Beranda » Anime & Manga Jepang » Doraemon dan Nobita Kampanye “STAY HOME” Cegah Virus Corona

Doraemon dan Nobita Kampanye “STAY HOME” Cegah Virus Corona

Menyambut Hari Anak Jepang, Asahi Shimbun memuat kampanye Stay Home dari Doraemon, untuk meneladani Nobita di kala pandemi Covid-19.

Di tengah maraknya kasus virus corona di Jepang, banyak kampanye berjenis STAY HOME yang mengajak masyarakat diam di rumah saja, tak terkecuali Doraemon dan Nobita. Mereka punya cara unik untuk menasehati rakyat Jepang akan hal tersebut.

Doraemon: “Teladani Nobita, tetap STAY HOME”

doraemon stay home nobita

Asahi Shimbun pagi tadi memuat sebuah pesan dari Fujiko Production tentang kehidupan Doraemon dan Nobita. Gambar poster tersebut mengajak kepada semua pembaca, terutama anak-anak, untuk tetap di rumah demi masa depan yang lebih baik. Surat kabar yang terbit hari ini bertepatan dengan Hari Anak Jepang, yang juga termasuk beberapa hari libur Jepang pada deretan Golden Week.

Tersisip juga satu ungkapan yang tertulis dalam gambar tersebut, apa isinya?

Hari ini adalah Hari Anak Jepang

Kamu ingin sekali bermain diluar

Dan ingin ketemu keluargamu

Tapi, baiknya di rumah saja dulu

Dengan itu saja, kamu bisa selamatkan

Orang-orang yang kamu sayangi, bahkan dunia ini.

Jika Giant punya hobi bermain bisbol

Dan Suneo yang bermain radio kontrol

Mari kita bersantai

Seperti Nobita.

Beberapa Poster Doraemon Stay Home Bisa Diunduh Gratis!

doraemon stay home wallpaper

Fujiko Pro juga memberitahu kepada pengunjung situsnya bahwa mereka merilis beberapa gambar untuk digunakan oleh netizen. Tiga gambar tersebut diunggah ke situs Doraemon Channel, satu untuk hiasan wallpaper untuk komputer, satu untuk video call, dan satu lagu untuk ponsel. Semua wallpaper ini dapat diunduh dan tidak dipungut biaya.

Merupakan Bagian Kampanye Doraemon Cegah Penyebaran Virus Corona

doraemon stay home pesan

Selain poster Doraemon dan Nobita diatas, beberapa figura lainnya diproduksi oleh Fujiko Production dimuat untuk khalayak umum. Termasuk kampanye ala Doraemon di atas, ini adalah upaya untuk menarik perhatian masyarakat tentang pentingnya karantina diri dan beberapa langkah untuk melindungi diri dari pandemi Covid-19.

Dalam rangka Golden Week, Fujiko Production memuat gambar-gambar Doraemon untuk pembaca Asahi Shimbun mulai 29 April. Salah satu nasehatnya merupakan pentingnya bungkus makanan di restoran ketimbang makan langsung, dan selalu memakai masker ketika berpergian.

Kampanye tersebut berlangsung selama Golden Week dan ditargetkan kepada khalayak masyarakat Jepang, terutama di beberapa wilayah terdampak. Poster yang termuat diatas pun diterjemahkan ke beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Beberapa pun dapat dibeli oleh masyarakat secara online untuk ditempel di depan pintu rumah untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pengantar barang ke rumah. Hal ini merupakan bentuk apresiasi kepada para pekerja pengirim barang yang telah bekerja di masa sulit seperti sekarang.

Gerakan tersebut sempat viral di media sosial Twitter hari ini, ketika Hari Anak Jepang sedang berlangsung. Beberapa netizen memuji sekaligus nostalgia momen dari komik Doraemon, yang memang sudah menjadi ikon budaya pop utama bagi masyarakat Jepang pada umumnya.

Loading...