Sudah Resmi! E3 2021 Akan Diadakan Pada Juni Tahun Depan!

e3 2021 electronics entertainment expo entertainment software association esa

Sebulan setelah E3 diumumkan untuk ditiadakan pertama kalinya tahun 2020 pasca kejadian virus corona, panitia ESA mengumumkan akan adakan E3 lagi di tahun 2021. Mereka menjanjikan format yang berbeda dari tahun lalu.

E3 2021 akan Diadakan Juni 2021!

Informasi beredar dari situs Gamesindustry yang menyatakan bahwa Electronics Entertainment Expo (E3) tahun depan akan diadakan  15-17 Juni 2021 kepada para mitra terdekat.

Pihak penyelenggara, Entertainment Software Association (ESA), Amerika Serikat, menyatakan bahwa event ini akan dikemas berbeda dari E3 sebelumnya. Meski demikian, melansir dari TechRadar, E3 tahun ini seharusnya adalah ajang pembuktian format baru pameran yang dijanjikan panitia ESA.

E3 2020 Ditiadakan Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Amerika Serikat

Diberitakan sebelumnya, panitia E3 telah memutuskan untuk membatalkan secara keseluruhan pameran tersebut untuk tahun ini. Keputusan ini menyusul merebaknya wabah virus corona di Amerika Serikat, terutama di negara bagian California, tempat acara itu akan digelar Juni ini.

Rumor soal pembatalan tersebut dicium duluan oleh beberapa pengembang gim yang dekat dengan ESA. Pengembang game seperti Devolver Digital mencuitkan di Twitter sebuah pemberitahuan bahwa E3 tidak jadi digelar. Mereka mengimbau para fans dan koleganya untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat maupun kamar hotel yang terlanjur dipesan.

Tanggapan Pihak ESA Mengenai Pembatalan Event

Berikut kutipan resmi dari ESA mengenai pembatalan E3 tahun ini:

Setelah konsultasi mendalam dengan beberapa anggota dari berbagai perusahaan terkait kesehatan dan keamanan semua pihak di industri kami. Maka dengan berat hati kami putuskan untuk membatalkan E3 2020 yang seharusnya digelar Juni 9-11 di Los Angeles, California.

Menyusul kewaspadaan virus corona, atau COVID-19 ini, Kami rasa perlu untuk mengambil langkah ini di kala situasi yang tidak diinginkan secara global. Kami sangat kecewa tidak dapat menggelar acara ini untuk para pendukung industri video game maupun penggemar kami. Namun, Kami pikir keputusan tersebut merupakan jalan terbaik yang tersedia bagi Kami.

Selanjutnya, para tim Kami akan mengabarkan langsung kepada para eksibitor dan pengunjung dengan informasi mengenai pengembalian pemesanan tiket secara penuh.

Kami juga sedang mencari cara dengan para anggota organisasi Kami untuk mengoordinasikan pameran video game secara digital, agar dapat menyampaikan pengumuman dan berita dari industri terkait pada bulan Juni ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih atas opini masyarakat dalam merevisi E3 tahun ini. Kami berharap E3 2021 akan tampil lebih baik dengan event yang lebih berbeda dengan menggandeng para fans, media dan pelaku industri bersama-sama, dalam rangka merayakan kesuksesan industri video game di dunia.

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.