Baru-baru ini, lembaga Young Adult Library Services Association (YALSA) dari Asosiasi Perpustakaan Amerika telah membuat daftar novel graphic atau novel-novel grafis terbaik untuk pembaca usia remaja di tahun 2021. Dari 126 judul yang masuk ke dalam daftar tersebut, 12 di antaranya adalah judul manga atau komik dari Jepang.

12 Judul Novel Grafis Jepang Terbaik untuk Remaja Menurut YALSA

Manga berjudul Blue Flag karya Kaito berhasil menduduki peringkat Top 10 dalam daftar tersebut. Meskipun tidak memasuki daftar Top 10, 11 manga lainnya juga berhasil menarik perhatian YALSA dan membuat mereka merekomendasikan ini kepada para pembaca remaja. Berikut adalah daftar lengkap manga yang masuk dalam jajaran Novel Grafis Terbaik untuk Remaja.

Blue Flag

blue flag yalsa

Blue Flag merupakan sebuah manga bergenre romansa dan slice of life karya mangaka Kaito. Serial yang baru saja selesai pada April 2020 ini berkisah mengenai seorang pemuda bernama Taichi Ichinose yang menyukai teman sekelasnya bernama Futaba Kuze. Sayangnya, Futaba tidak merasakan hal yang sama—ia malah meminta tolong kepada Taichi untuk mendekatkannya kepada Toma, orang yang disukainya.

Dalam daftar yang disusun oleh YALSA, volume yang direkomendasikan untuk dibaca para pembaca usia remaja adalah volume pertama hingga kelima. Jika penasaran, kalian dapat membaca serial manga ini secara legal di situs Manga Plus milik Shueisha.

Blue Period

blue period yalsa

Serial manga karya Tsubasa Yamaguchi ini bercerita mengenai Yatora Yaguchi, seorang pemuda yang cerdas di sekolah, namun sering merasa frustrasi dan ada yang kurang dalam hidupnya. Pada suatu ketika, Yaguchi tertarik pada sebuah lukisan dan itu menginspirasinya untuk menjadi seorang pelukis handal.

Drifting Dragons

Drifting Dragons

Serial manga karya Taku Kuwabara ini berkisah mengenai petualangan kru Quin Zaza, salah satu dari beberapa kapal pengerukan terakhir di dunia yang masih beroperasi, dalam memburu dan mengolah naga. Drifting Dragons juga telah memperoleh adaptasi serial anime yang dirilis pada 2020 lalu.

The Golden Sheep

The Golden Sheep

The Golden Sheep merupakan sebuah serial manga bergenre slice of life yang digarap oleh Kaori Ozaki. Manga ini mengikuti kehidupan Tsugi Miikura, seorang gitaris remaja yang kembali ke kampung halamannya dan ingin menjalin kembali hubungan persahabatan dengan teman-teman masa kecilnya. Sayangnya, semuanya telah berubah.

Kaiju Girl Caramelise

Kaiju Girl Caramelise

Serial manga bergenre komedi romantis dan fiksi sains garapan Spica Aoki ini bercerita mengenai Kuroe Akaishi, seorang gadis remaja yang merupakan sesosok kaiju dan memiliki kondisi yang membuat bentuk tubuhnya terus berganti. Hal ini membuat Kuroe menjadi tidak percaya diri. Ketika tahu bahwa pemuda paling populer di sekolahnya, Arata Minami, menyukainya, Kuroe menjadi khawatir jika Arata tidak dapat menerima dirinya.

Omoi, Omoware, Furi, Furare

Omoi, Omoware, Furi, Furare

Serial manga dengan judul bahasa Inggris Love Me, Love Me Not ini merupakan manga shoujo garapan mangaka Io Sakisaka. Serial ini berkisah tentang Akari dan Yuna, sepasang sahabat yang memiliki persepsi masing-masing soal cinta. Nyatanya, pengalaman mereka masing-masing dalam hal romansa mengubah semua persepsi tersebut.

