Memperkenalkan Moxie, si Robot Sosial Pintar Untuk Anak

moxie robot sosial anak

Perusahaan startup di bidang robotik, Embodied, berhasil membuat terobosan terbaru dalam dunia robotik. Perusahaan ini berhasil menciptakan robot sosial yang sangat canggih dan tentunya berbeda dengan yang lainnya. Moxie, si robot sosial pintar ini diciptakan kusus untuk anak, terutama untuk mengembangkan skill sosial di masa dini.

Selain untuk menemani sang buah hati, Moxie dirancang khusus untuk mengajarkan kemampuan social-emotional anak saat melakukan interaksi sosial.

Moxie, Robot Sosial Canggih dan Pintar untuk Anak

Seperti yang dilansir oleh ieee, kemarin, Embodied telah menciptakan robot sosial pintar Moxie untuk anak. Robot dengan desain yang cukup simple ini diciptakan untuk melatih kemampuan social-emotional anak. Mengingat anak pada umur yang masih muda masih mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi sosial.

Menurut Embodied, Moxie didesain untuk mengembangkan kemampuan sosial, emosi, serta kognitif anak melalui sistem game unik yang diterapkannya. Selain itu, Moxie juga bisa mengajarkan ke-3 hal tersebut melalui sebuah konten-konten menarik yang telah disiapkan.

Pendamping Anak yang Super Canggih

Berbeda dari robot sosial lainnya, Moxie memiliki teknologi AI yang sangat canggih yang mampu melakukan percakapan layaknya orang biasa. Robot ini dilengkapi dengan kamera kecil dengan teknologi face recognition untuk mengikuti gerakan mata anak. Selain itu, Moxie juga dilengkapi dengan monitor di wajahnya untuk melakukan ekspresi wajah, teknologi robot yang pertama kali diciptakan.

Cara kerja robot ini untuk mengasah kemampuan sosial anak yaitu melalui sebuah percakapan kecil sehari-hari. Dari video promosi yang dirilis oleh Embodied, terlihat bahwa ilustrasi dari Moxie yang mengajari sang anak untuk berinteraksi melalui percakapan serta games seru.

Robot Moxie Mampu Mengembangkan Skill Sosial untuk Kids Zaman Now

 

Embodied menambahkan bahwa anak-anak muda jaman sekarang sangat mudah sekali beradaptasi dengan teknologi. Sehingga dengan adanya robot ini, Embodied berharap anak tidak hanya mampu memahami teknologi, tapi juga pandai dalam mengasah kemampuan sosial. Diharapkan juga anak setidaknya akan berinteraksi dengan Moxie minimal sehari untuk 15 hingga 20 menit saja.

Ditargetkan bahwa anak mau berinteraksi sebanyak 3 – 5 kali seminggu untuk hasil yang sempurna. Moxie juga akan selalu mengupdate konten terbarunya tiap hari, sehingga anak tak akan mudah bosan. Embodied telah bekerjasama dengan 20 orang professional yang terutama adalah ahli neurologi, psokologi dan perkembangan anak.

Moxie juga dilengkapi dengan teknik yang mampu mengubah percakapan menjadi sebuah cerita pendek yang menarik. Robot ini juga mampu beradaptasi dengan topik pembicaraan anak, sehingga percakapan sosial akan menjadi terasa asik dan menyenangkan.

Keamanan Informasi Pribadi yang Terjamin!

Tentu saja robot canggih seperti Moxie keamanannya terjamin aman dari tangan-tangan nakal. Data-data yang diterima Moxie akan otomatis diproses di dalam robot itu sendiri, sementara gambar kamera akan tersimpan melalui sebuah cloud khusus. Cloud pribadi ini akan dipengang oleh orang tua, sehingga Embodied juga tidak akan tahu dari mana data itu berasal.

Rencananya Moxie akan dirilis untuk anak berumur 6 – 9 tahun dan akan dipasarkan secara global pada bulan Oktober mendatang. Perlu diingat bahwa Moxie bukanlah sekedar mainan robot-robotan, melainkan sebuah alat pembantu untuk anak yang ingin belajar sosial. Robot sosial Moxie akan dibanderol dengan harga 1500 US Dollar atau sekitar 23 Juta Rupiah.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.