Bergabung di Metaverse Standard Forum, D-Link Buka Peluang Kolaborasi

Kolaborasi yang diumumkan D-Link ditujukan untuk pengembangan teknologi Metaverse yang masih dalam tahap konsep.

Seno Triadi
d-link metaverse forum
Logo D-Link bersanding dengan Metaverse Standards Forum| FOTO: D-Link, Metaverse Standards Forum | EDIT: Seno Triadi

D-Link telah mengumumkan untuk bergabung dengan Metaverse Standards Forum sebagai peserta pertama dari industri peralatan jaringan.

Metaverse Standards Forum adalah badan pengatur yang baru dibentuk yang bertujuan untuk mempromosikan keselarasan pada prioritas dan persyaratan untuk standar interoperabilitas Metaverse.

Perusahaan dan organisasi yang berpartisipasi dalam standar dasar akan berfungsi sebagai fondasi untuk Metaverse terbuka.

Sebagai anggota utama, D-Link akan berkoordinasi dengan Standards Developing Organizations (SDOs) dari berbagai industri untuk mempercepat penerapan standar untuk Metaverse.

Membuka Peluang Kolaborasi Antar Industri

metaverse standards forum
Metaverse Standards Forums beranggotakan sejumlah korporat berbasis teknologi dalam pengembangan konsep Metaverse. | FOTO: dok. Metaverse Standards Forum

“Sebagai pemimpin global dalam solusi jaringan dan konektivitas, D-Link dengan bangga bergabung dengan Metaverse Standards Forum pada tahap awal pendiriannya,” kata CJ Chang, CEO D-Link Corporation.

Kolaborasi dengan mitra dari banyak industri sangat diharapkan untuk menjadikan Metaverse pengalaman yang lebih baik bagi semua orang melalui standarisasi.

Bagi CEO Chang, Metaverse adalah tempat manusia dari beragam budaya berinteraksi melalui pengalaman mendalam di dunia virtual.

Untuk mewujudkan potensi penuhnya, Metaverse harus dibangun di atas standar terbuka dengan interoperabilitas dan konsistensi untuk menyatukan berbagai domain.

Proyeksi Tiga Tahun Kedepan

metaverse
Teknologi Metaverse sejauh ini masih terbatas kepada pengalaman virtual dengan perangkat eksternal. | FOTO: UK Black Tech/Unsplash

Menurut sebuah studi rincian Gartner, 25% orang di seluruh dunia akan menghabiskan setidaknya satu jam per hari di Metaverse untuk alasan pekerjaan, belanja, pendidikan, sosial dan/atau hiburan, dan 30% organisasi di seluruh dunia akan menyiapkan produk dan layanan untuk Metaverse pada tahun 2026.

Interoperabilitas adalah salah satu masalah utama pada tahap awal industri Metaverse, dan raksasa teknologi berharap Forum Standar Metaverse akan mendorong pertumbuhan dan evolusi Metaverse.

Tentang D-Link

d-link
Logo resmi D-Link. | FOTO: dok. D-Link

Sebagai produsen produk dan layanan inovatif dari perusahaan asal Taiwan, D-Link memenuhi kebutuhan konsumen rumah digital, usaha kecil hingga menengah, lingkungan perusahaan dan penyedia layanan.

D-Link mengimplementasikan dan mendukung solusi jaringan terpadu yang mengintegrasikan kemampuan dalam switching, nirkabel, broadband, IP Camera dan manajemen jaringan berbasis Cloud.

Perusahaan ini pun juga telah mendapatkan penghargaan sebagai desainer serta merupakan pengembang dan produsen selama lebih dari 30 tahun.

Perusahaan ini telah berkembang dari sekelompok teman sekampus di Taiwan. Hingga kini, industri tersebut menjadi merek global dengan lebih dari 2.000 karyawan di 60 negara.

Informasi terkait sejumlah produk yang sudah beredar di Indonesia dapat dikunjungi melalui pranala ini.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.