading...