Beranda » Opini » 5 Rekomendasi Film Indie yang Akan Menemanimu Saat Masa Karantina

5 Rekomendasi Film Indie yang Akan Menemanimu Saat Masa Karantina

Sudah bosan di rumah? Nawala Karsa punya daftar rekomendasi film-film indie yang dapat mengurangi rasa bosanmu selama #DiRumahAja!

Sudah beberapa waktu sejak pertama kali PSBB ditetapkan oleh pemerintah, dan kira-kira sudah dua bulan lamanya orang-orang bekerja dan singgah di rumah saja. Keadaan seperti ini kadang-kadang membuat orang menjadi bosan dan bingung. Bahkan banyak yang tidak tahu harus melakukan apa. Nah, Nawala Karsa punya beberapa daftar rekomendasi film indie yang bisa mengiburmu selama masa karantina.

Ingin tahu film indie apa saja yang menjadi rekomendasi dari kami? Yuk, kita cari tahu bersama!

Whiplash (2014)

rekomendasi film indie whiplash

Sebelum film La La Land rilis, sutradara Damien Chazelle telah terlebih dahulu menciptakan dan menggarap sebuah film musikal yang juga tak kalah bagusnya, yaitu Whiplash.

Film ini berkisah mengenai Andrew Neiman (Miles Teller), seorang mahasiswa akademi musik yang bercita-cita menjadi seorang drummer jazz kelas dunia, dan Terrence Fletcher seorang konduktor yang bersifat keras dan selalu menganggap cara Andrew menabuh drum tidak sesuai standarnya.

Selain ceritanya, daya tarik lainnya dari film ini adalah musiknya. Penonton bisa mengenal dan mengeksplorasi berbagai jenis musik jazz melalui lagu-lagu yang dimainkan Andrew dan kru band Fletcher. Buat kalian yang suka atau penasaran dengan musik jazz, atau bahkan ingin mencari film drama dengan kualitas aktor yang mumpuni, film ini cocok untuk ditonton.

Chef (2014)

rekomendasi film indie chef 2017
Film yang seringkali dinilai sebagai kritik sutradaranya terhadap industri perfilman ini berkisah tentang Carl (Jon Favreau), seorang koki yang merasa bosan dengan makanan yang ia buat. Pemilik restoran tempat ia bekerja lebih menyukai menu “tradisional” yang sudah tersedia di restoran tersebut.

Hal ini tidak memberikan ruang bagi Carl untuk berkreasi dan menciptakan menu makanan baru. Karena ia merasa tidak cocok lagi dengan restoran tersebut, Carl pun memutuskan untuk keluar. Bersama asistennya, Tony, dan anaknya, Percy, Carl pun memulai usaha food truck dan menjual makanan khas Kuba.

Buat para pencinta film dan makanan, Chef sayang untuk dilewatkan. Makanan yang ditampilkan dalam film ini akan menggoda selera para penonton dan cerita dalam film ini juga sangat bagus karena selain seru. Film ini juga menyisipkan sejumlah pesan moral yang bermanfaat.

Lady Bird (2017)

Lady Bird merupakan film independen yang terkenal sejak pertama kali dirilis pada tahun 2017 karena ini merupakan salah satu film independen terbaik yang ceritanya ditulis dan disutradarai oleh seorang wanita, yaitu Greta Gerwig.

Film bergenre coming of age ini mengisahkan suka-duka kehidupan Christine “Lady Bird” McPherson (Saoirse Ronan), seorang gadis remaja biasa yang ingin bebas, terlepas dari lingkungannya yang cenderung konservatif.

Film ini tidak memiliki plot khusus dan hanya menceritakan sejumlah polemik kehidupan Lady Bird dari masa-masa remaja labilnya di California hingga saat ia beranjak dewasa dan berkuliah di New York pada akhirnya.

Room (2015)


Room merupakan film yang diangkat dari buku berjudul sama oleh Emma Donoghue. Baik film dan bukunya mendapat banyak ulasan bagus dari para kritikus, serta meraih berbagai penghargaan. Room juga dipuji karena ikut meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu pelecehan seksual dan kekerasan yang marak terjadi dalam masyarakat.

Film ini berkisah mengenai sepasang ibu dan anak, Joy “Ma” Newsome (Brie Larson) dan Jack (Jason Tremblay), yang telah dikurung selama bertahun-tahun oleh seseorang bernama Old Nick (Sean Bridgers) dalam sebuah ruangan sempit yang hanya diberi nama “Room”. Sembari menjalani kehidupan di sana, keduanya ingin bisa segera bebas dari Old Nick dan mereka pun kerap berusaha untuk dapat kabur dari ruangan itu.

Moonrise Kingdom (2012)

rekomendasi film indie moonrise kingdom
Wes Anderson adalah seorang sutradara yang terkenal karena warna pastel dan karakter-karakter yang quirky yang muncul dalam film-filmnya. Gaya ini telah menjadi ciri khas Wes. Meski begitu, hal itulah yang membuat film-filmnya terkenal dan dirinya dikenal dalam industri film dunia. Moonrise Kingdom merupakan salah satu karya Wes yang terkenal dan satu-satunya film karyanya yang memiliki tokoh utama anak-anak.

Moonrise Kingdom mengisahkan hubungan dua remaja berusia 12 tahun bernama Sam Shakusky (Jared Gilman) dan Suzy Bishop (Kara Hayward) yang sudah lama menjadi sahabat pena dan ingin segera bertemu.

Demi dapat bertemu, Sam harus kabur dari perkemahan musim panasnya. Dan Suzy harus kabur dari rumahnya pula agar tidak ketahuan bahwa ia pergi dengan sahabat penanya. Ketika mereka berhasil melarikan diri dan bertemu, semua orang di lingkungan mereka masing-masing kewalahan mencari mereka berdua. Bisakah Sam dan Suzy ditemukan?

Itulah beberapa rekomendasi film indie yang bisa menemani kalian selama di rumah. Semoga rekomendasi ini bisa membantu kalian mencari tontonan film buat menghibur kalian selama masa karantina ini.

Loading...