Beranda » Game & Tekno » TraceTogether, Aplikasi Pelacak Virus Corona dari Singapura

TraceTogether, Aplikasi Pelacak Virus Corona dari Singapura

Aplikasi TraceTogether hasil kolaborasi Government Technology Agency dan Menkes Singapura diyakini mampu melacak ke sesama penggunanya yang terinfeksi virus corona untuk meminimalisir penyebarannya.

Kasus virus Covid-19 atau Virus Corona yang sudah hampir menyebar ke seluruh negara mendesak para ilmuwan serta dokter untuk mencari vaksin dan obat untuk mengurangi infeksi virus tersebut. Di Singapura, Government Technology Agency (GovTech) bekerjasama dengan Menteri Kesehatan menciptakan sebuah aplikasi pelacak untuk melacak virus Corona bernama Trace Together.

Seperti apa aplikasinya? Yuk, kita cari tahu bersama!

TraceTogether, Aplikasi Pelacak Virus Corona

Aplikasi ini bernama TraceToghether dan sudah bisa digunakan baik oleh masyarakat Singapura maupun masyarakat di negeri tetangga. Dilansir dari Thestar, aplikasi ini menggunakan teknologi Bluetooth. Nantinya aplikasi TraceTogether dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendeteksi siapa saja yang sudah terkena Virus Corona dan mengurangi penularannya.

Cara kerjanya pengguna akan diminta untuk wajib mengisi data kesehatan yang telah disiapkan oleh Menkes Singapura. Kemudian akan diproses dan dimasukan kedalam database pusat. Data ini akan sering diminta oleh menkes setiap harinya untuk mengupdate status kesehatan terkini para penggunanya.

Berikutnya data-data tersebut akan diolah dan nantinya bisa mendeteksi pengguna lainnya yang terbukti positif sesuai dengan data yang telah dikirimkan.

Dengan menggunakan teknologi Bluetooth, aplikasi ini mampu mengirim dan menerima sinyal dengan jarak 2 meter dari pengguna lainnya sehingga mampu melacak siapa saja orang-orang sesama pengguna aplikasi ini disana yang positif terkena Covid-19 atau Virus Corona.

Bukan Hanya Singapura Menciptakan Aplikasi Pelacak Virus Corona

Singapura bukanlah satu-satunya negara yang menggunakan teknologi ini. Negara berkembang seperti Cina juga memiliki aplikasi serupa yang mampu melacak orang-orang yang dinyatakan positif terkena covid-19. Selain itu juga memberikan informasi tentang tempat-tempat yang diyakini telah terkontaminasi oleh virus corona.

Meski demikian, aplikasi ini masih mengundang beberapa kontroversi seperti data-data pribadi yang takutnya akan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang nakal. Tetapi, GovTech menegaskan bahwa aplikasi ini tidak akan menyebarkan data-data pribadi penggunanya.

Cepat Tanggap Negara Singapura

Singapura memang sudah dikenal cepat dan tanggap dalam hal menangani penyebaran virus Corona di negaranya berkat bantuan kepolisian setempat serta teknologi-teknologi yang bisa dibilang cukup canggih. Sehingga mampu mendeteksi orang yang sudah positif dan menghindari penyebarannya meluas.

Pemerintah Singapura berharap dengan adanya aplikasi ini, warganya beserta warga negara tetangga bisa segera mendownload aplikasi tersebut dan digunakan secepatnya untuk meredam penyebaran virus corona. Aplikasi ini bisa didownload di PlayStore dan rencananya akan dihapus apabila penyebaran Covid-19 dianggap telah menurun drastis.

Loading...