Panitia pasar kreatif ternama di Indonesia, Comic Frontier pada hari Minggu (30/5) resmi mengumumkan tanggal pelaksanaan acara virtual perdana mereka. Kapan acara berbasis daring tersebut digelar?

Comifuro Virtual akan Digelar Bulan Juli 2021

comic frontier virtual
FOTO: Comifuro/Twitter

Comifuro Virtual atau Comivuro, akan digelar pada tanggal 17 dan 18 Juli 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan panitia pasar kreatif ternama di Indonesia itu di sosial media Twitter.

Di cuitan yang sama, pihak panitia menyatakan bahwa Comifuro akan segera membuka pendaftaran untuk lingkarya dan merilis informasi lebih lanjut dalam waktu dekat.

Sempat ‘Tersendat’ Akibat Pandemi

Comic Frontier Balai Kartini Kartika Expo
Kartika Expo Balai Kartini | FOTO: Nawala Karsa

Gelaran Comic Frontier sempat tertahan akibat pandemi COVID-19 yang merebak hingga ke Indonesia. Acara yang ke-15, yang direncanakan akan digelar beberapa bulan setelah Comifuro 14 batal digelar.

Banyak warganet yang mengeluh akibat penundaan sekaligus pandemi. Bahkan, sejumlah warganet membuat inisiasi tertentu untuk menggelar acara serupa namun secara daring.

Sayangnya, gelaran daring mirip Comic Frontier tersebut kurang mendapatkan atensi lantaran turunnya minat warganet penggemar jejepangan pada saat itu.

Warganet Sambut dengan Antusias!

Comic Frontier Comifuro 13
Keseruan anggota dalam berkumpul di Comifuro 13 | FOTO: Nawala Karsa, 2019

Pengumuman tanggal gelaran Comic Frontier Virtual tersebut menuai respon antusias dari warganet. Beberapa ada yang turut kaget atas kabar tersebut.

Kebanyakan warganet kaget, namun turut senang atas kembali digelarnya acara pasar kreatif tersebut. Terlebih acara Comifuro Virtual akan digelar secara daring, yang dapat mencegah adanya penularan virus COVID-19.

“mepet sekali aaaaaaaaaaaaaaaaa,” sebut @MeikaNova, “tapi otw.”

“TP MEPET BGT ABIS UAS, BELOM BUKA PO, BELOM NYETAK2 hm ikut ga ya…,” ujar @plain_ol_potato

Wait what?? Did I miss previous announcement? This announcement is so close to the event date, it’s not even give three-two months preparation?” tutur @adiyahaha

Tentang Comic Frontier

comic frontier 14 comifuro
FOTO: Nawala Karsa

Comic Frontier atau Comifuro merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012.

Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat.

Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Nawala Karsa NK Kurio