Shimanami Tasogare

Shimanami Tasogare

Shimanami Tasogare atau Our Dreams at Dusk merupakan sebuah serial manga yang digarap oleh Yuki Kamatani. Manga yang berfokus tentang kehidupan kelompok LGBT di Jepang ini berkisah mengenai Tasuku Kaname, seorang pemuda yang menyukai laki-laki, yang ingin bunuh diri setelah teman sekelasnya mengetahui rahasianya tersebut. Sebelum ia dapat melakukan hal tersebut, Kaname menemukan sebuah bangunan yang berisi orang-orang yang memiliki pergumulan yang sama dengannya. Dari situ, ia mulai berdiskusi dan perlahan mulai menerima dirinya sendiri.

Satoko and Nada (Vol.3)

Satoko and Nada (Vol.3)

Serial manga karya Yupechika ini berkisah mengenai persahabatan Satoko, seorang perempuan asal Jepang, dan Nada, seorang perempuan dari Saudi Arabia, yang menjalani hubungan persahabatan meskipun memiliki latar belakang yang berbeda. Dalam volume ketiga, Abdullah, suami masa depan Nada, berkunjung ke Amerika, tapi Nada tidak bertemu dengannya. Melihat hal ini, Satoko, yang berpikiran bahwa kebahagiaan Nada adalah kebahagiaannya juga, berusaha untuk mempertemukan mereka berdua.

Seven Little Sons of the Dragon

Seven Little Sons of the Dragon Yalsa

Serial manga karya Ryouko Kui ini berbeda dengan serial manga lainnya dalam daftar ini. Seven Little Sons of the Dragon merupakan manga berisi kumpulan tujuh cerita fantasi dari Kui.

Gokushufudou

Gokushufudou Yalsa

Siapa yang tidak tahu serial ini? Gokushufudou atau The Way of the Househusband menjadi serial manga Jepang yang populer karena humor yang ada dalam ceritanya masuk dalam daftar novel grafis terbaik menurut YALSA. Serial ini berkisah mengenai keseharian Tatsu, seorang mantan yakuza yang menjadi househusband atau bapak rumah tangga.

What The Font?! – A Manga Guide to Western Typeface

What The Font?! – A Manga Guide to Western Typeface Yalsa

What The Font?! – A Manga Guide to Western Typeface merupakan sebuah manga karya Kuniichi Ashiya yang berkisah mengenai berbagai personifikasi tipe jenis font yang biasa digunakan dalam komputer. Alkisah Marusu, seorang pegawai di bagian sales, ditugaskan untuk membuat sebuah logo setelah desainer originalnya menghilang. Marusu pun belajar dari para pegawai yang juga adalah personifikasi font atau jenis tulisan di komputer.

Witch Hat Atelier (Vol.4 – Vol.6)

Witch Hat Atelier Yalsa

Manga karya Kamome Shirahama ini berkisah mengenai petualangan Coco mengeksplorasi kekuatan sihirnya bersama dengan seorang penyihir ternama, Qifrey. Manga asal Jepang ini berhasil masuk dalam daftar novel grafis terbaik untuk remaja menurut YALSA. Dalam volume keempat hingga keenam, Coco dan murid-murid Qifrey yang lainnya mendapati bahwa ujian level dua mereka terganggu oleh sesosok monster misterius.

7 Foreshadowing Serial Shingeki no Kyojin Tanpa Kita Sadari!

Shingeki no Kyojin Foreshadowing, Attack on Titan Foreshadowing

Berbicara mengenai manga, serial Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan karya mangaka Hajime Isayama telah mendekati akhir cerita. Baik itu adaptasi manga dan anime, kedua adaptasi tersebut akan segera berakhir. Namun tanpa kita sadari, Hajime Isayama telah memberikan banyak sekali foreshadowing atau petunjuk tanpa kita sadari dan sering terlewat di manga dan anime Shingeki no Kyojin.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kalian bisa baca selengkapnya melalui artikel kami disini.

Lagu-Lagu Opening dan Ending Anime Terbaik Tahun 2020

Kurang lengkap rasanya jika kita membahas manga, tidak membahas anime. Pada tahun 2020 kemarin, sudah banyak anime yang dirilis, baik kelanjutan dari musim sebelumnya atau program terbaru. Setiap program anime pastinya memiliki daya tarik tersendiri, seperti lagu opening atau ending yang enak didengar.

Lagu opening dan ending anime apa yang menjadi terbaik dan favorit para penggemar di tahun 2020? Kalian bisa baca selengkapnya mengenai opening disini dan ending disini.

Nawala Karsa NK Kurio