Segera! Game Fire Emblem Engage Juga Bakal Ada Manganya, Lho!

Kisah Alear bakal dikomikan mulai bulan depan!

Adi Styadi
manga Fire Emblem Engage
Seri terbaru dari Fire Emblem, yakni Engage, mendapat sambutan baik di kalangan fans! | FOTO: dok. Nintendo

Setelah diumumkan tahun lalu, Fire Emblem Engage (FE Engage) besutan Intelligent System akhirnya rilis pada hari Jumat (20/01) lalu.

Permainan bergenre strategi RPG milik Nintendo ini, menandakan seri mainline ketujuh belas, dan game kedua untuk konsol Nintendo Switch setelah Fire Emblem Three Houses.

Untuk merayakan umur franchise yang mencapai lebih dari tiga puluh tahun, FE Engage menghadirkan berbagai karakter dari seri pendahulu yang muncul dalam mekanisme ‘Emblem’.

Walaupun begitu, cerita dan dunia dari Engage adalah hal baru yang bisa gamer ikuti tanpa perlu memainkan game-game sebelumnya.

Berdasarkan berita Nintendo, cerita dari Fire Emblem Engage ternyata juga sedang dibuat versi manga resminya, dan akan segera rilis tidak lama lagi.

Kisah Alear Kembali Dalam Bentuk Manga

manga fire emblem engage
Clanne dan Framme dalam adaptasi manga. | FOTO: dok: Nintendo

Fire Emblem Engage menceritakan tentang benua Elyos, serta perang berkelanjutan melawan Fell Dragon yang mengancam kehidupan benua tersebut.

Untuk melawannya, ras Divine Dragon memanggil pahlawan-pahlawan dari dunia lain yang disebut ‘Emblem’.

Seribu tahun berlalu sejak perang terakhir, dan tanda-tanda kembalinya Fell Dragon mulai bermunculan.

Alear yang terbangun dari tidur panjang, kini harus mengumpulkan sekutu untuk membangkitkan kekuatan Emblem, dan melawan Fell Dragon.

Ada berbagai misteri yang menyelimuti kebangkitan Fell Dragon, selain itu dengan amnesia yang ia derita, Alear merasa melupakan sesuatu yang penting di masa lampau.

Kelanjutan dari kisah Alear bisa gamer temukan dengan memainkan FE Engage untuk konsol Nintendo Switch.

Versi Manga Segera Hadir Tahun Ini!

manga fire emblem engage
Chapter prolog menceritakan apa yang terjadi sebelum Alear tertidur. | FOTO: dok: Nintendo

Adaptasi manga dari Fire Emblem Engage akan digambar oleh Kyou Kazuro, yang pernah menciptakan manga berjudul Hime-dol!! dan Houkago Idol.

Sementara, ceritanya akan sesuai dengan alur dalam game FE Engage.

Pada bulan Februari nanti, chapter prolog dari manga FE Engage akan rilis di majalah Saikyou Jump terbitan Shueisha.

Prolog ini akan menceritakan sosok Alear sebelum tertidur, serta apa yang terjadi pada benua Elyos sebelum cerita dalam gim.

Serialisasi untuk manga Fire Emblem Engage baru akan dimulai pada bulan Maret, lewat edisi April Saikyou Jump. Pada hari yang sama, seri ini juga akan rilis di platform Shonen Jump+.

Apa Kata Kritikus Tentang Fire Emblem Engage?

rating metacritic engage
Rating Fire Emblem Engage di Metacritic hingga 23 Januari 2023 | FOTO: Situs resmi Metacritics

Pasca rilis, FE Engage jadi bahan pembicaraan banyak orang. Fans RPG dan Fire Emblem secara general memuji mekanisme pertarungan Engage yang lebih seru dan mendorong taktik pemain.

Animasi para karakternya juga dipuji sebagai salah satu aspek positif, yang membuat pertarungan semakin impresif.

Akan tetapi tidak sedikit fans yang mengeluhkan alur cerita FE Engage terlalu ‘standar’, serta minimnya hubungan interpersonal antar karakter seperti yang hadir dalam seri pendahulunya.

Walaupun begitu sebagian besar kritikus tetap memberikan skor tinggi untuk Engage, terutama karena presentasi karakternya yang lebih colorful, serta gameplay strategi yang meningkatkan berbagai aspek dari seri original-nya.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.