D-Link Hadirkan Solusi Konektivitas Untuk Menyemarakan Industri X.0

Adi Styadi
D-Link

D-LINK – Istilah industri 4.0 sudah cukup sering terdengar di tengah masyarakat. Perkembangan teknologi tidak hanya memudahkan pekerjaan, tapi juga mendorong berbagai sektor industri untuk segera memahami seluk-beluk teknologi yang berkaitan dengan lapangan kerja.

Salah satu sektor tersebut, adalah Industri pertambangan, pabrik manufaktur, serta industri lain yang berkaitan dengan pekerjaan berat, atau pekerjaan di luar ruangan.

Situasi outdoor serta lingkungan ekstrim tentunya memiliki tantangan tersendiri, terutama ketika berhadapan dengan perangkat digital canggih yang tidak selalu kokoh.

Menjawab hal ini, D-Link, perusahaan manufaktur peralatan networking asal Taiwan mengumumkan perangkat Access Point bertaraf industri. Access Point ini berguna sebagai penghubung konektivitas dalam perusahaan, terutama objek-objek internet of things. (IoT)

D-Link Kembangkan Versi Outdoor dan Indoor

Kedua versi yang dikembangkan D-Link adalah Access Point Industrial Outdoor DIS-3650AP, dan Access Point Industrial Indoor DIS-2650AP. Sesuai namanya, keduanya memiliki fungsi industri dalam ruangan serta luar ruangan, tergantung kebutuhan pabrik.

Baik keduanya mengadopsi teknologi dual-band 802.11ac Wave 2 Wi-Fi yang memungkinkan kecepatan koneksi hingga 1200 Mbps. Koneksi tersebut juga dioptimalisasi dengan dukungan MU-MIMO, sehingga koneksi antar berbagai perangkat jadi semakin baik.

Kedua versi perangkat juga memiliki fungsi dukungan PoE (Power Over Ethernet) WPA2  sebagai fitur keamanannya. D-Link turut menyediakan solusi manajemen jaringan D-Link Nuclias Connect dengan lisensi gratis untuk kedua perangkat.

Dirancang Kuat Menghadapi Suhu dan Kondisi Industri

Baik versi outdoor maupun indoor, D-Link mempersiapkan keduanya dengan memiliki toleransi suhu tinggi. DIS-3650AP memiliki peringkat IP-67 untuk perlindungan terhadap debu dan air, sementara DIS-2650AP dengan IP-30 untuk kontak terhadap benda padat, seperti benturan atau guncangan. DIS-2650AP memiliki perlindungan 2KV internal, sesuai dengan standar internasional IEC untuk penggunaan industri.

Kedua Access Point akan sangat membantu penerapan IoT dalam berbagai industri. Contoh kecil yang paling umum, adalah dalam aspek Smart City, Smart Transportation, serta Smart Factory.

Tentang D-Link

D-Link merupakan perusahaan global yang menyediakan berbagai perangkat untuk memenuhi kebutuhan konektivitas perusahaan maupun perseorangan. Perusahaan asal Taiwan ini telah berkiprah selama lebih dari 35 tahun, mengimplementasikan serta mendukung solusi jaringan terpadu dalam hal switching, nirkabel, IP Camera, serta manajemen jaringan berbasis Cloud.