Broadcasted by Galau Jikan FM

Yuk Daftar! MyAnimeList Writing Contest Kedua Akan Dibuka Juni Ini!

Para penulis berbakat yang ingin sekali buat tulisannya diadaptasi menjadi manga di Jepang bisa segera ikut kompetisi ini!

myanimelist writing contest
Gambar: Qdopp, MyAnimeList

Salah satu platform anime terbesar global, MyAnimeList, baru-baru ini telah mengumumkan sebuah lomba untuk para calon novelis. Kontes ini bertajuk, “I Was Browsing MAL as Usual Then I Realized My Web Novel Could Become Manga” atau disingkat sebagai “MyAnimeList x Honeyfeed Writing Contest (2022).”

Tema besar yang akan berkompetisi kali ini berkonsentrasi kepada genre school, romantic comedy, dan cyberpunk. Kontes ini dibuka kepada semua pengguna platformnya, mulai (1/6) hingga Desember 2022. Memperebutkan total hadiah sebanyak USD 9.000 (sekitar 132 juta Rupiah).

Kompetisi novel lepas ini bekerjasama dengan Honeyfeed, sebuah komunitas webnovel berbahasa Inggris di bawah perusahaan qdopp. Para pemenang kontes ini akan di-review karyanya oleh penerbit Kodansha Jepang, untuk berkesempatan dapatkan publikasi resmi novelnya atau menuju versi komik.

Pemilihan pemenang kompetisi novel akan menggunakan sistem voting dari pengguna MAL, serta keputusan panelis juri yang ditentukan.

Agar lebih jelas lini proses keseluruhan sayembara ini, adapun tanggal-tanggal pentingnya sebagai berikut:

  • Periode submisi                                     : Rabu, 1 Juni – Kamis, 1 September 2022
  • Masa voting oleh panelis juri              : Jumat, 2 September – Rabu, 2 November 2022
  • Final (pembukaan voting publik)       : 3-30 November 2022
  • Pengumuman pemenang                     : Senin, 12 Desember 2022

Bagi yang tertarik ingin ikut lomba menulis novel ini, kamu tinggal cek situs resminya melalui pranala ini! Lomba ini juga membutuhkan partisipannya untuk daftar akun baru terlebih dahulu melalui platform Honeyfeed.

Berkat Meningkatnya Animo Komunitas Jejepangan

Kompetisi novel amatir MyAnimeList Writing Contest ini merupakan respons dari sejumlah umpan balik komunitas penggemar anime di platform MAL. Mereka menganggap bahwa novelis non-Jepang perlu mendapatkan kesempatan yang setara untuk karyanya dapatkan anime atau manga.

Terharapkan, kontes novel amatir ini merupakan langkah pertama untuk merealisasikan impian para penulis untuk tulisannya dapatkan adaptasi ke berbagai media di Jepang.

Tujuan lain dari kompetisi ini adalah untuk mempromosikan budaya pop jejepangan lebih jauh ke masyarakat. Kesemuanya termasuk anime, manga, dan lain sebagainya.

Pihak panitia kompetisi mengharapkan adanya sebuah ekosistem yang mana para penggemarnya turut serta dalam produksi anime.

Kilas Balik Pemenang Kontes Sebelumnya

Belum sekali ini MAL mengadakan sayembara novel ringan karena mereka telah melakukannya pada Desember 2021 lalu. Tiga pemenangnya terundi berdasarkan sistem undinya seperti terjabarkan di atas.

Juara pertama kontes ini ialah Pearlyn Mirabella dengan karyanya yang berjudul Realm Assassin sehingga dia berhasil mendapatkan 5.000 dollar (sekitar 71 juta rupiah).

Juara kedua diraih oleh Harmonica Writes yang berhasil memenangkan hadiah kontes sebesar 3.000 dollar (sekitar 42 juta rupiah) dengan karyanya yang berjudul The Consequence of Saving the World.

Dan juara ketiga yang berhasil membawa pulang 2.000 dollar (sekitar 26 juta rupiah) adalah Oscar H.M. dengan karyanya yang berjudul The Sequence of Kai.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.