Pada Rabu (9/12), situs resmi untuk ajang penghargaan Tokyo Anime Award Festival telah mengunggah daftar pemenang kategori Achievement Award untuk gelaran film anime Jepang dan internasional tersebut. Achievement Award diberikan sebagai tanda penghargaan bagi para kreator yang telah banyak berkontribusi dalam pengembangan industri animasi dan budaya.

Selain diberikan untuk menghargai para figur yang telah berjasa dalam industri anime, Achievement Award juga diberikan untuk menaikkan status industri anime melalui seni, ekspresi, pelatihan kepada orang-orang yang juga ingin berkarya, dan pertukaran internasional.

Para Pemenang Achievement Award di Tokyo Anime Award Festival

Para penerima Achievement Award kali ini adalah para kreator seni legendaris, termasuk di antaranya co-founder Studio Ghibli, mangaka, dan juga staf serta pengisi suara untuk berbagai program anime ternama di Jepang. Berikut adalah para pemenang Achievement Award yang telah diumumkan.

  1. Toshio Suzuki, co-founder dari Studio Ghibli
  2. Momoko Sakura, mangaka Chibi Maruko-chan (penghargaan anumerta)
  3. Yoshiyuki Tomino, sutradara Mobile Suit Gundam
  4. Takao Koyama, penulis skrip Dragon Ball Z
  5. Toshitsugu Sada, animator Gauche the Cellist
  6. Takeshi Seyama, editor film Akira
  7. Kayo Ishuu, penyanyi lagu pembuka Heidi – A Girl of the Alps
  8. Michio Hazama, pengisi suara karakter Walter von Schonkopf dalam The Legend of Galactic Heroes

Sebagai bentuk penghargaan terhadap delapan pemenang di atas, gelaran penghargaan ini akan mengadakan sebuah pameran khusus yang menampilkan karya-karya mereka.

Video Promosi

Selain mengumumkan para pemenang Achievement Award, pihak penyelenggara juga merilis video promosi terbaru untuk ajang penghargaan Tokyo Anime Award Festival 2021. Video promosi tersebut memiliki dua buah versi, yaitu A Version dan B Version. Video promosi yang menampilkan para pemenang Tokyo Anime Award Festival 2020 tersebut dinarasikan oleh Michio Hazama dan diproduksi oleh Nobutaka Yoda.

Ajang penghargaan ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 – 15 Maret 2021 di Ikebukuro, Tokyo, Jepang.

Tentang Tokyo Anime Award Festival

Acara ini merupakan ajang penghargaan film animasi internasional yang diselenggarakan setiap tahunnya di Tokyo, Jepang. Ajang penghargaan ini sebelumnya bernama Tokyo Anime Award dan diselenggarakan di Tokyo International Anime Fair hingga 2013. Pada tahun 2014, Tokyo International Anime Fair dan Anime Contents Expo bergabung, dan acara ini pun tercipta.

Acara ini telah mengadakan kategori Achievement Award semenjak tahun 2005 silam. Tidak hanya Achievement Award, ajang penghargaan yang satu ini juga memberikan penghargaan kepada serial anime televisi dan anime teatrikal, serta kepada para individu lainnya yang berjasa dalam industri anime Jepang.

Nawala Karsa NK Kurio