Hari Kamis (11/2) lalu, Netflix resmi mengumumkan kerjasama mereka dengan studio anime Jepang, yakni WIT Studio dengan sebuah suatu Animator Academy.

Berawal dariĀ demandĀ yang tinggi

Netflix Anime Festival 2020 Umumkan Banyak Judul Anime Terbaru!

Kerjasama antara Netflix dengan WIT Studio ini didasari atas permasalahan yang cukup menarik. Di Jepang bahkan di seluruh dunia, anime semakin banyak disaksikan oleh banyak pemirsa.

Anime tak sekadar kartun yang membuat pemirsanya terhibur, namun juga dapat disebut sebagai suatu seni yang dapat melampaui berbagai batas ekspresi yang tak dapat dicapai menggunakan kamera.

Dengan demikian, anime yang menarik perhatian pemirsanya perlu diproduksi secara baik dengan kualitas yang jauh lebih baik. Sayangnya, salah satu kunci utama yakni staf dengan profesi animator semakin langka keberadaannya ditengah tuntutan yang sangat tinggi. Hal ini mendasari alasan Netflix dalam membentuk WIT Animator Academy.

Bekerja sama dalam aspek pelatihan dan pendanaan

Dalam hal ini, Netflix melalui rilis persnya menyatakan bahwa mereka mendukung peluncuran dari WIT Animator Academy, dimana nantinya para peserta akan dilatih selama enam bulan.

Program pelatihan tersebut nantinya akan diadakan oleh studio anime Jepang WIT Studio, bersama dengan Sekolah Animasi Sasayuri mulai bulan April mendatang.

Netflix sendiri akan membantu dalam program kegiatan WIT Animator Academy dari WIT Studio dan Sekolah Animasi Sasayuri, dengan menghadirkan konsultasi mengenai kurikulum yang mereka kembangkan bersama dengan Sekolah Animasi Sasayuri.

Netflix turut memberikan dukungan secara finansial kepada sepuluh pelamar yang lolos pelatihan dengan membayar biaya pelatihan dan biaya hidup mereka selama program pelatihan tersebut.

“Dengan cara ini, siswa dapat berfokus mendedikasikan diri pada program pelatihan tangguh yang dibuat khusus,” sebut Taiki Sakurai, kepala produser Anime untuk Netflix, “para lulusan akan terus mengerjakan proyek-proyek WIT Studio, termasuk anime Netflix original.”

Tentang Netflix

netflix
FOTO: Netflix

Netflix adalah sebuah layanan streaming terkemuka di dunia yang telah menjangkau lebih dari 190 negara dengan 195 juta pengguna di seluruh dunia. Layanan streaming yang satu ini menyajikan berbagai pilihan tontonan untuk keluarga, mulai dari film, dokumenter, dan acara serial televisi dalam berbagai bahasa.

Dalam beberapa tahun belakangan, Netflix telah merambah ke konten anime, menjadikannya sebagai salah satu alternatif pilihan menonton anime dari sumber yang legal.

Nawala Karsa NK Kurio