Pameran Komikus Gegege no Kitaro Resmi Akan Digelar di Tokyo, Seserem Apa Nih?

Matias Arvino Andrhasa
Parade Yokai Tokyo
“Betobeto-san” © 水木プロダクション (Mizuki Productions)

Mengutip dari siaran pers Mori Building via SoraNews24, Mangaka Gegege no Kitaro, Shigeru Mizuki akan mendapatkan sebuah parade yokai di Roppongi Hills, Jepang. Parade yokai atau parade hantu-hantu Jepang ini akan hadir pada musim panas 2022 mendatang.

Jepang memiliki sejarah panjang dalam membuat seni dari yokai, hantu dan monster yang masyarakat yakini bersembunyi di balik bayang-bayang. Namun, mungkin contoh seni yokai modern yang paling terkenal adalah garapan mendiang Shigeru Mizuki.

Dengan manga Gegege no Kitaro, yang menghadirkan yokai telah berpengaruh dalam banyak cara yang tidak biasa. Mizuki terkenal sebagai master yokai moderen dan terkenang karena gaya seninya yang aneh dan imut.

2022 menandai 100 tahun sejak kelahiran Mizuki, dan seni yokai-nya akan terabadikan dengan pameran khusus di lantai 52 Roppongi Hills Mori Tower, ruang yang terkenal sebagai Tokyo City View.

Pameran yokai Tokyo ini bertajuk “Yokai Karya Shigeru Mizuki: Prosesi Monster Malam Hari ~Inilah Bagaimana Monster Lahir~“. Pameran akan buka pada Jumat (8/7) hingga Minggu (4/9) tahun ini, sepanjang musim “kisah seram” (di Jepang, biasanya ada di musim panas).

Parade Yokai Tokyo, Hadirkan Beragam Yokai Terkenal!

Parade Yokai Tokyo
Beberapa Yokai yang jadi sorotan | ©水木プロダクション (Mizuki Productions)

Pameran parade yokai di Tokyo Ini akan menjadi pameran skala besar pertama karya Mizuki. Sesuai dengan namanya, pameran ini akan menampilkan sejumlah besar yokai yang hadir di lebih dari 100 karya aslinya. Termasuk karakter dari Gegege no Kitaro.

Mulai dari Nurikabe, yokai berbentuk dinding. gambar asli yokai seperti Bakezori, yokai yang berasal dari sandal tua yang sudah usang. Okamuro, yokai besar yang lahir dari kucing yang suka menakut-nakuti manusia, juga akan hadir.

Selain karya seni Mizuki, literatur yokai berharga milik Mizuki sendiri akan tampil untuk pertama kalinya. Termasuk buku seni yokai dan cerita rakyat terkenal.

Salah satunya yang terkenal sebagai gambaran “Parade Malam Ratusan Iblis” (Gazu Hyakki Yagyo) di era Edo seniman ukiyo-e Sekien Toriyama. Serta “Keputusasaan terhadap yokai” (yokai Dangi), oleh bapak studi cerita rakyat Jepang, Kunio Yanagita.

Informasi Pameran

Parade Yokai Tokyo
Poster visual dari Pameran Yokai ini | © 水木プロダクション (Mizuki Productions)

Ruang pameran itu sendiri akan tertata menjadi bertemakan yokai, dan mereka juga merencanakan acara khusus seperti tur malam berpemandu dan lokakarya ensiklopedia yokai anak-anak. J

ika Kalian penggemar Shigeru Mizuki, seni yokai, atau cerita rakyat Jepang, tentu yang satu ini jangan sampai terlewat.

Tiket masuk umum memiliki banderol seharga 2.200 yen (Sekitar Rp.250.000), tetapi Kalian dapat menghemat uang dengan memesan sebelumnya atau dengan membeli paket pasangan, yang tersedia sekarang hingga Kamis (7/7).

Memang karya Shigeru Mizuki ini termasuk dalam seni yokai moderen. Apakah dari NawaReaders ada yang ingin mencoba mengunjungi pameran parade yokai ini di Tokyo? Kalau memang suka dengan hal berbau horor dan misteri wajib banget untuk melirik satu ini!