Beranda » Game & Tekno » Semakin Canggih! iPad Pro Terbaru Akan Menggunakan Teknologi LIDAR!

Semakin Canggih! iPad Pro Terbaru Akan Menggunakan Teknologi LIDAR!

Perusahaan ternama Apple mengumumkan bahwa salah satu produk baru mereka, yaitu iPad Pro akan menggunakan sistem teknologi LIDAR.

Wow, ternyata perusahaan Apple baru saja mengumumkan sistem teknologi baru untuk produk andalan mereka, yaitu iPad Pro. Dikatakan bahwa iPad Pro akan ditanamkan suatu teknologi baru pada perangkat yang bernama LIDAR. Apa itu LIDAR? Daripada bingung, yuk kita cari tahu bersama!

Teknologi Baru untuk iPad Pro, LIDAR

Beberapa orang awam pasti merasa asing dengan teknologi LIDAR ini. LIDAR adalah kepanjangan dari Light Distance and Ranging yang merupakan suatu teknologi untuk mengukur jarak dari suatu perangkat dari pantulan cahaya atau sinar laser yang dipantulkan. 

Walau begitu, sebetulnya sistem teknologi ini sudah digunakan pada tahun 1960 untuk penerbangan. Tetapi, sistem ini baru populer untuk sektor sistem pemetaan pada tahun 1980 – sekarang.

Analoginya seperti kita sedang mengarahkan lampu senter ke suatu permukaan dimana yang terjadi adalah yang kita lihat yaitu pantulan sinar cahaya senter itu ke mata kita. Namun karena kecepatan cahaya itu sangat tinggi (300.000km/detik) sehingga seakan-akan hal ini terjadi secara instan. 

Penggunaan LIDAR di Sektor Lain

Pada industri lainnya, LIDAR banyak digunakan di sektor pertanian dan sektor geologi. Fungsinya untuk keperluan pemetaan dan pengukuran jarak yang akurat. Salah satu keunggulan teknologi ini yaitu kita akan mendapatkan hasil pemetaan yang cepat,akurat dan bisa dipantau secara real time

Apple menerapkan teknologi ini pada iPad Pro 11 2020 dalam bentuk Augment Reality (AR). AR itu sendiri adalah kenampakan fisik lingkungan dunia nyata, disertai dengan gambar yang dihasilkan oleh komputer sehingga mengubah persepsi realita. 

Aplikasi Game Pertama Menggunakan LIDAR

iPad PRO LIDAR

Aplikasi game pertama yang menggunakan teknologi LIDAR adalah Hot Lava. Game ini menggunakan perpaduan antara sistem teknologi LIDAR dengan sistem AR, sehingga pemain dapat memindai ruangan dengan iPad. 

Di layar iPad pemain, akan muncul simulasi ruangan yang diselimuti lava panas, dengan perabot perabot yang ada di ruangan dapat digunakan sebagai objek yang dapat dipakai dalam permainan tersebut. Contohnya, meja dan kursi dapat dipakai sebagai pijakan untuk menghindari lava panas tersebut.

Fungsi Lain Sistem Teknologi LIDAR pada iPad Pro

iPad Pro LIDAR

Untuk kepentingan pekerjaan, ternyata LIDAR juga sangat membantu bagi para designer. Beberapa aplikasi yang bisa diterapkan pada iPad Pro 11 2020 adalah 3D modelling,Shapr3D. 

Pengguna dapat memindai ruangan ke dalam perangkat sehingga dapat membuat dan menambahkan objek baru dengan model 3D dan dapat pula merubahnya. Pekerjaan jadi lebih efisien tanpa harus menunda waktu karena dapat dikerjakan di waktu yang sama. 

Wah, pasti ga sabar yah untuk bermain dan menggunakan iPad Pro 11 2020 ini. Perusahaan Apple rencananya akan merilis iPad Pro 11 2020 ini dapat dibeli oleh masyarakat pada tanggal 25 Maret 2020.

Loading...