Digelar Jumat Ini, Indonesia Comic Con 2023 Angkat Tema Pop Asia

icc 2023 pop asia
FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Mendukung perkembangan industri kreatif, Panorama Media selaku penyelenggara memutuskan untuk membuat acara Indonesia Comic Con dua kali dalam setahun.

Yang pertama akan digelar pada tanggal 23-25 Juni 2023, di Jakarta Convention Center dengan nama Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 (ICC Pop Asia 2023).

Acara selebrasi ini dipersembahkan untuk para penggemar sejati pop culture dari dunia komik, mainan, video games, board games, film, musik, dan juga gaya hidup.

Tema Pop Asia ini yang akan membuat acara Indonesia Comic Con kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena untuk suasana, partisipan, dan konten acara kali ini akan lebih mengarah ke budaya Asia.

Melangkah Lebih Maju

icc 2023 pop asia
Demi memajukan industri kreatif tanah air, Presiden Direktur Panorama Media, Royanto Handaya mengaku perlu untuk adakan ICC dua kali tahun 2023 ini. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Presiden Direktur Panorama Media, Royanto Handaya, menganggap bahwa pihaknya perlu step up the game untuk mengusung konsep Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 yang lebih ditingkatkan, bukan hanya dalam segi edukasi tapi juga segi entertainment.

Hal ini juga dapat terwujud karena kolaborasi yang dilakukan dalam Indonesia Comic Con Pop Asia.

Kolaborasi dalam dukungan seperti dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Kementrian Perdagangan, dan juga Pemprov DKI Jakarta.

Beberapa kolaborasi lainnya dilakukan di antara lainnya bersama BRI sebagai Official Mobile Banking Partner, Nu Green Tea sebagai Official Drink Partner, Sony sebagai Official Gaming Partner, dan juga Sharp dan Crystaline sebagai Brand Partnership, dan masih banyak lainnya dalam acara Indonesia Comic Con Pop Asia.

Tiket Masuk Indonesia Comic Con

Indonesia Comic Con tahun ini mempunyai beberapa tiket kategori yang dimulai dari harga Rp200.000 per hari untuk regular, harga Rp175.000 per hari untuk cosplayer reguler, harga Rp550.000 untuk VIP cosplayer, harga Rp1.000.000 untuk harga VIP General.

Untuk tiket VIP ini dapat dinikmati untuk tiga hari dengan mendapatkan beberapa keuntungan lainnya, akan tetapi tidak termasuk akses ke dalam After Dark konser.

Tiket After Dark konser dimulai dengan harga Rp650.000 per hari untuk Gold Area, dan Rp750.000 per hari untuk Diamond Area.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keseluruhan acara dan selama tiga hari bisa membeli tiket Ultimate Access di harga Rp2.500.000.

Harga tiket After Dark konser dan juga Ultimate Access sudah termasuk tiket masuk general Indonesia Comic Con, dan untuk seluruh harga tiket sudah termasuk pajak dan platform fee.

Tiket hanya bisa dibeli di Official Ticketing Partner Konser.co.id.

Wadah Kepada Mahasiswa untuk Berkarya

Project Manager Indonesia Comic Con, Andita Tirtawisata, berkata bahwa ICC membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk memaparkan karya mereka lewat Artist Convention. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

ICC 2023 kali ini akan mengadakan untuk pertama kalinya sebuah wadah kegiatan industri kreatif bagi artis-artis muda yang diberi nama Artist Convention

Artist Convention adalah acara edukasi untuk para pelaku industri kreatif di mana ICC mengundang para mahasiswa/i dan para kreator untuk dapat mendengarkan dan belajar mengenai industri kreatif dari narasumber yang sudah mempunyai pengalaman yang cukup lama dalam bidang tersebut.

Tidak hanya dalam sisi edukasi, “Tahun ini juga adalah tahun pertama di mana kami membuat konsep konser di mana para pengunjung bisa menikmati musik hasil kreasi anak bangsa maupun International,” kata Andita Tirtawisata selaku Project Manager Indonesia Comic Con.

Beda hal dengan Artist Convention yang tidak dipungut biaya, konser akan dikenakan biaya lebih yang sudah termasuk dengan biaya masuk ICC Pop Asia 2023.

Lebih Banyak Kegiatan dari Sebelumnya

Suasana lini antrian hari pertama di depan gate ICC 2022. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Untuk seluruh pengisi acara di dalam konser akan juga melakukan jumpa temu di panggung yang dapat dinikmati oleh para pengunjung yang membeli tiket general.

Pengunjung juga dapat jumpa temu dengan bintang komikus, vtuber, cosplayer dan DJ lokal maupun internasional. Selain jumpa temu, Indonesia Comic Con juga menjadi salah satu ajang untuk melakukan brand activation dari produk maupun perfilman.

