Indonesia Anime Con 2024 Tawarkan Gaya Beda, Fokus ke Industri Animasi Lokal

INACON 2024 diharapkan menjadi event inisiatif kolaborasi antar pegiat animasi tanah air.

indonesia anime con prescon
Indonesia Anime Con 2024 akan berfokus lebih banyak dalam pengembangan industri kreatif dalam negeri, melalui promosi sejumlah animasi produksi lokal. | FOTO: Seno Triadi | EDIT: Nawala Karsa

Selasa (11/6), Panorama Media adakan konferensi pers jelang pelaksanaan acara terbarunya, Indonesia Anime Con (Inacon 2024), mulai akhir pekan ini, yakni Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6).

Dalam konferensi yang diadakan di The Japan Foundation tersebut, Panorama Media menjabarkan tujuan dari penyelenggaran event tersebut, serta perkenalkan sejumlah mitra acara yang turut ramaikan Inacon 2024.

Budaya Pop Jadi Faktor Kemajuan Industri Kreatif

indonesia comic con
Keramaian Indonesia Comic Con yang digelar menjadi dua kali setahun menjadi inspirasi dari pencanangan ide INACON 2024. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Industri kreatif di Indonesia terus menunjukkan perkembangan  yang signifikan, dengan kontribusi sebesar 7,4% terhadap PDB (Produk Domestik  Bruto) nasional. Nilai ekonomi kreatif telah melampaui Rp 1.300 triliun, menandakan  pertumbuhan yang kuat setelah pandemi.

Untuk mendukung dan memperluas  dampak industri kreatif, Panorama Media, penyelenggara Indonesia Comic Con, memperkenalkan Indonesia Anime Con (INACON) sebagai bagian dari rangkaian acara Indonesia Comic Con.

Dengan digelarnya Indonesia Comic Con diadakan dua kali setahun, diharapkan dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi komunitas dan penggemar untuk  merayakan budaya pop.

Indonesia Anime Con akan diadakan pada tanggal 15-16  Juni 2024 di ICE BSD Hall 9 & 10.

Selebrasi Budaya Pop Asia dengan Promosi Karya Dalam Negeri

indonesia anime con prescon
Direktur Panoirama Media, Andita Puteri Tirtawisata (kanan), menjabarkan bahwa INACON 2024 tetap membawa semangat Indonesia Comic Con, untuk membuka kolaborasi bagi pegiat animasi dalam negeri. | FOTO: Seno Triadi | EDIT: Nawala Karsa

Andita Puteri Tirtawisata, Direktur Panorama Media, mengatakan bahwa Indonesia Anime Con 2024 ini akan menjadi sebuah selebrasi budaya pop Asia yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan industri kreatif di Indonesia, serta menyatukan penggemar, kreator, dan merek dalam sebuah  selebrasi yang meriah.

“Indonesia Comic Con yang sudah berjalan tujuh tahun telah membuktikan bahwa  platform ini memiliki pengaruh besar terhadap budaya pop di Indonesia. Kami  berharap Indonesia Anime Con juga memiliki dampak yang sama,” ujarnya.

Program aktivitas, guest lists, dan dukungan dari berbagai brand dalam acara ini  membuat Indonesia Anime Con yakin dan siap menjadi ajang yang  menghubungkan komunitas kreatif di Indonesia, merayakan budaya pop Asia  dengan semangat dan kegembiraan.

“Kami sangat bersemangat untuk melihat  bagaimana Indonesia Anime Con akan memperkuat dan memperluas dampak  budaya pop serta industri kreatif di Indonesia,” tutup Andita.

Akan Dihadiri Ratusan Ekshibitor

indonesia anime con prescon
Menurut Project Manager Indonesia Anime Con, Lulu Anwar, penyelenggara akan berikan hiburan terbaik melalui aktivitas dan tamu spesial. | FOTO: Seno Triadi | EDIT: Nawala Karsa

Indonesia Anime Con akan menampilkan ratusan ekshibitor yang memamerkan  produk terbaru dan promosi eksklusif, menjadikan acara ini pusat bagi merek lokal  dan internasional.

Selain ekshibitor, Indonesia Anime Con juga menghadirkan  berbagai program menarik seperti movie panel, Cosplay Championship, kompetisi gaming, talkshow dengan guests lokal maupun internasional, talkshow dengan Vtuber, peluncuran merek, dan After Dark Performance.

“Kami bertujuan  menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua pengunjung, dengan  berbagai aktivitas dan guest yang bergengsi”, kata Lulu Anwar, selaku Project Manager Indonesia Anime Con 2024.

Peran Merek Dalam Negeri Ramaikan Acara

Kepadatan dari acara Indonesia Comic Con 2022 tampak dari sekitar Main Stage di hari kedua.| FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Industri kreatif didukung oleh banyak sektor, salah satunya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Contohnya ada Indonesiana TV, kanal Kemendikbud, ikut berpartisipasi menjadi official sponsor dan  membawa IP Timun Mas Indonesia.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari  Indonesia Anime Con, yang berperan penting dalam memajukan industri kreatif dan  budaya Indonesia,” ucap Retno Raswaty, Kepala Balai Media Kebudayaan Kemendikbud.

TipTip, sebagai eksklusif ticketing partner Indonesia Anime Con, juga memberikan  pernyataan, “Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Indonesia Anime  Con, menyediakan platform tiket yang mudah diakses dan mendukung  pertumbuhan industri kreatif serta kreator-kreator lokal Indonesia,” kata Coki dari  TipTip.

Tidak hanya itu, Indonesia Anime Con juga mendapatkan dukungan dari Good Day  sebagai Official Drink Partner, Oxygen sebagai Official Internet Partner, AKSI sebagai  Official Association, Joylife sebagai Official Hotel Partner, Pioneer DJ sebagai Official  Supporting Partner, serta brand partnership lainnya seperti Glico Wings, Honda, Multi,  RRQ, Anantarupa, Cleo, Pataland, Grab, Daytrans, Panorama JTB, Whitehouse, Gion,  Katsukita, Café & Pattisserie, dan Wee Nam Kee Chicken Rice.

Cara Beli Tiket Indonesia Anime Con 2024

Tiket masuk INACON general 1-day pass dimulai dengan harga Rp 105.000, 2-day  pass seharga Rp 185.000, cosplayer general 1-day pass seharga Rp 90.000, VIP  cosplayer seharga Rp 250.000, dan VIP General seharga Rp 450.000.

Keseluruhan tiket tersebut dapat dibeli secara daring, yang bisa dicek melalui situs resmi Indonesia Anime Con 2024 berikut ini.

Acara ini akan  diadakan di ICE BSD, Hall 9 & 10 pada tanggal 15-16 Juni 2024, dimana nantinya INACON juga menyediakan beberapa shuttle untuk para pengunjung.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.