Penting!
Kominfo Telah Buka Blokir Steam | Gunakan Cara Ini untuk Membuka Blokir Internet Positif | Ayukawa Media Menentang Tindakan Kemenkominfo dalam Insiden Pemblokiran 30 Juli 2022

Robot Gundam RX-78-2 di Yokohama Raih Guinness World Record

Avatar
Gundam RX-78-2 Guinness World Record

Robot replika Gundam RX-78-2 dengan dengan tinggi 18 meter mengikuti ukuran asli di serialnya, baru saja meraih dua penghargaan Guinness World Record.

Gundam RX-78-2 Raih Guinness World Record

Penghargaan tersebut diberikan untuk ‘Robot humanoid terbesar di dunia’, dan ‘Gundam terbesar yang bisa bergerak’. Penghargaan ini diraih pada 17 Desember 202 silam, Gundam Factory Yokohama menggelar upacara pengakuan rekor dunia tersebut.

Pada upacara tersebut representatif global challenge, Yasuo Miyakawa mengucapkan rasa terima kasihnya. Ia mengaku bahwa tidak pernah terpikir bahwa karyanya akan memenangkan rekor dunia. Dirinya berharap banyak orang bisa datang ke Yokohama untuk menyaksikan robot Gundam yang bisa bergerak.

Dibuka untuk Umum

Gundam RX-78-2

Atraksi robot Gundam yang bisa bergerak tersebut telah dibuka untuk umum pada 19 Desember 2020 lalu. Pameran robot ini dapat dikunjungi secara terbatas hingga 31 Maret 2021. Atraksi tersebut sebenarnya direncanakan sebagai ajang untuk memeriahkan Olimpiade Musim Panas pada 2020. Namun karena olimpiade ditunda hingga tahun depan, pembukaan replika Gundam tersebut juga mundur hingga akhir tahun 2020.

Replika Gundam RX-78-2 diketahui memiliki berat 25 ton, dengan 24 sambungan sendi yang belum termasuk persendian jari. Pertunjukan gerak ditayangkan setiap setengah jam, mulai dari pukul setengah sebelas pagi, hingga setengah sembilan malam.

Projek ambisius dari Bandai ini dimulai sejak 2014, dengan nama Gundam Global Challenge. Pada tahun 2015, sempat diadakan juga lomba untuk membuat replika Gundam dapat bergerak.

Tentang Gundam RX-78-2

Gundam RX-78-2

Gundam yang digunakan sebagai replika tersebut merupakan RX-78-2 Gundam, mobile suit ikonik yang pertama kali tayang pada seri Mobile Suit Gundam pada tahun 1979 hingga 1980. RX-78-2 dipiloti oleh Amuro Ray, setelah koloni tempatnya tinggal terlibat dalam peperangan antara Zeon dengan Federasi Bumi.

Amuro bersama rekan-rekannya dari White Base kemudian bekerja sama untuk melawan Zeon. Salah satu musuh terkuat yang ia temui adalah Char Aznable, yang menjadi rival abadi Amuro.

RX-78-2, yang dijuluki sebagai ‘Granddaddy’ oleh fandom Gundam kerap kali mendapat peningkatan dan pembaruan desain agar tetap relevan  terhadap generasi baru. Pada OVA Mobile Suit Gundam: Origin, RX-78-2 tampil dengan detail mesin yang lebih realistis. Dan pada ONA Mobile Suit Gundam G40 tahun ini, model rakit RX-78-2 rilis dengan desain yang mengutamakan artikulasi.

Bandai juga turut merilis model rakit RX-78-2 versi Gundam Factory Yokohama dengan skala 1/30.

Penulis: Leo Agung S.P