Pada edisi kali ini akan ada beberapa brand yang akan melakukan activation seperti Petualangan Sherina 2, Ultraman, Kuncing Hitam, Periplus, Beyondtopia, dan Rexus, di mana tentunya aktivasi ini dapat disaksikan oleh para pengunjung dengan masing-masing keunikan dan juga keseruan acara dari setiap brand.

ICC Pop Asia 2023 juga memberikan kesempatan untuk para brand dapat melakukan talent scouting dan juga para pengunjung untuk melakukan portfolio review.

“Kami berusaha untuk menyeimbangkan antara sisi entertainment dan juga sisi edukasi dalam dunia industri kreatif di Indonesia Comic Con Pop Asia ini dapat terus meningkatkan pertumbuhan para pelaku industri kreatif di Indonesia,” kata Andita Tirtawisata.

Kolaborasi di Indonesia Comic Con Pop Asia 2023

Tahun ini adalah tahun pertama Indonesia Comic Con diadakan selama tiga hari, dengan begitu ruang kolaborasi yang terbentuk lebih luas dan berbagai macam.

Beberapa kolaborasi yang dilakukan bukan hanya dalam acara panggung, tapi juga ada program rangkaian acara Indonesia Comic Con secara keseluruhan.

Pada kesempatan ini, Disparekraf berkolaborasi dengan Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 untuk menjadi salah satu rangkaian program Pemprov DKI Jakarta dalam rangka merayakan Ulang Tahun Jakarta yang ke-496.

Kolaborasi ini dilakukan dalam bentuk dukungan pembuatan pavilion yang diisi oleh para kreator-kreator di DKI Jakarta untuk bisa menunjukan hasil karya-karyanya kepada para pengunjung dan juga memperluas exposure hasil karyanya.

Tidak hanya Disparekraf, tapi juga Kementrian Perdagangan yang juga akan mempunyai pavilion untuk membantu perkembangan industri kreatif agar dapat bisa mengekspor karya-karya Indonesia ke luar negeri.

Bantu Antar Karya Bergambar Anak Bangsa ke Tingkat Dunia

Rizqi R Mosmarth, Sekretariat Jendral Asosiasi Komik Indonesia, menanggapi dengan bangga bahwa pemerintah melalui Kemenparekraf peduli akan industri komik tanah air. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Kementerian Pergadangan bekerjasama dengan Asosiasi Komik Indonesia dalam mengkurasi studio-studio di dalam pavilion Kementrian Perdagangan.

Rizqi R Mosmarth, Sekretariat Jendral Asosiasi Komik Indonesia mengatakan, “Kolaborasi antara AKSI dan juga Kementrian Perdagangan adalah suatu gerakan besar untuk parakomikus di Indonesia, di mana hal ini dapat memberikan semangat untuk para komikus terus berkarya karenaakan ada banyak program dan juga kesempatan untuk terus berkembang.”

Kolaborasi yang akan diadakan di dalam Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 adalah menjadi suatu langkah dari Kementrian Perdagangan untuk dapat memajukan industri kreatif di Indonesia.

Langkah ini adalah suatu bukti bahwa memajukan industri kreatif bisa dari berbagai macam bentuk dan cara dan dapat dimulai dari suatu kolaborasi.

icc 2023 pop asia
Bryan Valenta, Co-founder Beyondtopia, berharap kolaborasi antar insan industri perkomikan di Indonesia bisa mengantar karya mereka menuju jenjang internasional. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Bukan hanya berkolaborasi dengan kementerian dan komunitas, Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 juga berkolaborasi dengan beberapa pemain komik dari penerbit, studio, dan juga secara individual.

Bryan Valenta, Co-founder Beyondtopia juga berkata, “Saya berharap kolaborasi dengan Beyondtopia dengan Indonesia Comic Con juga dapat bisa meningkatkan terus ke-solid-an komunitas para komikus sehingga dapat bisa terus memperkenalkan hasil karya anak bangsa sampai ke Internasional.”

Kompetisi Cosplay Tingkat Nasional di ICC 2023

Emi Takeya, Produser CLAS:H, PT Takeya Consulting, berharap cosplay Indonesia masih menjadi unggulan di komunitas cosplay mancanegara. | FOTO dan EDIT: Seno Triadi

Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 juga menerapkan sistem kolaborasi untuk seluruh pilar-pilar Indonesia Comic Con yang lainnya, seperti bersama Sony, Unipin, dan Arcanum dalam pilar gaming, Sacca Production dalam pilar mainan/toys, Pioneer dalam pilar musik, Provaliant dalam pilar film / movies, dan juga CLAS:H dalam pilar cosplayer.

“Dunia cosplayer ini mempunyai antusiasme yang terus meningkat dari para masyarakat. Hal ini tentunya bagus dalam segi budaya dan juga kreativitas,” ucap Emi Takeya, Produser CLAS:H, PT Takeya Consulting.

World Cosplay Championship juga menjadi salah satu highlight acara di Indonesia Comic Con, karena pesertanya adalah pemenang dari beberapa daerah yang akan kembali ditandingkan untuk mencari juara satu.

