Beranda » Berita Jepang » Olimpiade Tokyo 2021 Terancam Batal Imbas Pandemi COVID-19

Olimpiade Tokyo 2021 Terancam Batal Imbas Pandemi COVID-19

Jika pandemi berlanjut hingga tahun depan, Olimpiade Tokyo 2021 akan menjadi pengganti Tokyo 2020 yang ditunda. Namun nampaknya akan mengalami pembatalan juga.

Kabar tidak sedap datang dari persiapan Olimpiade Tokyo. Jika Tokyo 2021 dinyatakan tidak bisa dipersiapkan sesuai jadwal setelah Tokyo 2020 batal, maka olimpiade itu akan dibatalkan juga secara sepihak dikarenakan pandemi COVID-19. Kenapa bisa begitu? Yuk, kita cari tahu bersama!

Olimpiade Tokyo 2021 Bisa Batal!

Olimpiade Tokyo 2021 terancam batal COVID-19 Virus Corona

Hal ini disampaikan oleh Yoshiro Mori, Presiden Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo. Dia mengatakan bahwa olimpiade Tokyo akan dibatalkan jika tidak jadi dilaksanakan. Dikutip dari surat kabar Nikkan Sports 28 April lalu, Ia mengatakan bahwa olimpiade Tokyo yang mestinya dilaksanakan pada tahun depan tidak bisa ditunda lagi.

Mori juga menambahkan bahwa beberapa alasan event olahraga terbesar di dunia dapat dibatalkan dibelakangi oleh sebab yang menghalangi dimulainya event tersebut.

“Misalnya, jika terjadi perang yang sedang berkecamuk di wilayahnya,” kata Mori.

Namun, Ia berpendapat bahwa olimpiade Tokyo ini memiliki nilai lebih daripada acara olimpiade sebelumnya. Hal ini sangat diperkuat jika Jepang telah mengatasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung di beberapa prefekturnya.

“Bagi Saya, kejadian ini merupakan ujian terbesar bagi umat manusia, bukan cuma di Jepang tapi di seluruh dunia,” ujar Mori.

“Kerugian penundaan Olimpiade Tokyo akan ditalangi IOC”

Mori mengaku bahwa beberapa biaya tambahan atas penundaan tersebut sedang ditinjau kembali. Ia mengatakan bahwa pihak Komite Olimpiade Internasional (IOC) akan menyetujui untuk membantu pembiayaan ganti rugi tersebut.

“Ketua komite mengatakan hal tersebut secara kapasitas pribadi.

Kami telah menciptakan garis besar dan perencanaan untuk menangani pandemi COVID-19 ini dengan komite IOC.

Kami juga akan terus berkolaborasi secara penuh dengan pihak Jepang, dan tentunya melibatkan peran WHO untuk hal tersebut,” kata juru bicara perwakilan komite IOC, Masa Takaya, mengonfirmasikan hal tersebut.

Olimpiade Semestinya Digelar Tahun Ini!

olimpiade tokyo 2021 stadion

Olimpiade Tokyo pada awalnya dijadwalkan berlangsung antara 24 Juli hingga 9 Agustus 2020 ini. Event ini disusul oleh paralimpiade yang digelar pada 25 Agustus sampai 6 September. Tanggal baru untuk olimpiade musim panas 2021 ditentukan pada 23 Juli hingga 8 Agustus, dan 24 Agustus sampai 5 September untuk paralimpiade tahun depan.

Jadwal diatas disetujui oleh pihak penyelenggara olimpiade Tokyo, yaitu IOC, komite organisasi Tokyo Games dan pemerintah Jepang dan kota Tokyo.

Loading...