Baru-baru ini, perusahaan pengembang perumahan Toyota Housing telah bekerja sama dengan Studio Chizu untuk membuat sebuah iklan yang menampilkan berbagai rekaman dari film-film karya Mamoru Hosoda. Iklan berdurasi 30 detik tersebut telah dirilis di YouTube pada tanggal 19 April 2021 lalu.

Selain bekerja sama untuk membuat iklan dengan berbagai rekaman dari film anime karya Mamoru Hosoda, Toyota Housing juga akan mempromosikan proyek film anime terbaru dari Hosoda, yaitu Belle. Seperti apa ya, iklan dan promosi yang dilakukan oleh Toyota Housing?

Iklan Toyota Housing tayang bulan ini di Jepang

Meski telah dirilis di internet pada 19 April 2021 lalu, iklan Toyota Housing yang satu ini baru ditayangkan di Jepang pada Sabtu, 24 April 2021. Alasan digunakannya berbagai rekaman dari film anime karya Mamoru Hosoda adalah karena berbagai adegan dari film karya Hosoda membantu mengungkapkan pesan bahwa keluarga akan terus bersama meskipun keadaan atau tempat tinggal mereka berubah.

Berbagai rekaman yang digunakan untuk iklan yang satu ini berasal dari film Toki wo Kakeru Shoujo (The Girl Who Leapt Through Time), Summer Wars, Ookami Kodomo no Ame to Yuki (Wolf Children), Bakemono no Ko (The Boy and The Beast), dan Mirai. Iklan yang memperingati pengumuman untuk proyek film anime terbaru dari Hosoda, Belle, ini juga menampilkan rekaman dari Belle.

Tidak semua bagian dalam iklan ini berupa anime dan menggunakan rekaman dari film karya Mamoru Hosoda. Ada juga bagian live action yang diperankan oleh aktris You Yoshida. Yoshida juga menjadi narator dalam iklan tersebut.

Promosi Belle

iklan anime toyota housing mamoru hosoda

Ryuu to Sobakasu no Hime (The Dragon and the Freckled Princess) atau yang biasa disebut Belle adalah proyek film anime terbaru dari sutradara kenamaan Mamoru Hosoda. Dalam rangka mempromosikan film terbaru dari Hosoda itu, Toyota Housing juga telah membuka sebuah situs khusus dari tanggal 24 April 2021.

Situs khusus promosi Belle dari Toyota Housing ini berisi kuis yang dapat dimenangkan oleh pengunjungnya. Sebuah tiket untuk penayangan film Belle di bioskop-bioskop Jepang juga kemungkinan menjadi salah satu hadiah utama dari lotre yang bisa didapatkan setelah mengikuti kuis tersebut.

Film anime yang satu ini direncanakan untuk tayang pada Juli 2021 nanti di berbagai bioskop di Jepang.

Tentang Mamoru Hosoda

toyota housing iklan mamoru hosoda

Mamoru Hosoda adalah seorang sutradara dan animator ternama asal Jepang. Lahir pada 19 September 1967 di Kamiichi, Jepang, Mamoru Hosoda sudah tertarik dengan dunia anime ketika dirinya menonton film anime The Castle of Cagliostro, film pertama karya co-founder Studio Ghibli, Hayao Miyazaki.

Selepas kuliah, Mamoru Hosoda bekerja sebagai seorang staf animasi di Toei Animation. Beberapa proyek pertama yang ia kerjakan saat berada di Toei Animation adalah dua film anime dari serial Digimon Adventures. Karena kesuksesannya dalam Digimon, Mamoru Hosoda juga sempat ditawari untuk menjadi sutradara dari Howl’s Moving Castle di Studio Ghibli, namun hal itu tidak terjadi karena perbedaan kreatif.

Setelah bekerja di Toei Animation, Mamoru Hosoda berpindah ke studio Madhouse. Di studio animasi itu, ia membuat dan menyutradarai sejumlah film anime yang membuat namanya semakin terkenal sebagai salah satu sutradara film anime ternama dari Jepang. Film-film tersebut adalah Toki wo Kakeru Shoujo (2006) dan Summer Wars (2009).

Mamoru Hosoda mendirikan studio animasi miliknya sendiri, Studio Chizu, setelah keluar dari Madhouse pada 2011. Studio ini ia dirikan bersama dengan Yuichiro Saito yang menjadi produser dari film Toki wo Kakeru Shoujo dan Summer Wars.

Bersama Studio Chizu, Mamoru Hosoda menciptakan tiga buah film anime, yaitu Ookami Kodomo no Ame to Yuki (2012), Bakemono no Ko (2015), dan Mirai pada 2018 lalu. Film-film itu juga meraih berbagai penghargaan, termasuk Mirai yang dinominasikan sebagai calon pemenang Best Animated Feature dalam ajang penghargaan Academy Awards 2019.

Nawala Karsa NK Kurio