Pemenang akan dikirimkan ke Jepang untuk lanjut bertanding membawa nama Indonesia dalam ajang World Cosplay Summit 2023.

Pertandingan yang diadakan di Indonesia Comic Con Pop Asia 2023, dimulai dari untuk charity, fun competition, sampai untuk acara Internasional adalah suatu bentuk upaya dari Indonesia Comic Con untuk terus mengembangkan industri kreatif Indonesia.

Panorama Media berharap kolaborasi yang dilakukan di Indonesia Comic Con Pop Asia 2023 dapat mengakselerasi perkembangan industri kreatif sehingga Indonesia semakin dikenal oleh banyak negara karena hasil karya-karya Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman dan juga kreativitas.

“Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam kolaborasi ini, kami yakin dengan kolaborasi ini dapat meningkatkan terus industri kreatif di Indonesia,” tutup Royanto Handaya.

Tamu yang Akan Hadir di ICC Pop Asia 2023

icc 2023 pop asia
Poster resmi untuk ICC Pop Asia 2023. | FOTO: Panorama Media / Indonesia Comic Con | EDIT: Seno Triadi

Untuk pencinta perfilm-an, Petualangan Sherina 2 akan melakukan movie campaign “The Boys From Petualngan Sherina 2” yang akan dihadiri oleh Mira Lesmana sebagai produser, Riri Riza sebagai Director, dan juga Derby Romero dan Randy Danishta yang akan membahas film Petualangan Sherina 2 yang akan segera tayang.

Untuk pencinta cosplayer, Indonesia Comic Con menghadirkan tiga international cosplayer, Xiaoyukiko, Hikarin, dan Reika, dan juga lokal cosplayer Rian CYD dan Yumaki. Selain guest, Indonesia Comic Con juga membuat zoning cosplayer yang nantinya juga akan ikut serta dalam acara Indonesia Comic Con.

Untuk pencinta vtuber, Indonesia Comic Con menghadirkan empat vtuber ternama dari Hololive Indonesia, Airani Iofifteen, Anya Melfissa, Kurenji Ollie, dan Vestia Zeta, dan vtuber dari Maha5 yaitu Andi Adinata, Alia Adelia, Hera Garalea, Ririsu Mavveine, Mero Merodi, dan Daisy Ignacia.

Untuk pencinta komik, Indonesia Comic Con menghadirkan komikus ternama yaitu Fajar Hadria Putra, Archifriend, dan Hendry Prasetya. Beyondtopia juga menghadirkan Bryan Valenza, Gerrie Gastony, Alti Firmansyah, Yusuf Idris, Arif Numbo, Rahmat Handoko, Ian Waryanto, Sami Basri, Aris Naka, Chis Arieswenda.

Selain itu juga hadir serial komik Maghfirare, Mice Cartoon, serta Elektrichka yang akan segera launching di Indonesia Comic Con.

Untuk pencinta musik, Indonesia Comic Con menghadirkan beberapa DJ lokal dan Internasional, DJ Ribeat dari Orutaku, Redshift, DJ H.L.D.N, DJ Yochi, dan DJ Yamarashi, Weird Genius, dan juga DJ Ryu☆. Indonesia Comic Con juga menghadirkan beberapa penyanyi internasional yaitu May’n, Rica Matsumoto, aLf, Darlim, dan juga penampilan dari Syncro Wotagei yang akan meramaikan acara After Dark Concert ICC Pop Asia 2023.

Tentang Panorama Media

Kepadatan dari acara Indonesia Comic Con 2022 tampak dari sekitar Main Stage di hari kedua.| FOTO dan EDIT: Seno Triadi

PT Pameran Masa Kini (PMK) adalah perusahaan penyelenggara pameran yang merupakan anak perusahaan Panorama Group, sebuah Group usaha ternama di Indonesia yang bergerak di bidang pariwisata, transportasi, perhotelan dan lain sebagainya.

Guna menyederhanakan merek dagang, maka PMK memilih menggunakan merek “Panorama Media” untuk setiap penyelenggaraan pameran yang dikelola.

Panorama Media bertujuan untuk menyediakan jasa profesional yang berkualitas dan menghadirkan acara dari industri ke industri melalui kerjasama dengan instansi pemerintah terkait, mitra industri, asosiasi perdagangan, pemilik tempat, kontraktor dan pelanggan di Indonesia.

Saat ini, Panorama Media menyelenggarakan sejumlah pameran di Indonesia dengan nasional dan internasional yang melayani industri waralaba dan lisensi, bahan bangunan dan konstruksi, transportasi dan logistik dan sektor konsumen Indonesia seperti: Megabuild Indonesia, Megabuild Surabaya, Keramika, Franchise & License Expo, Retail & Solution Expo, Café & Brasserie Expo Indonesia, Grand Wedding Expo, Indonesia Transport Supply Chain & Logistics, Indonesia Comic Con dan lainnya.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.