Pada tahun 2020 kemarin, sudah banyak anime yang dirilis, baik kelanjutan dari musim sebelumnya atau program terbaru. Setiap program anime pastinya memiliki daya tarik tersendiri, seperti lagu opening atau ending yang enak didengar. Kali ini, para fans anime telah memilih lagu ending anime favorit mereka di tahun 2020.

Lagu Ending Anime Favorit di Tahun 2020

Situs Anime! Anime! menyelenggarakan sebuah survei tentang lagu ending anime tahun 2020 yang disukai para penonton anime di Jepang. Survei yang telah dilakukan dalam periode waktu 4 – 15 Desember 2020 lalu ini memiliki 1.176 responden yang terdiri dari 28% responden pria dan 72% responden wanita.

Adapun 39,5% responden berusia kurang dari 19 tahun, 10,9% responden berusia 20 – 24 tahun, dan 8% dari responden berusia 30 – 34 tahun.

Dari 1.176 suara yang terkumpul, sudah ada 10 lagu ending yang ditetapkan menjadi favorit para penonton anime di Jepang. Beberapa di antaranya adalah lagu anime dari tahun sebelumnya, namun ada juga lagu-lagu ending dari program anime yang baru ditayangkan pada tahun 2020.

Oh iya, lagu-lagu dalam daftar ini juga ada yang memiliki jumlah suara sama, sehingga peringkat mereka menjadi seri. Penasaran apa saja lagu-lagu ending anime yang masuk dalam daftar ini? Berikut adalah hasil survei lagu-lagu ending anime terbaik 2020 dari situs Anime! Anime!.

10. (Seri) “Diamond no Jundo” – Yukino Yukinoshita (CV: Saori Hayami) dan Yui Yuigahama (CV: Nao Toyama) (Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru / Oregairu)

Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru

10. (Seri) “One Day” – Spyair (Cour pertama Haikyuu!! To The Top)

Haikyuu!! To The Top

9. (Seri) “Max Charm Faces ~Kanojo wa Saiko ♡♡!!!!!!~ – Shuta Sueyoshi, Totoko♡Nya, Matsuno boys (Osomatsu-san 3rd Season)

Osomatsu-san 3rd Season

9. (Seri) “Kimi wa Tennen Shoku” – Eiichi Ohtaki (Kakushigoto)

Kakushigoto

9. (Seri) “Nakayoshi! Maru! Nakayoshi!” – Chimame-tai (Gochuumon wa Usagi Desu Ka? BLOOM)

Gochuumon wa Usagi Desu Ka? BLOOM

9. (Seri) IDOLish Second Beat!

IDOLish Second Beat!

9. (Seri) “Welcome My Friend” – Okomoto’s (Fugou Keiji BALANCE:UNLIMITED)

Fugou Keiji BALANCE:UNLIMITED

8. “Tiny Light” – Akari Kito (Jibaku Shounen Hanako-kun)

Jibaku Shounen Hanako-kun

7. “Memento” – Nonoc (RE:Zero kara Hajimaru Isekai Seikatsu – Season 2)

RE:Zero kara Hajimaru Isekai Seikatsu – Season 2

6. “Kessen Spirit” – CHiCO with Honeyworks (Cour Pertama Haikyuu!! To The Top)

Haikyuu!! To The Top

5. “Kizuna” – Cast Anime Hypnosis Mic: Division Rap Battle: Rhyme Anima

Lagu Ending Anime Hypnosis Mic: Division Rap Battle: Rhyme Anima

4. “I Will” – Eir Aoi (Cour Kedua Sword Art Online Alicization War of Underworld)

Lagu Ending Anime Sword Art Online Alicization War of Underworld

3. “Etoile” – Oh My Girl (Noblesse)

Lagu Ending Anime Noblesse

2. “LOST IN PARADISE” – ALI ft. AKLO (Jujutsu Kaisen)

Lagu Ending Anime Jujutsu Kaisen

1. “Ray of Light” – Kim Jae-joong (Runway de Waratte)

Lagu Ending Anime Noblesse

Nah, itulah 15 lagu ending anime yang berhasil menempati posisi teratas dalam daftar survei Anime! Anime! pada 2020. Apakah kalian menemukan lagu ending favorit kalian dalam daftar ini?

10 Manga Terbaik Tahun 2020 Menurut Para Pembaca

Manga Terbaik 2020, Best Manga 2020

Berbicara mengenai survei, beberapa waktu yang lalu ada juga survei untuk mengetahui manga terbaik menurut para pembaca dan penggemar. Informasi ini berasal dari situs Jepang bernama アル (dibaca Aru/Alu) untuk mencari tahu serial terbaik tahun 2020 menurut para pembaca.

Dan hasilnya pun telah keluar. Mungkin kalian pasti sudah bisa menebak judul serial manga apa yang berada di urutan 10 besar. Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca berita selengkapnya melalui artikel kami disini.

Buzzwords Paling Populer di Jepang Tahun 2020

Buzzwords Populer 2020 Jepang

Selain kategori anime dan manga, ada pula survey untuk mengetahui buzzwords atau kata/kalimat yang sedang populer di Jepang yang diadakan oleh NicoNico (dulunya NicoNicoDouga). Ada 100 daftar yang telah terpilih, namun kami akan memilih 10 urutan buzzwords paling populer di Jepang. Apa sajakah itu? Kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Nawala Karsa NK Kurio