Chainsaw Man dan 6 Manga Lainnya Dapat Shogakukan Manga Awards ke-66

Nadia Theresa Johari

Pada Selasa (19/1), komite juri dari ajang penghargaan Shogakukan Manga Awards telah mengumumkan judul-judul manga yang menjadi pemenang tahun ini.

Manga apa saja yang mendapat penghargaan Shogakukan Awards?

Sejumlah judul manga yang menjadi pemenang dalam beragam kategori dalam gelaran ini masing-masing akan mendapatkan sebuah patung kecil dari perunggu dan uang tunai sejumlah 1 juta yen.

Tiap-tiap kategori memiliki dua pemenang, terkecuali untuk kategori Best Shoujo Manga. Adapun beberapa judul manga yang memenangkan Shogakukan Manga Awards merupakan manga yang sudah dikenal banyak kalangan, antara lain Chocolat no Mahou (The Magic of Chocolate), Teasing Master Takagi-san, dan Chainsaw Man.

Berikut adalah daftar manga pemenang Shogakukan Manga Awards ke-66.

Duel Masters

shogakukan manga awards

Serial manga Duel Masters menjadi pemenang Shogakukan Manga Awards dalam kategori Best Children’s Manga. Manga ini digarap oleh Shigenobu Matsumoto dan diserialisasikan dalam majalah manga CoroCoro Comic pada tahun 1999 hingga 2005.

Duel Masters bercerita mengenai perjalanan Shobu Kirifuda, seorang anak laki-laki yang sering bertanding dalam permainan kartu Duel Masters agar bisa menjadi pemain yang hebat seperti ayahnya.

Chocolat no Mahou

shogakukan manga awards

Manga dengan nama lain The Magic of Chocolate ini juga menjadi pemenang Best Children’s Manga dalam ajang penghargaan ini. Serial bergenre dark fantasy dan horor ini merupakan karya mangaka Rino Mizuho dan diserialisasikan dalam majalah manga Ciao.

Serial ini berkisah mengenai Chocolat Aikawa, seorang gadis yang juga menjadi seorang pembuat cokelat. Cokelat buatannya memang dapat mewujudkan impian orang yang memakannya, namun Chocolat harus mengambil sesuatu yang berharga dari mereka.

Teasing Master Takagi-san

shogakukan manga awards

Dalam kategori Best Shounen Manga, salah satu pemenangnya adalah Teasing Master Takagi-san atau Karakai Jouzu Takagi-san. Serial manga karya Souichirou Yamamoto ini diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shounen Sunday.

Serial ini berkisah mengenai keseharian Nishikata, seorang pemuda yang selalu menjadi korban keisengan teman sekelasnya yang bernama Takagi.

Chainsaw Man

shogakukan manga awards

Manga berikutnya yang menjadi pemenang dalam kategori Best Shounen Manga adalah Chainsaw Man karya Tatsuki Fujimoto.

Serial manga yang diterbitkan dalam Weekly Shonen Jump ini berkisah mengenai Denji, seorang pemuda yang menjadi manusia setengah iblis setelah dirinya hampir terbunuh dalam sebuah misi. Karena itu, Denji direkrut untuk menjadi anggota sebuah organisasi pemerang iblis agar ia tidak menjadi buronan dan dibunuh.

Yuzuki-san Chi no Yon Kyodai

shogakukan manga awards

Yuzuki-sanchi no Yon Kyodai menjadi satu-satunya judul manga yang memenangkan penghargaan Best Shoujo Manga dalam Shogakukan Manga Awards ke-66.

Serial manga ini digarap oleh Shizuki Fujisawa dan diserialisasikan dalam majalah Betsucomi. Sesuai dengan judulnya, manga ini berkisah mengenai keseharian empat kakak beradik laki-laki dalam keluarga Yuzuki.

Dead Dead Demon Dededededestruction

shogakukan manga awards

Manga karya Inio Asano yang satu ini menjadi salah satu pemenang Shogakukan Manga Awards dalam kategori Best General Manga atau manga untuk pembaca dari segala usia.

Judul yang diserialisasikan dalam majalah Weekly Comic Big Spirits ini bercerita mengenai Kadode dan Ouran, dua siswi SMA yang menjalani kehidupan biasa, bahkan setelah alien mendatangi Tokyo dan tinggal di sana.

Hakozume: Kouban Joshi no Gyakushuu

shogakukan manga awards

Serial dengan nama lain Hakozume: A Police Box Woman’s Counterattack menjadi manga selanjutnya yang memenangkan kategori Best General Manga.

Manga ini merupakan karya dari mangaka Miko Yasu dan diserialisasikan dalam majalah manga Morning. Hakozume berkisah mengenai Kawai, seorang perempuan yang baru saja menjadi polisi, dan Fujibe, instruktur Kawai dan juga seorang polisi wanita senior.

Selamat kepada ketujuh judul yang memenangkan Shogakukan Manga Awards ke-66 pada tahun 2021! Apakah kalian melihat manga favorit kalian di sini?