INACON 2024 Semakin Dekat, Ada Acara Apa Saja Nih?

INACON 2024 semakin dekat, kali ini mereka mengajak kerja sama dengan IP Lokal serta berbagai kompetisi cosplay yang bergengsi hadir.

Jenama komik Indonesia dalam Singapore Comic Con (SGCC) 2023 | FOTO: @ Instagram / kisai_ent | EDIT: Fida Zalfa L.Y.

Tinggal menghitung hari Indonesia Anime Con atau INACON 2024 akan segera tiba. Namun, tahun ini bakal ada yang berbeda nih.

INACON 2024 akan bekerja sama dengan beberapa IP Lokal. Tujuan diadakan kerja sama ini adalah memajukan industri kreatif Indonesia.

Seperti apa kira-kira INACON tahun ini? Yuk kita simak!

INACON 2024 Ajak Kerja Sama dengan IP Lokal

INACON 2024 Semakin Dekat, Ada Acara Apa Saja Nih?
Konfrensi Pers INACON 2024 | FOTO: Panorama Media/Indonesia Anime Con 2024

INACON merupakan sebuah event Indonesia Comic Con yang berfokus pada anime. Sudah berjalan tujuh tahun lamanya, tentunya mendatangkan sejumlah guest star berkaliber setiap eventnya.

Tentunya event semacam ini menghadirkan produk kreator secara eksklusif. Selain itu terdapat pula kompetisi cosplay seperti ICGP dan ICL.

Kali ini INACON 2024 mengajak kerja sama dengan beberapa IP lokal yang mana meliputi INFIA, Sekuya, Shikisan, dan Jiva Animation.

Menurut Rizki Pangarso dari INFIA bahwa kerja sama ini begitu penting bagi perkembangan industri lokal.

“Kolaborasi ini menunjukkan peran penting IP dalam mendorong industri kreatif Indonesia. Kami berharap peran IP dalam acara ini menjadi inspirasi bagi para kreator lokal Indonesia untuk terus berkarya dan mendorong pertumbuhan serta inovasi di sektor kreatif ini,” tutur Rizki Pangarso.

Dengan adanya kerja sama seperti ini, INACON menjadi acara yang spesial, terlebih dimeriahkan oleh banyak IP lokal brand sponsor, dan patner lainnya.

Berbagai kreator dari komik, movies, lifestyle, musik, dan mainan, mewarnai INACON 2024 kali ini.

Dalam event tersebut beberapa pelaku industri gaming turut berpartisipasi, seperti Square Enix, Sekuya, RRQ, Unipin, Arcanum, Dunia Games, dan lainnya.

Selain itu, terdapat pula production house yang nantinya akan menunjukkan perkembangan industri movies dan animasi Indonesia.

Tak sampai di sana mereka juga bekerja sama dengan Hololive, JKT48V, AKA Virtual, dan Muse.

Menghadirkan Kompetisi Cosplay yang Bergengsi

impresi indonesia comic con 2022
Salah satu cosplayer Nahida dari Genshin Impact.| FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Selain mengajak bekerja sama dengan beberapa pihak, acara INACON 2024 turut menggelar kompetisi seperti kompetisi cosplay.

Sebagai official activity patners, Fanmate dan Dunia Games akan mensponsori zona cosplay seperti Fanmate Coswalk dan ICL (Indonesia Cosplay League).

Tentunya yang menjadi pemenangan dalam ICL akan mewakili Indonesia di acara GICOF, Korea Selatan.

Selain itu, ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) juga nantinya diadakan. Pemenang ICGP nantinya akan mewakili Indonesia di WCS, Jepang.

“Kami sangat bersemangat melihat bakat luar biasa di kejuaraan cosplay tahun ini dan perkembangan dunia cosplayer yang terus maju,” ucap Emi Takeya dari CLAS:H.

Info lebih lanjut tentang acara INACON 2024 berikut pemesanan tiketnya bisa langsung kamu cek melalui pranala ini!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.