Adaptasi anime Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu atau Jobless Reincarnation: I Will Seriously Try If I Go to Another World karya Rifujin na Magonote telah tayang. Ini merupakan salah satu webnovel dan light novel pertama yang mempopulerkan elemen reinkarnasi, dan protagonis overpowered yang kemudian banyak diikuti oleh cerita-cerita Isekai serupa. Walaupun begitu, adaptasi Mushoku Tensei dibuat dengan ambisius dan istimewa. Inilah review atau ulasan saya terhadap episode 1 adaptasi anime Mushoku Tensei.

Sinopsis Cerita Mushoku Tensei

Review Mushoku Tensei Episode 1

Kisah dimulai ketika seorang NEET terlibat dalam kecelakaan. Selama 20 tahun hidupnya tanpa pernah sekalipun keluar dari kamar, ia mengorbankan diri untuk menyelamatkan sekumpulan anak SMA dari kecelakaan lalu lintas. Sesaat kemudian, ia tersadar dalam tubuh seorang bayi yang baru lahir, semua itu terjadi sambil ia mengingat dengan jelas siapa dirinya di kehidupan sebelumnya.

Dengan jiwa pria berumur 30 tahun dalam tubuh anak kecil, Rudeus baru menyadari bahwa ia ada di dunia lain setelah melihat sihir yang dilakukan ibunya. Suatu hari, ia menemukan buku petunjuk sihir, dimana ia mulai mempraktekan kemampuan sihirnya setiap hari. Pada akhirnya, kedua orang tua Rudeus menemukan bakat anaknya ketika ia tidak sengaja menghancurkan jendela rumah.

Melihat bakat anaknya, kedua orangtua Rudeus memutuskan untuk memanggil penyihir yang bisa mengajari Rudeus. Roxy Migurdia kemudian bergabung dalam keluarga Greyrat. Ia yang sebelumnya pesimis akan Rudy justru langsung tertarik ketika Rudy dapat mengeluarkan sihir tanpa merapalkan mantra.

Sebuah Adaptasi yang Patut Diacungi Jempol

Review Mushoku Tensei Episode 1

Tidak seperti adaptasi karya-karya isekai lain yang terkesan ‘apa adanya’, adaptasi Mushoku Tensei memiliki kualitas. Ada banyak review positif dari saya terhadap episode 1 Mushoku Tensei. Mulai dari kesesuaian desain dengan illustrasi light novel, pewarnaan dalam animasi, serta efek ketika Rudeus mengeluarkan sihir dan masih banyak lagi.

Adaptasi anime ini akan berdasarkan pada versi light novel, sehingga pembaca manga akan melihat berbagai perbedaan. Diantaranya adalah jangka waktu eksperimen Rudeus terhadap kemampuan sihir yang ia miliki, hingga pertemuan pertama dengan Roxy.

Akan tetapi penggunaan versi light novel sebagai sumber adaptasinya membuat saya cukup terkejut. Pasalnya, beberapa aspek (khususnya aspek ecchinya) ternyata dibuat lebih jinak dalam versi manga daripada versi literaturnya.

Kisah Untuk Menjadi Lebih Baik

Tema utama dari Mushoku Tensei, adalah sebuah kisah untuk memperbaiki diri sendiri. Tema yang entah kenapa sangat beresonansi terhadap banyak orang, terutama ketika kita memiliki penyesalan atas keputusan dalam hidup kita.

Rudeus, masih mengingat seluruh kehidupannya yang lama, bertekad untuk menggunakan kesempatan ini untuk menjalani hidup yang lebih baik. Namun untuk bisa mewujudkannya, pertama Rudeus harus dapat mengalahkan rasa takutnya. Ia masih tidak bisa menghilangkan traumanya dengan dunia luar, langkah pertama inilah yang harus ia ambil untuk bisa memulai kehidupan keduanya menjadi lebih baik. Dapatkah ia melakukannya?

Jadi, apakah anime Mushoku Tensei rekomendasi untuk kalian tonton? Jawabannya adalah iya. Adaptasi anime Mushoku Tensei terlihat sangat baik di episode 1. Akan ada banyak keseruan dan plot twist yang kalian dapatkan, terlebih bagi para penggemar yang baru mengikuti serial ini.

Penulis: Leo Agung S.P

Contributor
Nawala Karsa NK Kurio