Top 20 Anime Terbaik Sepanjang Masa Versi Netizen Jepang, Ada Favorit Kalian?

Matias Arvino Andrhasa
20 anime terbaik sepanjang masa

Setiap tahun dan setiap musim banyak sekali Anime yang dirilis, entah berupa serial animasi, film ataupun TV short. Anime-anime ini juga terdiri dari berbagai macam genre seperti komedi, aksi ataupun romansa serta disajikan untuk banyak kalangan dari anak hingga semua umur.

Dilansir dari situs Everyone’s Ranking, pada 27 November 2021, situs ini mengadakan poling kepada warganet di jepang sana yang bertemakan tentang Ranking popularitas Anime ‘Dewa’.

Anime “Dewa”, apa maksudnya? Menurut situs “Everyone’s Ranking”, mereka menyebutkan kalau di antara banyak anime yang telah rilis itu, tentu ada mahakarya diantara itu semua.

Contoh mahakarya tersebut seperti seberapa animasi tersebut bisa dikenal secara luas, lalu seberapa baik penulisan cerita, visual yang menarik dan indah, seberapa unik tokoh yang ada di sana, juga perkembangan animasi dan cerita yang membuat orang betah menontonnya, termasuk seberapa besar dampak suatu scenario hingga sering dibicarakan orang di internet.

Tanpa berlama-lama NawaReaders bisa melihat Top 20 Ranking anime “dewa” alias yang terbaik sepanjang masa yang dikutip dari situs Everyone’s Ranking, sebagai berikut :

  • Demon Slayer (Kimetsu no Yaiba)
  • My Teen Romantic Comedy is Wrong (OreGairu)
  • Natsume Yuujinchou
  • Give Blessing to This Wonderful World (KonoSuba)
  • Clannad ~After Story~
  • Hunter x Hunter (2011, Madhouse Version)
  • Psycho Pass
  • My Hero Academia (Boku no Hero Academia / HeroAca)
  • Bakemonogatari
  • Sword Art Online
  • Neon Genesis Evangelion
  • Haikyuu!!
  • Re : Life in Different World from Zero (Re:Zero)
  • A Place Further than the Universe
  • Puella Magi Madoka Magica
  • Gintama

Gin Tama
©空知英秋/集英社・テレビ東京・電通・BNP・アニプレックス

Siapa sih yang tidak mengenal Gintama? Salah satu anime komedi yang bercerita tentang keseharian Gintoki dan anggota satu grup yang sangat absurd, selain terkenal anime ini dapat mengocok perlu NawaReaders sekalian.

Namun jangan dianggap remeh, biarpun anime komedi, Gintama juga sering memparodikan banyak macam anime dan banyak macam hal yang terjadi di jepang sana. Gintama juga memiliki total episode sebanyak 300 lebih dan 3 film layar lebar.

  • Violet Evergarden

violet evergarden
©暁佳奈・京都アニメーション/ヴァイオレット・エヴァーガーデン製作委員会

Violet Evergarden adalah anime yang bercerita tentang Violet yang mantan prajurit perang, dikala perang usai, dia harus mencari “kehidupan baru” sebagai seorang penulis surat dari surat itulah Violet belajar bagaimana caranya “menjadi manusia”.

Anime garapan Kyoto Animation ini benar-benar digarap dengan sangat indah, NawaReader akan merasakan bagaimana perkembangan Violet memahami apa itu cinta. Kalau mau nonton, siapin tisu ya sebab ini bisa menguras air mata NawaReaders sekalian.

  • Attack On Titan (Shingeki no Kyojin)

attack on titan anime terbaik sepanjang masa
©諫山創・講談社/「進撃の巨人」The Final Season製作委員会

Attack on Titan atau yang biasa dikenal Shingeki no Kyojin ini berasal dari Manga dengan judul yang sama ini adalah karya Hajime Isayama.

Bercerita dimana dunia dimana Eren dan kawan-kawan tinggal dikepung oleh para Titan yang memangsa manusia, Namun realita berkata lain di saat Eren mengetahui ada rahasia gelap yang disimpan oleh Ayahnya selama ini.

Anime ini sarat akan makna tentang betapa pentingnya sebuah komunikasi dan keterbukaan, selain itu kita juga disuguhkan dengan betapa mantapnya ketegangan dan adegan dalam pertempuran di anime ini.

  • STEINS; GATE

steins;gate anime terbaik sepanjang masa
©2009-2013 MAGES./5pb./Nitroplus ©角川書店

Anime Steins; Gate ini awalnya diadaptasi dari sebuah gim visual novel dengan judul yang sama. Bercerita tentang profesor gila Rintarou Okabe yang menciptakan alat yang mampu membawanya melintasi waktu, ternyata hal ini tidak berjalan mulus yang dia kira karena terdapat serangkaian misteri yang terjadi di belakang Rintarou.

Animasi ini bergenre drama, psikologikal dan misteri. Buat NawaReader yang ingin menonton ini, siapkan mata dan pikiran NawaReaders sekalian, karena akan sangat menguras pikiran tapi sangat memuaskan jika bisa memahami ceritanya.

  • Code Geass Lelouch of the Rebellion

Code Geass anime terbaik sepanjang masa
©SUNRISE/PROJECT GEASS・MBS

Siapa yang sangka kalau Anime bergenre mecha bisa menjadi pilihan warganet Jepang sebagai 1 dari 20 anime paling terbaik sepanjang masa? Tapi memang anime ini tidak bisa dipandang sebelah mata, sebab selain pertempuran antara para prajurit terdapat isu politik yang sangat kuat hingga konspirasi di dalam kerjaan di sana.

Bercerita dimana di tahun 2010, Jepang diinvasi oleh Kerajaan Britania Raya (Inggris) hingga mengganti nama Jepang dengan Area 11. Rakyat Jepang tidak menerima dengan hal ini dan melakukan perlawanan balik.

Lelouch yang awalnya seorang siswa Inggris biasa, bertemu dengan C.C yang kemudian memberikan dia kekuatan spesial. Lelouch akhirnya menyadari kalau dia bisa merubah nasib dirinya sendiri dengan kekuatan baru ini.

Apakah NawaReaders setuju dengan daftar 20 anime terbaik menurut warganet Jepang satu ini? Adakah barangkali animasi favorit NawaReaders di list ini?


Penulis: Matias Arvino