Nenek ini Menghabiskan Masa Hidupnya Dirawat Oleh Alexa

nenek dirawat alexa

Seorang nenek asal Michigan, Amerika Serikat ini menghabiskan sisa masa hidupnya dirawat oleh Alexa setelah mengeluh kesakitan di sekujur tubuhnya. Sebelumnya sang nenek sempat dirawat di panti jompo selama 10 tahun lamanya. Hingga pada tahun ini, nenek malang itu meninggal dunia akibat virus Corona setelah berusaha meminta pertolongan dari Alexa.

Bagaimana kisah malang nenek ini yang menghabiskan masa hidupnya dirawat oleh Alexa? kita simak laporannya di bawah ini.

Meminta Pertolongan Alexa Karena Sakit Di Sekujur Tubuh

Dilansir dari Buzzfeed News, LouAnn Dagen, nenek berusia 66 tahun, telah dirawat di Michigan nursing home selama 10 tahun akibat stroke. Selain stroke, LouAnn juga didiagnosa terkena diabetes dan hipertensi. Pada tahun 2018, LouAnn ditemani Echo Show dari Amazon, yang membuatnya lebih menyukai musik dan game di gadget itu. Adiknya, Penny Dagen, mengatakan alat itu sudah seperti sahabat sendiri.

Hingga beberapa hari yang lalu, LouAnn mengeluhkan kesakitan di sekujur tubuhnya dan meminta pertolongan dari alat itu melalui Alexa. Sebelum kematiannya, LouAnn membuat 4o rekaman dari Alexa untuk meminta tolong dan petunjuk untuk mendapatkan perawatan medis. Rekaman tersebut diambil oleh adiknya dan berisikan seperti berikut:

“Alexa tolong aku,” Kata LouAnn pada Alexa,”aku kesakitan, saya perlu bantuan untuk menghilangkannya.”

“Bisakah kau membantuku meredakan rasa sakit ini?”

“Bagaimana saya bisa menuju ke kantor polisi terdekat?” Alexa pun memberikan petunjuk jalan menuju ke kantor polisi terdekat.

Meninggal Akibat Virus Corona

Pada hari Sabtu lalu, LouAnn dinyatakan meninggal dunia akibat virus Corona yang menyerangnya. Dirinya sempat dirawat di Rumah Sakit sebelum menghembuskan nafas terakhirnya akibat kadar oksigen dan tekanan darahnya yang rendah. Penny, mengaku dirinya merasa sedih setelah mendapatkan rekaman dari Alexa karena tidak bisa berbuat apa-apa.

Sebelumnya, LouAnn sempat didiagnosa positif COVID-19 karena nafasnya yang pendek. Namun, pihak panti jompo tidak merekomendasikan LouAnn untuk dirawat di rumah sakit karena masih memiliki gejala ringan. Padahal nenek itu telah dirawat dengan intensif oleh pihak panti jompo dan mendapatkan perhatian yang cukup. Namun karena tidak ditangani oleh pihak medis dengan cepat, nyawanya tak tertolong.

Alexa Menjadi Penolong Serta Penyemangat Hidup Sang Nenek

Semenjak 2 tahun terakhir, LouAnn sering berkomunikasi dengan adiknya melalui perangkat AI Alexa Echo Show. Adiknya juga mengaku kalau jika tidak ada Alexa, mungkin harapan hidup LouAnn sudah menghilang 2 tahun yang lalu. Dan jika bukan karena Alexa, mungkin saja kondisi nenek itu akan semakin memburuk dan membuat petugas medis kewalahan.

Alexa adalah virtual Assistant AI yang dikembangkan oleh Amazon dan telah digunakan di beberapa produk gadget-nya. Pada tahun 2017, Alexa dimasukan ke gadget Echo Show dan hingga kini telah dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.