Studio Anime Sunrise Jepang Segera Ganti Nama April Ini!

Seno Triadi
sunrise ganti nama header

Sebagai tindak lanjut dari restrukturisasi manajemen dari Bandai Namco Holdings, perusahaannya umumkan sejumlah informasi penting lewat siaran pers resminya. Siaran pers yang telah rilis pada Selasa (8/2) mengungkapkan niatan perusahaan tersebut untuk merger banyak divisi studio binaannya menjadi satu perusahaan induk. Tersebutkan bahwa studio Sunrise Jepang, akan mengalami ganti nama sebagai langkah perombakan manajemen tersebut.

Perusahaan besar terbaru bentukan Bandai Namco ini akan berfokus kepada produksi anime, musik, dan sebagainya.

Melansir dari siaran persnya via situs resmi Sunrise Jepang, mulai Jumat (1/4) nanti, nama studio Sunrise akan resmi ganti nama menjadi Bandai Namco Filmworks Incorporated. Pemberlakuan tersebut juga mengikutkan sejumlah nama manajemen studio produksinya.

Bandai Namco Filmworks ini merupakan anak perusahaan terbaru, meleburkan seluruh cabang perusahaannya yang bergerak di industri perfilman. Nantinya, perusahaan ini akan bergerak di lini bisnis video dan bisnis musik dan live event.

Beberapa cabang tersebut selain Sunrise, yaitu Bandai Namco Rights Marketing dan divisi film dari Bandai Namco Arts’, juga akan merger ke dalam satu perusahaan tersebut.

Bandai Namco juga akan merubah nama perusahaan label musik milik Sunrise, yang akan menyandang nama barunya yaitu Bandai Namco Music Live Incorporated.

Perusahaan ini, seperti yang tersebutkan diatas, juga merupakan hasil merger dari label musik Sunrise Music, Bandai Namco Music Creative and divisi musik Bandai Namco Arts’.

Perlu NawaReaders ketahui, studio Sunrise Japan merupakan subsidiari dari Bandai Namco sejak akuisisi ke perusahaan tersebut pada 1993.

Dengan demikian, perombakan manajemen masif dari Bandai Namco ini akan berpengaruh kepada mayoritas produksi anime studio tersebut kedepannya.

Penggabungan masing-masing dua lini bisnis Bandai Namco ini diharapkan akan melanjutkan perjalanan sebelumnya. Yakni untuk menciptakan “visual yang lebih baik” dan “musik dan penampilan yang lebih baik” kepada seluruh penggemar Bandai Namco di seluruh dunia.

Studio Legendaris Penggerak Pop Kultur Jejepangan

Mengenai studio Sunrise yang pertama berdiri pada 1972, studio tersebut berjasa dalam memproduksi banyak judul anime berpredikat legendaris.

Studio ini adalah bentukan dari sejumlah mantan staf dari studio Mushi Production binaan komikus legendaris, Osamu Tezuka.

NawaReaders mungkin sangat tidak asing mengenalinya apabila mendengar studio Sunrise, ketika membahas banyak waralabanya. Di antaranya, Gundam, Gin Tama, Code Geass, Inuyasha, Love Live!, Cowboy Bebop, dan lain sebagainya.