Ilmuwan Iran Ciptakan Ventilator Sederhana, Mudah Diproduksi

Ilmuwan Asal Iran Ciptakan Ventilator Sederhana untuk pasien covid 19

Seorang ilmuwan asal Iran berhasil ciptakan alat ventilator yang sederhana dan murah. Hadi Moradi, professor dari University of Tehran’s School of Electrical & Computer Engineering, berhasil ciptakan ventilator yang dapat mudah diproduksi dengan cepat untuk penderita COVID-19. Selain bahannya yang tidak sulit untuk dicari, alat ini juga tidak terlalu complex dan harganya pun sangat terjangkau.

Kira-kira, seperti apa ya ventilator sederhana yang di ciptakan oleh ilmuwan asal Iran ini? yuk kita lihat laporan selengkapnya di bawah sini.

Ilmuwan Asal Iran Ciptakan Alat Ventilator Sederhana

Seperti yang dilansir oleh Spectrum IEEE, Hadi Moradi, berhasil menciptakan alat itu dengan desain yang sederhana serta menggunakan material yang murah. Moradi dibantu oleh professor dari satu universitas dan oleh Morteza Behzadnasab dari Iran Polymer and Petrochemical Institute. Desain ventilator itu juga telah diberikan ke Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) untuk dikembangkan lagi desainnya.

Moradi mengaku bahwa saat ini, beberapa petugas kesehatan di dunia mulai kehabisan alat ventilator akibat pandemi COVID-19. Karena desainnya yang superior serta material yang digunakan sangat mahal, sehingga menjadi langkah dan sulit untuk diproduksi cepat.

Moradi beserta kerabatnya pun berinisiatif membuat ventilator yang praktis serta cepat dan mudah diproduksi masal. Yaitu dengan bahan-bahan open-source yang mudah dicari dan didesain sesederhana mungkin.

Ventilator Yang Murah Dan Mudah Diproduksi Masal

Alat ventilator ini sangat mudah diproduksi dan bahkan bentuknya pun terlihat sangat sederhana. Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan ventilator pada umumnya yang mampu memberi bantuan pernafasan pada pasien COVID-19. Ventilator ini juga dilengkapi dengan layar touchscreen yang memudahkan penggunanya serta kontrol manual untuk keadaan darurat.

Material murah seperti plexiglass digunakan untuk menjalankan mekanisme ventilator ini. Material tersebut digunakan untuk menggerakkan motor ventilator itu agar bisa menyalurkan oksigen ke pasien. Ventilator adalah alat bantu pernafasan yang kini sering digunakan petugas medis untuk membantu melancarkan pernafasan pasien COVID-19.

Segera Dites dan Diproduksi Masal Bulan Ini!

Rencananya alat ventilator tersebut akan dites minggu ini, dan jika berjalan lancar maka akan segera diproduksi masal beberapa minggu kedepan. Jika alat ini mampu membantu pasien COVID-19, maka kemungkinan bertahan hidup dari virus itu sangatlah besar.

Desainnya yang simple dan harga material yang murah tentunya mendukung pabrik produksi untuk memproduksi masal ventilator itu dengan cepat. Selain itu, alat ini diharapkan bisa menyelamatkan jutaan nyawa pasien yang telah terinfeksi virus Corona.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.