Pada Rabu (23/12), situs resmi serial franchise Neon Genesis Evangelion mengumumkan bahwa film terakhir dari rangkaian film Rebuild of Evangelion, Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time, akan ditayangkan di berbagai bioskop IMAX di Jepang.

Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time Akan Dirilis di IMAX

Jadwal penayangan film ini di Jepang akan sama dengan perilisannya di bioskop biasa, yaitu pada 23 Januari 2021. Selain Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time, film sebelumnya dari serial Rebuild of Evangelion, Evangelion 3.0: You Can (Not) Redo, juga akan ditayangkan dalam format IMAX.

Berbeda dengan perilisan film terbarunya, film ini akan tayang di bioskop IMAX di Jepang dalam waktu terbatas, yaitu dari tanggal 8 Januari hingga 22 Januari 2021, sehari sebelum perilisan film Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time.

Sutradara dan Staf

Sama seperti film-film sebelumnya dalam rangkaian Rebuild of Evangelion, film anime Evangelion 3.0+1.0: Thrice Upon a Time masih disutraradai oleh Hideaki Anno dengan dua sineas lainnya, Kazuya Tsurumaki dan Katsuichi Nakayama. Film ini diproduksi oleh Studio Khara dan juga akan didistribusikan oleh Toho dan Toei Company.

Selain menjabat sebagai sutradara, kreator Evangelion, Hideaki Anno, juga menangani screenplay untuk film. Para staf lainnya yang terlibat dalam produksi film ini adalah Shirou Sagisu sebagai komposer musik, Toru Fukushi dalam bidang cinematography, dan Emi Tsujita sebagai editor.

Tentang Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time

tanggal film rebuild evangelion header

Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time merupakan film keempat dan terakhir dari rangkaian serial Rebuild of Evangelion. Produksi film ini sempat terhambat karena kendala pribadi dan juga proyek lainnya yang harus dikerjakan oleh kreator Evangelion, Hideaki Anno. Pada tahun 2015, Anno bahkan pernah mengatakan bahwa ia tidak bisa menggarap film lagi. Namun, pada akhirnya sutradara animasi Takeshi Honda menyatakan bahwa film ini telah memasuki tahap produksi.

Studio Khara kerap memberikan berbagai update mengenai proses produksi film yang satu ini. Setelah melalui proses yang panjang, rekaman dialog dan retake telah selesai pada 19 November 2020. Seluruh proses komposisi dan pengeditan sudah selesai dikerjakan pada 16 Desember 2020 dan sudah siap untuk ditampilkan di bioskop.

10 menit dan 40 detik pertama dari film Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time telah ditayangkan oleh Studio Khara di enam lokasi di Jepang dan tiga acara di luar negeri, yaitu di Japan Expo di Paris, Prancis, Anime Expo di Los Angeles, Amerika Serikat, dan sebuah acara bertema Evangelion di Distrik Jing’an, Shanghai, Tiongkok.

Pada beberapa waktu lalu, diumumkan bahwa penyanyi Hikaru Utada akan membawakan sebuah lagu berjudul “One Last Kiss” sebagai lagu tema untuk film Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time. Lagu tersebut akan dirilis pada 24 Januari 2021 mendatang secara digital dan nantinya akan dirilis dalam sebuah extended play (EP) bersama dengan soundtrack lainnya dari Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time pada 27 Januari 2021.

Pada awalnya, film anime Evangelion 3.0 + 1.0: Thrice Upon a Time direncanakan untuk tayang pada 27 Juni 2020. Sayangnya, perilisan film ini harus ditunda karena penyebaran kasus COVID-19 di Jepang. Sebagai gantinya, film ini akan segera tayang pada tanggal 23 Januari 2021.

Nawala Karsa NK Kurio