Misaki no Mayoiga Jadi Film Animasi Terbaik Dalam Mainichi Film Award ke-76

Nadia Theresa Johari
film anime misaki no mayoiga

Pada Kamis (20/1), komite juri dari ajang penghargaan Mainichi Film Awards telah menumumkan sederet film dan sejumlah insan di dunia perfilman Jepang yang memenangkan penghargaan tersebut. Pengumuman tersebut telah terinformasikan melalui situs resmi ajang penghargaan yang satu ini.

Salah satu kategori yang ada di dalamnya adalah Film Animasi Terbaik atau Best Animation Film. Pada gelaran kali ini, film anime Misaki no Mayoiga (The House of the Lost on the Cape) menjadi pemenangnya.

Kalahkan Sejumlah Pesaing

Misaki no Mayoiga garapan sutradara Shinya Kawatsura ternyatakan sebagai pemenang Mainichi Film Awards ke-67 dalam kategori Best Animation Film sepanjang 2021 lalu.

Film ini mengalahkan sejumlah judul film anime lainnya yang sempat ternominasikan dalam kategori yang sama.

Sejumlah karya film anime tersebut antara lain Belle (Ryuu to Sobakasu no Hime) garapan Mamoru Hosoda, Ai no Utagoe wo Kikasete karya Yasuhiro Yoshiura, Pompo: The Cinéphile karya Takayuki Hirao, dan Gyokou no Nikuko-chan garapan Ayumu Watanabe.

Dengan ini, Misaki no Mayoiga bergabung dengan sederet film anime yang sebelumnya memenangkan penghargaan ini.

Beberapa di antaranya adalah Children of the Sea karya Ayumu Watanabe, Kimi no Na wa garapan Makoto Shinkai, dan Miss Hokusai karya Keiichi Hara.

Pemenang Lainnya

drive my car mainichi film awards
Poster film Drive My Car garapan Ryusuke Hamaguchi.

Adapun pihak penyelenggara Mainichi Film Awards juga mengumumkan sederet pemenang lainnya. Drive My Car garapan Ryusuke Hamaguchi berhasil meraih penghargaan utama dalam Mainichi Film Awards ini, yaitu Best Film.

Hamaguchi juga mendapat penghargaan sebagai sutradara terbaik dalam ajang penghargaan ini.

Sementara itu, aktor Takeru Satoh ternobatkan sebagai Best Actor atas perannya dalam film In the Wake. Predikat Best Actress terdapatkan oleh aktris Machiko Ono atas perannya dalam film A Madder Red.

Seperti ajang penghargaan lainnya, Mainichi Film Awards juga memiliki penghargaan spesial. Penghargaan spesial dalam ajang ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap karya animasi dari para sutradara Jepang, yaitu Ofuji Noburou Award.

Salah satu adegan dalam Pukulapottas and Hours in the Forest.

Pada gelaran kali ini, Ofuji Noburou Award jatuh kepada film karya Takeshi Yashiro berjudul Pukkulapottas and Hours in the Forest (Pukurapotta to Mori no Jikan).

Sebelumnya, film animasi yang satu ini juga sempat menjadi official selection dalam ajang New Chitose Airport International Animation Festival pada 2021 lalu.

Tentang Misaki no Mayoiga

Poster promosi untuk Misaki no Mayoiga.

Misaki no Mayoiga atau The House of the Lost on the Cape merupakan film anime yang merupakan adaptasi dari novel fantasi karya Sachiko Kashiwaba dengan judul yang sama. Adaptasi ini adalah karya sutradara Shinya Kawatsura dan merupakan produksi studio animasi David Production.

Misaki no Mayoiga berlatar di sebuah rumah terbengkalai di Iwate, Jepang, yang diberi nama Mayoiga. Konon, selain dapat melihat pemandangan laut yang indah dari sana, siapa saja berkunjung ke Mayoiga dapat merasakan sensasi kehangatan dan nostalgia yang dalam.

Seorang gadis berusia 17 tahun bernama Yui sedang mencari jati dirinya dan hendak mencari tujuannya berada di dunia ini.

Pada sebuah kesempatan, ia memulai hidup baru bersama orang-orang yang tak ia kenal sebelumnya di Iwate dan kemudian mengunjungi Mayoiga.

Film anime yang telah tayang pada Agustus 2021 di Jepang ini juga menjadi bagian dari proyek “Zutto Ouen Project 2011 + 10…” yang menjadi bentuk peringatan 10 tahun setelah bencana gempa dan tsunami melanda wilayah Tohoku pada 2011 lalu.

Dua film dan serial anime lainnya yang termasuk dalam proyek ini adalah Hula Fulla Dance serta Bakuten!!.