Pada hari Selasa (16/3) lalu, ajang penghargaan manga tahunan di Jepang yakni Manga Taisho Award resmi mengumumkan pemenangnya. Manga Sousou no Frieren terpilih menjadi pemenang dalam ajang yang ke-14 ini.

Pemenang Manga Taisho Awards ke-14

Sebanyak 10 judul manga berkompetisi untuk mendapatkan gelar manga terbaik dalam Manga Taisho Awards ke-14 ini. Pemenangnya ditentukan oleh besaran poin yang diberikan oleh para juri, yaitu para pegawai toko buku. Akhirnya, pemenang Manga Taisho Awards ke-14 jatuh kepada Sousou no Frieren yang digarap oleh Kanehito Yamada dan Tsukasa Abe.

Berikut adalah perolehan poin yang didapatkan oleh ke-10 judul manga yang menjadi nominasi Manga Taisho Awards ke-14.

  1. Sousou no Frieren karya Kanehito Yamada dan Tsukasa Abe – 91 poin
  2. Chi. -Chikyuu no Undou ni Tsuite karya Ueto – 67 poin
  3. Karaoke Iko! karya Yama Wayama – 64 poin
  4. Mizu wa Umi ni Mukatte Nagareru karya Rettou Tajima – 60 poin
  5. Oshi no Ko karya Aka Akasaka dan Mengo Yokoyari – 59 poin
  6. Kaiju No. 8 karya Naoya Matsumoto – 58 poin
  7. Onna no Sono no Hoshi karya Yama Wayama – 57 poin
  8. Metamorphose no Engawa karya Kaori Tsurutani – 48 poin
  9. Kowloon Generic Romance karya Jun Mayuzuki – 46 poin
  10. SPY X FAMILY karya Tatsuya Endo – 38 poin

Dari sini, terlihat dengan jelas bahwa Sousou no Frieren tidak hanya memperoleh jumlah poin tertinggi, namun juga memiliki selisih yang lumayan jauh dengan posisi kedua, Chi. -Chikyuu no Undou ni Tsuite –, yaitu sebanyak 24 poin. Ini juga dipengaruhi oleh penjualan kedua manga tersebut dari April 2020, dan lumayan mengesankan untuk para penggemar manga.

Dalam rangka merayakan kemenangan Sousou no Frieren, sebuah iklan akan dipasang dalam satu halaman penuh di koran Yomiuri Shimbun. Tidak hanya itu, iklan kemenangan Sousou no Frieren juga akan ditayangkan di televisi di Jepang nanti. Tentunya ini akan membuat Sousou no Frieren menjangkau lebih banyak lagi pembaca di kemudian hari.

Selamat kepada Sousou no Frieren yang menjadi pemenang Manga Taisho Awards ke-14!

Tentang Sousou no Frieren

manga taisho awards 14

Sousou no Frieren atau Frieren: After A Journey’s End merupakan sebuah serial manga yang ditulis oleh Kanehito Yamada dan diilustrasikan oleh Tsukasa Abe. Manga bergenre fantasi ini diterbitkan dalam majalah Weekly Shounen Sunday milik penerbit Shogakukan sejak April 2020 lalu. Serial ini telah memiliki 4 volume tankobon.

Serial ini berkisah mengenai Frieren, sesosok elf yang hampir tidak dapat mati dan baru saja menyelesaikan petualangannya untuk mengalahkan musuh bersama dengan kelompoknya, yaitu Himmel, Heiter, dan Eisen, yang memutuskan untuk kembali ke kehidupan mereka masing-masing. Karena bangsa elf hidup lebih lama dari manusia, Frieren harus melihat teman-teman seperjuangannya meninggalkannya satu per satu dan belajar merelakan kematian mereka.

Nawala Karsa NK Kurio