Broadcasted by Galau Jikan FM

Agustus Ini, D-Link Merilis Sejumlah Seri Switch Baru dengan Fitur SDN

Bagi para pelaku bisnis maupun institusi berskala besar, D-Link telah menyiapkan seri peranti switch terbaru bulan ini.

Seno Triadi
d-link switch SDN
Ilustrasi ragam switch terbaru D-Link. | FOTO: D-Link

Pada Senin (8/8), D-Link umumkan dukungan untuk SDN (Software Defined Networking) melalui upgrade gratis untuk switch DGS-3000 (Access layer) dan DGS-3630 (Aggregation layer).

D-Link juga meluncurkan switch datacenter seri 5000, yang menawarkan 32 port 100GbE untuk aplikasi Top-of-Rack atau End-of-Row.

Penggunaan SDN untuk otomatisasi operasi datacenter dan memaksimalkan fleksibilitas infrastruktur menjadi penting untuk mempertahankan daya saing bagi operator datacenter dan penyedia layanan.

Brite-Box atau “branded white box” memberikan keuntungan dan terbukti mendukung infrastruktur yang mapan tanpa menjalankan risiko dukungan komersial dan operasional secara langsung dengan peralatan “white box” bare metal dalam jumlah yang besar.

Dengan kanal dan jaringan yang telah mapan, switch baru dengan kemampuan yang ditingkatkan ini memposisikan D-Link sebagai pemasok yang andal dan hemat biaya untuk datacenter.

Begitu juga dengan pelanggan perusahaan pengguna switch D-Link yang mengadopsi pendekatan Brite-box untuk SDN.

DXS-5000 dan DQS-5000 Data Center Switch

DXS-5000
Ilustrasi perangkat switch DXS-5000. | FOTO: D-Link

Seri DXS-5000 dan DQS-5000 Data Center Switch menawarkan beragam kapabilitas SDN bagi arsitektur Top-of-Rack dan End-of-Row pada kecepatan hingga 100Gbps.

High availability dan reliability dijamin dengan fitur seperti hot-swappable front-to-back airflow AC PSU (Power Supply Unit) dan juga pada kipas.

Desain yang terperinci mendukung standar open compute termasuk OpenFlow 1.3, Open Network Install Environment (ONIE) dan Open Network Linux (ONL).

Beragam konfigurasi port juga tersedia untuk perangkat ini, termasuk dukungan untuk SFP+ (10GbE), QSFP+ (40GbE) dan SFP28 (25/100GbE).

Seri DXS-5000 dan DQS-5000 akan tersedia dalam berbagai tipe untuk setiap port yang dipakai.

Beberapa tipe yang rilis yaitu DXS-5000-54S, tersedia dalam 48 x 10GbE SFP+ ports dan 6 x 40GbE QSFP+ ports, DQS-5000-32S dengan 32 x 40GbE QSFP+ ports, DQS-5000-32Q28 dengan 32 x 100GbE QSFP28 ports, DQS-5000-54SQ28 tersedia dalam 48 x 25GbE SFP28 ports dan 6 x 100GbE QSFP28 ports.

Seri DGS-3000 SDN enabled Gigabit L2 Managed Switches

DGS-3000
Ilustrasi unit switch DGS-3000. | FOTO: D-Link

Seri DGS-3000 Gigabit L2 Managed Switches terdiri dari beragam port, termasuk port 10/100/1000BASE-T RJ-45, port 1GbE SFP, dan port 10GbE SFP+ untuk meningkatkan network bandwidth (pita lebar jaringan).

Switch ini memiliki perlindungan terhadap lonjakan arus listrik, fungsi Layer 2 (Data-Link) yang canggih, dan fitur keamanan serta pengaturan yang mudah.

Seri switch ini sangat ideal bagi aplikasi Metro Ethernet (jaringan internet dalam kawasan metropolitan) dan kampus – dengan ketersediaan pilihan PoE (Power over Ethernet) untuk menyederhanakan dukungan dan pengembangan dari Wi-Fi serta sistem keamanan.

Melalui firmware upgrade, Seri DGS-3000 akan mendukung OpenFlow 1.3. Dukungan akan diberikan bagi mode fail-secure dan fail-standalone.

Tersedia juga fitur keamanan SSL encryption diaktifkan sebagai pengendali komunikasi.

Diharapkan, upgrade ini akan menambahkan dukungan bagi mode hybrid SDN, out-of-band OpenFlow dan hingga 4 SDN controller.

DGS-3630 Series SDN enabled Layer 3 Gigabit Managed Switches

DGS-3630
Ilustrasi seri DGS-3630 switch. | FOTO: D-Link

Seri DGS-3630 Gigabit L3 Stackable Managed Switches adalah perangkat serbaguna dengan kepadatan port tinggi, switch stacking, dan manajemen ekstensif.

Hal tersebut membuat switch ini mampu mendukung lingkungan dari Small ke Medium Businesses (SMB) hingga skala perusahaan dan ISP.

Dengan 1GbE SFP, 10GbE SFP+, fitur keamanan, dan Quality of Service (QoS) yang lebih canggih, seri DGS-3630 dapat bertindak sebagai core, distribution atau access layer switch.

Fitur tambahan Power over Ethernet memungkinkan perangkat seperti Wi-Fi hotspots atau kamera keamanan untuk dinyalakan oleh switch melalui standard Ethernet kabel.

Ini akan termasuk kemampuan Multi-Chassis Link Aggregation (MLAG) untuk meningkatkan penggunaan dari bandwidth uplink, meningkatkan keandalan dan mengaktifkan desain dari non-blocking network arsitektur.

Tak lupa, network security (keamanan jaringan) dan ketangguhan akan dipastikan dengan mode fail-secure.

Nantinya, upgrade dari switch D-Link tersebut akan menambahkan dukungan bagi mode hybrid SDN, out-of-band OpenFlow, mode fail-standalone, SSL encryption, hingga 4 SDN controller.

Tentang D-Link

d-link
Logo resmi perusahaan D-Link. | FOTO: D-Link

Produk dan layanan inovatif dari perusahaan asal Taiwan, D-Link memenuhi kebutuhan konsumen rumah digital, usaha kecil hingga menengah, lingkungan perusahaan dan penyedia layanan.

D-Link mengimplementasikan dan mendukung solusi jaringan terpadu yang mengintegrasikan kemampuan dalam switching, nirkabel, broadband, IP Camera dan manajemen jaringan berbasis Cloud.

Sejumlah perangkat switch lainnya selain beberapa produk diatas dapat disimak lewat situs resminya, melalui pranala ini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.