Shopee Liga 1 2020 Mahal dan Kualitasnya Buram, Salah Siapa?

Gambar Shopee Liga 1 Buram, Pemirsa mengeluh

Siaran Shopee Liga 1 2020 resmi bergulir. Namun penayangannya dikeluhkan oleh sejumlah pemirsa di TV berbayar.

Siaran Buram Shopee Liga 1 2020

madura united melawan barito putera

Di hari pertama pertandingan pada Sabtu (29/2), keluhan langsung bermunculan di dunia maya. Kala itu keluhan dialamatkan pada pertandingan antara Madura United melawan Barito Putera.

Siaran pertandingan tersebut mengalami gangguan di awal penayangan. Setelah beberapa saat, pertandingan dapat ditayangkan, namun dengan kualitas yang buruk.

Keluhan ini disampaikan oleh pelanggan MNC Vision Network dan Indihome. Sementara itu, Indosiar menayangkan pertandingan lain yaitu Persebaya Surabaya melawan Persik Kediri, dengan kualitas gambar yang baik.

Hal ini pun berlanjut pada hari Minggu (1/3), dimana pertandingan antara Persipura Jayapura melawan PSIS Semarang juga tidak ditayangkan secara optimal.

Salurkan Pertandingan Melalui Streaming

siaran persipura vs psis

Timpangnya kualitas siaran kedua pertandingan tersebut ternyata diakibatkan medium penyaluran feed yang berbeda.

Pertandingan Persebaya melawan Persik dapat disiarkan secara optimal dikarenakan menggunakan feed dari satelit. Hal ini juga terjadi pada sejumlah pertandingan yang disiarkan di Indosiar.

Sementara pertandingan antara Madura United melawan Barito Putera dan Persipura melawan PSIS hanya mendapat feed secara streaming. Dengan keterbatasan kecepatan akses internet di lokasi penyelenggaraan, kualitas gambar pertandingan tersebut seringkali turun.

Streaming, Alternatif Feed Selain Satelit

Siaran Sea Games 2019 Indonesia vs laos ditayangkan secara streaming

Sebenarnya, siaran pertandingan menggunakan feed steraming bukan hal baru di Indonesia. Sejumlah pertandingan yang disiarkan di televisi tanah air tercatat menggunakan siaran streaming sebagai materi aslinya.

Salah satunya, terjadi saat SEA Games 2019 lalu. Pertandingan antara tim sepak bola Indonesia melawan Laos terpaksa menggunakan feed dari streaming karena panitia penyelenggara tidak menyediakan feed satelit untuk pertandingan tersebut.

Alhasil, pertandingan tersebut terpaksa dinikmati pemirsa di Indonesia dengan kualitas yang tidak optimal. Pada pertandingan tersebut, Indonesia menang telak 4-0 atas Laos.

Siaran Shopee Liga 1 2020 Buram, Salah Stasiun TV?

mnc vision liga 1

Keluhan akan siaran buram Shopee Liga 1 2020 dialamatkan warganet kepada sejumlah pemegang hak siar. MNC Vision Network termasuk yang banyak mendapat keluhan akibat kualitas siaran tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan pelanggan.

Kenyataannya, buramnya siaran ini tidak mutlak salah pemegang hak siar. Baik Indosiar, MNC Vision dan Indihome hanya menyiarkan ulang materi siaran dari penyelenggara, yaitu PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Biaya hak siar Shopee Liga 1 2020 yang cukup mahal sedianya dibalas dengan kualitas siaran yang baik dan merata di seluruh pertandingan. Sudah semestinya LIB dan operator siaran menyediakan peralatan feed untuk setidaknya 9 titik siaran, agar seluruh siaran Shopee Liga 1 2020 dapat dinikmati sama baiknya di seluruh platform.


Hai, NawaReaders dan OtaCool! Jangan lupa untuk akses terus Nawala Karsa untuk informasi pop kultur dan teknologi terkini, serta Indonesian Otaku untuk dosis harian wibu kalian!


Terima kasih telah membaca artikel Nawala Karsa. Artikel ini kami buat sepenuh hati untuk para pembaca, termasuk kamu!

Dukung Nawala Karsa sebagai media berita independen dan terpercaya kamu dengan memberikan tip melalui Sociabuzz Tribe milik Ayukawa Media. Untuk mengirimkan tip, kamu dapat membuka pranala berikut pranala berikut.