Broadcasted by Galau Jikan FM

Kesehatan Memburuk, Togashi Yoshihiro Kembali Jatuh Sakit!

Setelah dua bulan menlanjutkan manga Hunter x Hunter, Togashi Yoshihiro harus kembali istirahat akibat kesehatannya yang menurun

Matias Arvino Andrhasa
Togashi Yoshihiro Kembali Sakit
Gambar: Bstation / Hunter x Hunter

Pada Jumat (12/8), kabar kurang mengenakkan datang dari mangaka kenamaan Togashi Yoshihiro yang kembali sakit.

Kabar ini diungkapkan oleh Togashi sendiri melalui akun Twitter pribadi miliknya.

Dalam tweet tersebut ia mengungkapkan bahwa gejala yang selama ini ia rasakan tidak kunjung membaik.

Mangaka Hunter x Hunter tersebut akan menghabiskan banyak waktu lagi untuk pemulihan dan perawatan kesehatannya.

Selain itu, banyak penggemar Hunter x Hunter ikut memberikan harapan agar Togashi bisa sembuh kembali.

Masih Sempat Rajin Menlanjutkan Manga

Togashi Yoshihiro Kembali Sakit
Terlihat dalam salah satu sketsa ada sosok Kurapika | Gambar: Twitter Togashi Yoshihiro

Mangaka dari Hunter x Hunter ini sejak pertama kali mengumumkan bahwa dia kembali pada Mei 2022 lalu, rajin mengabarkan perkembangan manganya.

Setiap hari Togashi mengunggah postingan manganya biarpun hanya sebatas nomor halaman ataupun gambaran kasar di halaman tersebut.

Namun, ia juga tidak jarang memberitahukan detail perkembangan lainnya seperti No 393, yang masih menunggu retake dari naskahnya atau menunggu background.

Tentang Penyakit Punggung yang Togashi Yoshihiro Idap

Manga Hunter x Hunter sempat beberapa kali hiatus | Gambar: Bstation / Hunter x Hunter

Apabila berbicara tentang Togashi Yoshihiro yang kembali sakit, tentunya hal ini bukanlah berita baru bagi penggemar anime dan manga satu ini.

Manga ini sebelumnya hiatus pada September 2017, dan Togashi berencana untuk melanjutkannya sebelum akhir tahun lalu hiatus di April 2018.

Kemudian, berlanjut sampai pada September 2018 dan hiatus kembali di November 2018 akibat kesehatan mangaka Togashi Yoshihiro yang menurun.

Akhirnya, Manga ini kembali berlanjut pada bulan Mei 2022 meskipun manganya tersebut telah mengalami banyak jeda sebelum itu.

Bahkan pada saat Togashi Yoshihiro menggelar pameran seni di Pusat Galeri Seni Mori di Jepang, ia berpesan untuk selaku menjaga kesehatan punggung bagi penggemarnya.

Beberapa mangaka seperti Ruri Dragon dan World Trigger juga sempat mengalami hiatus menggarap manganya akibat kesehatan yang kembali memburuk.

Tentang Seri Hunter x Hunter

Togashi Yoshihiro meluncurkan manga ini lewat majalah mingguan Shonen Jump milik Penerbit Shueisha pada tahun 1998.

Manga ini teradaptasi menjadi dua serial anime televisi, dua film anime. Shueisha menerbitkan volume buku kompilasi ke-36 manga pada Oktober 2018.

Adaptasi anime televisi kedua manga tersebut tayang perdana di Jepang pada tahun 2011 dan berlangsung selama 148 episode. Episode terakhir tayang perdana pada tahun 2014 silam.

Seri satu ini bercerita tentang Gon yang bercita-cita untuk menjadi seorang Hunter terbaik seperti ayahnya.

Namun dalam perjalanannya, Gon dan kawan-kawannya mengalami perjalanan yang sulit, banyak rintangan yang harus mereka lewati.

Bagi NawaReaders yang tertarik untuk maraton ulang seri ini atau mau mencicipi dunia Hunter x Hunter, bisa langsung kunjungi BSTATION atau IQIYI.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.