Beranda » Review » First Impression Bermain Animal Crossing: New Horizons Selama 10 Hari

First Impression Bermain Animal Crossing: New Horizons Selama 10 Hari

Animal Crossing: New Horizons rilis untuk Nintendo Switch dengan hype yang sangat tinggi. Berikut pengalaman saya bersama animal Crossing: New Horizons selama 10 hari.

Saat dunia sedang dilanda polemik virus Covid-19, Animal Crossing: New Horizons rilisi momen yang sangat tepat. Dengan hype yang sangat tinggi mengelilingi game ini, saya tidak kalah semangat untuk mencobanya. Berikut adalah kesan pertama atau first impression saya saat bermain Animal Crossing: New Horizons selama 10 hari. 

10 Hari Bersama Animal Crossing

Seperti Apa Game Animal Crossing New Horizons?

10 Hari Bersama Animal Crossing

Untuk kalian yang sudah bersama seri Animal Crossing sejak lama, pertanyaan ini mungkin tidak terlalu relevan. Namun untuk kalian yang baru pertama kali mencoba seri Animal Crossing seperti saya, mungkin akan bingung sebenarnya seperti apa game ini?

Saya akan berusaha menjelaskannya dari sudut pandang pemain baru. Animal Crossing: New Horizons adalah game dengan genre Life Simulation. Di game ini, kalian akan mengatur keseharian kalian dan mengembangkan kehidupan kalian beserta populasi lain di sebuah pulau terpencil. 

Game ini menceritakan tentang kalian (Player Character) yang berkesempatan untuk pindah ke satu pulau terpencil dimana kalian akan diberi kesempatan untuk memulai hidup baru. Tentu saja itu tidak gratis, kalian diharuskan untuk mengumpulkan uang untuk membayar biaya perpindahan kalian.

10 Hari Bersama Animal Crossing

Sambil melakukan itu, kalian bisa berinteraksi dengan tetangga kalian yang juga ada di posisi yang sama dengan kalian. Tujuan utama kalian adalah bekerja sama bersama warga lain untuk mengembangkan pulau kalian agar menjadi lebih ramai, indah, dan diminati sehingga akan lebih banyak warga yang datang ke pulau kalian.

Untuk perbandingan, bagi kalian yang sudah pernah bermain seri Harvest Moon / Story of Seasons atau The Sims mungkin akan merasa akrab dengan game ini. Dari segi grafis, game ini mirip sekali dengan seri Story of Seasons pada platform 3DS. Begitu pula dengan gameplay dasar yang mencakup menambang resources, membangun pulau, dan juga berinteraksi dengan karakter lain.

Perbedaan mendasar dari game ini dengan game simulasi lain terletak di fitur real-time. Waktu dalam game ini berbanding 1:1 dengan waktu di dunia nyata. Pada siang hari, warga akan melakukan kegiatan sehari-harinya, sedangkan pada malam hari, warga akan tidur layaknya dunia pada umumnya. 

Game Untuk Pelarian Diri

10 Hari Bersama Animal Crossing

Fitur real-time membuat hari di dalam game tidak akan berakhir selama hari kalian di dunia nyata belum berakhir. Hal ini membuat kalian tidak akan merasa dikejar waktu untuk melakukan sesuatu.

Semuanya akan mengikuti langkah dan waktu bermain yang kalian mau. Sebut saja kalian hanya mau bermain sebentar untuk memancing dan duduk sambil menikmati pemandangan malam, ataupun kalian mau farming seharian untuk mencari berbagai resources untuk mempercepat upgrade pulau kalian. Bersama Animal Crossing: New Horizons, tidak ada cara yang benar atau salah untuk memainkannya.

Selain dengan panjangnya batas waktu dalam sehari, suasana desa dan juga grafis yang indah, serta musik yang mendukung membuat suasana bermain kalian dipenuhi perasaan rileks. Bukan hanya kebetulan banyak orang yang sedang stress pada suasana saat ini sangat menyukai game ini. Sepertinya, delay pada game ini kemarin memang sangat bermanfaat untuk menambah kualitas polesan bagi game ini.

Kebebasan Berkreasi

Salah satu fitur unik dari game ini adalah kebebasan yang diberikan kepada kalian dalam melakukan modifikasi. Kalian akan diberikan kebebasan untuk melakukan modifikasi pada banyak hal mulai dari perabotan, pakaian, rumah, bahkan hingga pulau kalian sendiri.

Ada banyak sekali resep barang dan aksesoris yang bisa kalian kumpulkan untuk menghiasi pulau kalian. Saking banyaknya, besar kemungkinan kalian harus bertukar resep dengan teman kalian untuk melengkapi koleksi kalian. Sudah banyak sekali orang yang menghasilkan momen-momen kreatif dari Animal Crossing: New Horizons seperti membuat pernikahan ataupun Mushola.

10 Hari Bersama Animal Crossing

Fitur modifikasi ini juga memiliki detail yang luar biasa. Setelah kalian memulai permainan, kalian akan berkesempatan untuk memiliki device bernama pro-editor. Dengan alat ini, kalian bisa menggambar pattern apa saja. Ya, apa saja gambar yang kalian mau.

Banyak sekali orang yang sudah menggambar pattern untuk pakaian atau perabotan lain untuk karakter mereka di Animal Crossing dengan gambar Anime ataupun game lain yang dia suka. Hebatnya lagi, kalian bisa membagikan desain kalian dengan teman – teman kalian via QR Code ataupun Custom Design Kiosks yang akan terbuka perlahan seiring waktu kalian bermain game ini.

First Impression Animal Crossing New Horizons: Permulaan Yang Lambat

10 Hari Bersama Animal Crossing

Selain adanya fitur real-time, saat kalian pertama bermain, progress permainan kalian akan dibatasi oleh fitur time-gate. Artinya, kalian tidak akan bisa melakukan semua hal yang ada di game ini dalam satu hari. Banyak konten yang dibatasi dan hanya akan muncul pada hari tertentu sesaat setelah kalian mulai bermain. 

Di minggu pertama bermain, kalian akan banyak menghabiskan waktu kalian menjalankan tugas dari Tom Nook sang rakun. Layaknya tutorial pada game umumnya, kebanyakan dari tugas ini adalah mengumpulkan resources dan mengolahnya menjadi bangunan. Setiap bangunan yang kalian bangun akan memiliki jeda 1 hari di dunia nyata. Itu artinya, jika kalian melakukan pembaruan pada sebuah bangunan hari ini, bangunan tersebut akan selesai keesokan harinya.

10 Hari Bersama Animal Crossing

Sejalannya waktu, kalian juga akan diberikan berbagai alat dan fitur untuk menjelajah ataupun memodifikasi pulau kalian. Warga lain juga akan mulai berdatangan untuk tinggal dan mengisi keheningan pulau. 

Kalian akan mencapai titik ujung tutorial ini setelah beberapa lama bermain dan mulai diberi kebebasan untuk memilih pengembangan yang mau kalian lakukan sendiri. Bisa dibilang, disinilah game ini baru dimulai.

10 Hari Bersama Animal Crossing

Begitulah First Impression saya mengenai Animal Crossing: New Horizons selama 10 hari. Saya berencana untuk  membuat full review dari game ini setelah lebih jauh memainkannya. Tunggulah full review nya!

Loading...