Bingung Mau Nonton Anime Apa Selagi Ngabuburit di Bulan Puasa? Ini Dia Daftarnya!

Adi Styadi
Puasa

Wah, tidak terasa kalau bulan ini sudah masuk masa puasa lagi. Teman-teman yang merayakan pasti harus kembali membiasakan diri untuk bangun subuh-subuh, kemudian menahan lapar hingga petang. Bukan cuma lapar saja, menahan hawa nafsu juga jadi esensi penting selama berpuasa! Nah, mungkin bulan puasa ini juga jadi salah satu ‘tantangan’ buat penggemar anime. Apalagi medium hiburan ini punya latar belakang sekuler, yang membuat momen fanservice dan karakter berpakaian minim menjadi normal.

Jadi mau enggak mau, kita sebagai penggemar sendiri yang harus memilah judul-judul mana yang minim fanservice dan tetap aman, sembari menunggu buka puasa.

Tapi tenang, NawaReaders! Dalam artikel kali ini, Kamu kumpulkan judul-judul anime yang cocok kamu tonton selama ngabuburit nunggu waktu buka puasa! Mulai dari anime komedi yang kocak, sampai anime yang punya makna pelajaran hidup!

Ekstrakurikuler K-On Yang Seru!

Entah kamu otaku veteran yang menonton seri ini di Animax, atau otaku baru yang suka dengan genre moe. Anime K-On! garapan Studio KyoAni ini bersifat timeless dengan cerita dan komedi yang masih menarik bila membandingkannya dengan tren moe sekarang.

k-on!!
Kyoto Animation

K-On! Menceritakan Yui Hirasawa, Gadis SMA yang passion untuk mencoba hal-hal baru. Ia merasa bingung ketika harus memilih kegiatan klub, namun pertemuannya dengan Mio, Ritsu, dan Tsumugi mulai memantik rasa cintanya untuk musik.

Anime K-On! saat ini punya dua season, satu film, serta OVA. Artinya, ada banyak tontonan untuk kalian nikmati selama bulan puasa ini!

Nichijou, Keseharian Lebih Dari Sekadar Selamat Pagi!

Satu lagi anime slice-of-life dari Studio KyoAni. Nichijou adalah adaptasi dari manga 4 panel karangan Arawi Keiichi tentang kehidupan anak-anak SMA serta duo professor-robot.

Walau arti dari judulnya sendiri adalah ‘kehidupan sehari-hari’, selalu saja ada kejadian atau kegiatan aneh yang membagongkan.

nichijou
Kyoto Animation

Beberapa skit mungkin membingungkan karena menyangkut permainan bahasa Jepang, tapi style gambar dan komedi yang bersifat kartunis ini akan mudah diterima oleh semua orang.

Nichijou punya total 26 episode, dan sayangnya tidak pernah mendapat season kedua.

Mob Psycho 100, Punya Kemampuan Lebih Tidak Selamanya Enak!

ONE memang terkenal dengan karya One- Punch Man miliknya, tapi selain itu dia juga menciptakan Mob Psycho 100 yang punya konsep agak beda dari Saitama dan kekuatan one-hit nya.

Mengambil latar cerita sekolah SMA, Shigeo ‘Mob’ Kageyama adalah Siswa dengan kemampuan telekinesis luar biasa. Masalahnya, ia kurang lihai dalam mengontrol kekuatan tersebut, dan memutuskan berguru kepada Arataka Reigen, seorang psikis gadungan.

mob psycho 100
Studio Bones

Mob yang selalu menahan kemampuannya itu kemudian mencari cara lain untuk mengembangkan diri. Awalnya dia melakukannya untuk menarik perhatian gebetan yang bernama Tsubomi, tapi seiring waktu Mob mendapat rekan-rekan dan teman yang mendukung.

Seperti judul shonen lain buatan ONE, Mob Psycho 100 juga punya adegan pertarungan dan cerita penuh konflik. Bagi kamu yang suka action, ini sudah pasti jadi pilihan terbaik buat mengisi waktu menunggu buka puasa!

Belum lagi, musim ketiga saat ini sudah resmi dalam produksi yang akan mengakhiri serinya. Seseru apakah nantinya, yang penting tonton dua musim sebelumnya dulu!

Keep Your Hands off Eizouken! Belajar Bikin Anime!

Ada perasaan kagum ketika melihat orang-orang yang passionate terhadap apa yang mereka sukai berbicara panjang lebar tentang hal tersebut.

Dalam kasus Eizouken ni wa Te wo Dasu na! (disingkat Eizouken) penonton juga bakal menyelami lebih dalam bagaimana proses kreatif dalam menciptakan animasi.

eizouken
Science SARU

Cerita berfokus pada Midori Asakusa, perempuan SMA dengan kecintaannya dalam menggambar, dan menuangkan konsep imajinasi dalam kepalanya. Di sisi lain, Sayaka Kanamori, teman baiknya berpikir lebih realistis dan perhitungan.

Pertemuan mereka dengan Tsubame Misuzaki, model muda dengan kecintaan yang sama terhadap seni dan animasi membuat mereka terinspirasi menciptakan anime. Maka dari itulah mereka membentuk klub Eizouken, sebuah klub sekolah khusus riset animasi.

Akan tetapi, kenyataannya ada banyak tantangan dalam proses produksi. Mulai dari idealisme yang saling bertentangan, menghadapi art block, sampai mendulang profit.

Seri Eizouken sendiri juga punya ragam adaptasi, tidak hanya anime saja, tetapi ada sebuah film live-action menghadirkan personil grup idol Nogizaka46.

Mitsuboshi Colors, Tingkah Laku Bocil Kematian!

Tahan dulu emote nangisnya! Anime satu ini menceritakan keseharian tiga serangkai bocah yang menyebut diri mereka Colors.

mitsuboshi colors
SILVER LINK

Yui Akamatsu, gadis pemalu yang berteman dengan Sacchan tukang ribut, dan Kotoha si gamers. Setiap hari, para anggota Colors ini membantu orang-orang dan melindungi kota.

Walau sebenarnya yang mereka lakukan adalah bermain-main layaknya anak kecil pada umumnya.

Mitsuboshi Colors merupakan anime garapan SILVER LINK, studio yang mengadaptasi Non-non Biyori. Tidak heran kalau ada beberapa kesamaan dalam kedua seri tersebut, mulai dari gambar latar tempat, dan pewarnaan karakter yang vibrant.

Barakamon, Belajar Kembali Memahami Hidup!

Karir Seishuu Handa sedang di ujung tanduk karena dia menghajar pihak official yang mengkritisi karya kaligrafinya yang memenangkan penghargaan.

Oleh ayahnya, Handa disuruh untuk pindah ke sebuah pulau terpencil, dimana ia akan melatih karyanya, serta menyingkir dari publik.

Walau awalnya merasa enggan dan terbebani, pertemuan Handa dengan bocah bernama Naru Kotoishi mulai membuka dirinya untuk mengenal lingkungan serta orang-orang yang ada dalam pulau tersebut.

Lewat mereka, Handa belajar untuk tidak cuma menghargai orang lain, tapi juga menghargai diri sendiri dan pelajaran hidup lainnya.

barakamon
Kinema Citrus

Itulah tadi daftar anime safe-to-watch buat mengisi bulan puasa NawaReaders. Gimana? Apa kamu lebih suka nonton anime aksi, atau komedi untuk mengisi ngabuburit? Sampaikan lewat kolom komentar di media sosial kami, ya!