Wow! Mangafest X Akan Kembali Dilaksanakan 25-26 Oktober

Mangafest X akan dilaksanakan tanggal 25-26 Oktober 2020

Bagi para japanofilia di Yogyakarta dan sekitarnya tentu tak asing lagi dengan event yang satu ini. Ya, Mangafest X akan kembali diselenggarakan pada 25-26 Oktober 2020 mendatang.

Napak Tilas 10 Tahun Perjalanan Mangafest

https://www.facebook.com/MFUGM/photos/a.530748803672630/2896097053804448/

Menginjak tahun kesepuluh sejak pertama kali diselenggarakan, Mangafest X kali ini dijadikan ajang untuk napak tilas perjalanannya. Tentu bukan hal mudah bagi sebuah event untuk bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Namun demikian informasi mendetil seperti lokasi dan bintag tamu masih dirahasiakan dan akan diumumkan kemudian menjelang pelaksanaan event tersebut.

Perkenalkan Maskot Khusus

Rara-chan dan Kiki-kun

Tak hanya mengumumkan jadwal terbaru, kali ini Mangafest juga menghadirkan maskot untuk event kali ini. Bukan sebuah, Mangafest mengenalkan sepasang maskot bernama Rara-Chan dan Kiki-kun.

Rara-chan mengadaptasi bentuk harimau Sumatera yang didesain lebih kawaii. Sementara Kiki-kun dilukis menyerupai tanuki.

Kedua maskot ini mengambil hewan asal Indonesia dan Jepang. Hal ini tentu saja menggambarkan Mangafest X yang merupakan event yang memadukan budaya Indonesia dan Jepang.

Tentang Mangafest

Mangafest merupakan ajang pop culture yang diselenggarakan di Yogyakarta. Ini menjadikannya salah satu event pop culture yang diselenggarakan di luar Jakarta, selain Daisuki! Japan di Malang, Jawa Timur dan Akiba Days di Pekanbaru, Riau.

Adanya nama UGM yang sering disandang di belakang nama acara ini bukan tanpa alasan. Mangafest memang merupakan program tahunan dari Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Mangafest hadir sebagai sebuah event budaya dalam perspektif yang berbeda dari event pada umumnya. Mangafest mencoba menghadirkan silang budaya antara budaya Jepang dan budaya tradisional Indonesia dimana manga dijadikan sarana pengenalan budaya lokal pada masyarakat luas.

Ragam Acara Mangafest

Seperti event pop culture pada umumnya, Mangafest menghadirkan sejumlah sajian menarik. Mulai dari penampilan sejumlah tamu, workshop dan talk show.

Tak hanya menjadi ajang pengenalan budaya dan pemasaran produk kreatif, Mangafest juga memacu kreatifitas anak muda. Sejumlah kompetisi yang pernah dilaksanakan antara lain cosplay competition hingga lomba membuat manga bertaraf nasional.

 


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.