Beranda » Press Release » Inilah Tips Work From Home dari Tiga Orang Developer Asal Indonesia!

Inilah Tips Work From Home dari Tiga Orang Developer Asal Indonesia!

Inilah tips-tips dari tiga orang Developer asal Indonesia dalam melakukan aktifitas pekerjaan dari rumah atau Work from Home (WFH).

Masyarakat di Indonesia mulai melakukan aktifitas pekerjaan mereka dengan metode Work from Home (WFH) atau bahasa lokanya adalah bekerja dari rumah. Meskipun terdengar mudah, ternyata banyak rintangan dan halangan dalam melakukan metode ini. Work from Home atau bekerja di rumah dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona semakin meluas.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah tips yang berasal dari tiga orang Developer asal Indonesia. Mereka bertiga memiliki tips-tips jitu agar masyarakat di Indonesia bisa fokus bekerja meskipun dari rumah. Dan tentu saja dengan tips ini, kualitas pekerjaan kalian tidak akan berkurang. Apa saja tips mereka? Dan siapa sajakah mereka? Yuk, kita cari tahu bersama!

Tips Work form Home dari Surahutomo Aziz Pradana “Dana”

Tips Work from Home Bekerja dari Rumah

Surahutomo Azis Pradana atau akrab dipanggil “Dana” adalah seorang Developer dari aplikasi L-Flood. L-Flood adalah sebuah aplikasi sistem informasi peringatan dan tanggap darurat bencana banjir.

Dana telah mulai bekerja dari rumah sejak tahun 2016, ketika ia masih duduk di bangku kuliah hingga kini ia bekerja di Bank BTPN. Menurutnya, bekerja dari rumah dapat mengurangi kemacetan kota.

“Dengan bekerja dari rumah, saya bisa menghemat waktu dan biaya. Lebih dari itu, saya juga turut berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan kota,” ungkap Dana.

Berikut ini adalah tips dari Dana cara melakukan Work from Home:

  • Tetap Profesional

Untuk memastikan pekerjaan yang diterima oleh rekan kerja, Dana biasanya memanfaatkan Gmail. Kemudian, dia juga bisa menggunakan Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Drive agar dapat mengakses dokumen kapan dan di mana saja.

  • Tetap Berkomunikasi dengan Tim

Dana kerap menggunakan Hangouts Meet untuk tetap terhubung dan melakukan pertemuan lewat video dengan rekan kerja.

  • Manajemen Waktu

Bertanggung jawab terhadap waktu adalah hal yang utama. Dana selalu mengatur waktu seefisien mungkin sehingga pekerjaan selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  • Kecepatan Koneksi Internet

Koneksi internet berkecepatan tinggi dan stabil selalu saya siapkan untuk tetap terhubung dengan orang luar. Hal ini penting agar tidak mengganggu proses pencarian dan pertukaran informasi.

  • Tetap Bersosialisasi

Meskipun bekerja dari rumah sendiri, manusia tetaplah makhluk sosial. Karenanya jangan lupa untuk bersosialisasi salah satunya dengan berbagi cerita bersama teman atau keluarga yang tidak tinggal serumah. Bersosialisasi saat ini tidak harus bertemu langsung, misalnya kita juga bisa memanfaatkan media sosial dan Hangouts Meet agar tetap terhubung.

Tips Work from Home dari Garibaldy Wibowo Mukti “Gari”

Tips Work from Home Bekerja dari Rumah

Garibaldy Wibowo Mukti atau biasa dipanggil “Gari” adalah seorang Founder dari Nightspade. Nightspade adalah sebuah Game Development Studio yang berlokasi di Bandung. Berikut ini adalah saran Gari yang biasa ia dan timnya terapkan ketika Work from Home (WFH):

  • Siapkan to-do-list Harian

Dengan adanya to-do-list harian, tim yang bekerja dari rumah dapat memastikan setiap pekerjaan selesai tepat waktu tanpa ada yang terlewat.

  • Tentukan Jam Kerja

Meski bekerja dari rumah, tim Nightspade selalu menentukan kuota jam kerja dalam sehari untuk membantu setiap tim tetap fokus meski tidak datang ke kantor, misalnya dengan memanfaatkan Kalender. Sementara untuk menjaga koordinasi antar tim terjalin dengan baik, kami selalu menggunakan Gmail, Drive, dan Hangouts Meet.

  • Merapikan Rumah Terlebih Dahulu

Tempat kerja yang bersih dan nyaman tentu akan meningkatkan konsentrasi dalam bekerja. Untuk itu, Gari selalu menyarankan tim yang bekerja dari rumah untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan rumah dan merapikannya sebelum mulai mengerjakan pekerjaan kantor.

  • Luangkan Waktu untuk Tidur Siang

Gari memberikan kesempatan untuk tim yang bekerja dari rumah untuk tidur siang sejenak. Hal ini dapat mengembalikan fokus kerja tim di sore hari.

  • Banyak Minum dan Bergerak

Gari selalu menyarankan tim yang bekerja dari rumah untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan banyak bergerak. Hal ini berguna untuk meningkatkan semangat kerja meski berada di rumah.

Tips Work from Home dari Deni Rohimat

Tips Work from Home Bekerja dari Rumah

Deni Rohimat adalah seorang Developer bekerja di Astronaut Technologies, sebuah aplikasi online interview. Ia menyebutkan alasannya memilih Work from Home (WFH) atau semi-remote working.

“Karena tim kami ada di dua kota berbeda yaitu Jakarta dan Bandung, sehingga komunikasi melalui virtual jauh lebih efektif untuk membangun komunikasi setiap hari dengan keterbatasan jarak”.

Berikut ini adalah tiga tips dari Deni:

  • Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Di rumah Deni memiliki ruang kerja pribadi agar dapat menjaga konsentrasi. Dia juga perlu juga memberi pengertian kepada keluarga di rumah bahwa tidak boleh diganggu selama bekerja agar kenyamanan selama bekerja dapat terjaga.

  • Jaga Koordinasi Antar Tim

Di Astronaut, Deni dan tim biasanya menggunakan platform task management untuk memudahkan tim bekerjasama dalam menyelesaikan sebuah proyek, seperti Dokumen dan Spreadsheet. Selain itu, Gmail, Hangouts Meet dan Hangout Chat bisa dimanfaatkan untuk bertukar informasi menjalin komunikasi dengan tim.

  • Atur Waktu Bertemu dengan Tim

Untuk tetap menjaga solidaritas dalam tim, kami selalu mengadakan pertemuan bulanan dan tahunan berupa team building activity dengan mengatur waktu di Kalender agar tidak ada yang lupa dan melewatkannya.

Itulah tips Work from Home atau bekerja dari rumah dari tiga orang Developer asal Indonesia. Semoga dengan tips mereka dapat membantu NawaReaders dalam melakukan aktifitas pekerjaan dari rumah.

Loading...