Google Gandeng Kerjasama Dengan Apple Untuk Melawan Virus Corona

google kerjasama dengan apple melawan covid-19

Dalam rangka melawan serta menghindari penyebaran virus Corona, Google gandeng kerjasama dengan Apple untuk membuat aplikasi smartphone. Aplikasi yang disebut-sebut sebagai aplikasi tracing COVID-19 ini dapat membantu mengurangi penyebaran virus Corona. Cara kerjanya yaitu dengan mengirimkan sinyal ke sesama pengguna tentang siapa saja yang sudah terinfeksi serta mengingatkannya untuk berwaspada.

Kira-kira bagaimana ya aplikasi yang dikerjakan antara kerjasama dengan Google dan Apple itu ya? apakah mampu menghambat penyebaran virus Corona? yuk kita simak laporannya.

Aplikasi Tracing COVID-19 Buatan Google dan Apple!

Seperti yang dilansir oleh techcrunch, Aplikasi Tracing COVID-19 buatan Google dan Apple ini diakui dapat mendeteksi siapa saja penggunanya yang terkena virus Corona. Yaitu dengan mengidentifikasikan penggunanya yang sudah terkena virus Corona lalu mengingatkan pengguna lainnya bahwa orang itu telah terinfeksi.

Sehingga, pengguna dapat mengetahui siapa pengguna lainnya yang telah terjangkit virus Corona. Selain itu, masyarakat juga bisa tetap menjaga jarak dan berwaspada selama menggunakan aplikasi tersebut tanpa ragu-ragu lagi. Kerjasama Google dan Apple ini diharapkan juga dapat membantu aktifitas warga dalam melaksanakan social distancing sesama kerabat.

Cara Kerja Sistem Tracing Virus Corona

Pengguna pertama akan diharuskan untuk mengisi semacam form kesehatan yang dikirmkan dari pihak medis. Form ini akan menentukan apakah keadaan pengguna masih negatif atau sudah positif. Apabila dinyatakan positif, maka secara otomatis aplikasi ini akan mengirimkan sinyal pada pengguna terdekat lainnya. Aplikasi buatan Google dan Apple ini menggunakan teknologi Bluetooth yang dapat mengirimkan sinyal tersebut pada pengguna terdekat lainnya.

Sinyal yang dikirimkan itu merupakan bentuk dari data-data kesehatan penggunanya yang dikirimkan setiap 15 menit dan selalu diperbarui. Pihak Apple meyakinkan masyarakat bahwa selama penggunaan aplikasi ini, pihaknya tidak akan meminta alamat serta informasi-informasi pribadi lainnya. Karena aplikasi ini sepenuhnya bergantung pada teknologi Bluetooth untuk mendeteksi pengguna lainnya.

Diciptakan Agar Masyarakat Bisa Lebih Waspada

Aplikasi buatan Google dan Apple ini ditargetkan mampu menambah kewaspadaan masyarakat serta sesama kerabat agar bisa tetap menerapkan social distancing. Selain itu, aplikasi ini diharapkan mampu meredam penyebaran virus Corona dan bisa meminimalisir lebih banyak lagi korban berjatuhan.

Google dan Apple bukanlah perusahaan yang telah menciptakan aplikasi ini. Sebelumnya, Singapura telah membuat aplikasi serupa bernama TraceTogether. Aplikasi yang merupakan bentuk kolaborasi dari Government Technology Agency dan Menkes setempat ini diakui ampuh dalam meredam penyebaran COVID-19.

Rencananya apabila pandemi virus Corona telah berakhir, Google dan Apple akan segera mematikan layanan dari aplikasi tracing itu. Hal itu dilakukan untuk menghindari penggunaan illegal dari data-data yang telah tersimpan.


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.