Beranda » Anime & Manga Jepang » Typo, Nama Komi-san Jadi ‘Komunis’ di Voting AnimeJapan 2020

Typo, Nama Komi-san Jadi ‘Komunis’ di Voting AnimeJapan 2020

Nama Komi-san dari Komi-san wa Komyusho Desu salah tulis alias Typo dalam ajang Voting AnimeJapan 2020. Bagaimana bisa terjadi?

Hasil voting dari AnimeJapan 2020 resmi diumumkan, manga karya Tomohito Oda yaitu Komi-san wa Komyushō desu resmi menempati peringkat pertama. Namun, judul komik tersebut salah tulis alias typo menjadi Komi-san has a Communism.

Nama Komi-san Salah Tulis Jadi ‘Komunis’

komi san typo
Laman ranking AnimeJapan 2020 menunjukkan judul manga Komi-san yang salah tulis

Kesalahan dalam penulisan tersebut terpampang langsung pada laman situs hasil voting AnimeJapan 2020. Komik terbitan Shogakukan tersebut meraih peringkat pertama dan terpilih menjadi manga yang diinginkan para pembaca untuk diadaptasi menjadi anime.

Kegiatan yang dilakukan oleh AnimeJapan 2020 tersebut dimulai sejak tanggal 1 Februari hingga 16 Februari 2020. Voting dapat dilakukan oleh semua kalangan tak hanya dari netizen Jepang, namun juga dari para pembaca manga di seluruh dunia.

Manga Karya Tomohito Oda Ternyata Bersaing Berat!

Komik Komi-san wa Komyushō desu sendiri tidak mudah dalam meraih peringkat pertama. Manga yang telah terbit di Indonesia melalui ELEX Media ini ternyata sangat bersaing dengan sejumlah manga terkenal.

Tak perlu jauh-jauh mencari contoh. Ada manga SPY x FAMILY terbitan Shueisha, manga Gokushufudou karya Oono Kousuke yang direncanakan terbit di Indonesia oleh Editor LXLC, dan Tasuu Ketsu terbitan GANMA.

Bukan Typo, Tapi Salah Google Translate!

Ternyata, kesalahan dalam penulisan judul atau typo dalam judul Komi-san tersebut disebabkan oleh sistem AI pada mesin penerjemah Google Translate, yang menyalahartikan Komyushou desu. yang artinya sulit berkomunikasi, dengan has a Communism atau ‘memiliki komunisme’.

Hal tersebut lumrah terjadi apabila mesin penerjemah tidak memiliki feedback terkait kalimat ataupun kata yang dimaksud. Masukan dari para pengguna Google Translate sangat diperlukan, terlebih bila menerjemahkan judul ataupun informasi yang dinamis terkait manga dan anime Jepang.

Apa Itu Komi-san wa Komyushō desu

Komi-san wa Komyushō desu sendiri merupakan sebuah manga yang menceritakan tentang Komi Shouko, seorang pelajar sekolah menengah yang menjadi primadona di sekolahnya, namun memiliki masalah dalam berkomunikasi dengan banyak orang.

Tadano Hitohito, yang merupakan seorang pelajar biasa di sekolah itu dan kebetulan berada dalam kelas yang sama dengan Komi, memutuskan untuk membantu Komi untuk mencapai impiannya untuk mendapatkan 100 teman.

Komi Sulit Berkomunikasi, yang dibuat oleh Oda Tomohito (智仁 小田) ini terbit di Shōnen Sunday, yang merupakan sebuah majalah manga yang terbit setiap hari minggu di Jepang dan menghadirkan banyak manga bertemakan Shōnen.

Sejumlah manga yang sudah kita kenal telah diterbitkan di Shonen Sunday. Salah satunya, ada manga Dagashi Kashi, Ranma 1/2, Inuyasha, Detektif Conan, dan masih banyak lagi.

Sinopsis Komi-san wa Komyushō desu

Komi-san wa Comyushou desu elex media
Ilustrasi Komi-san diterbitkan oleh Elex (Foto: Twitter @comic_lxlc dan VIZ Media)

Komi-san adalah seorang gadis cantik dan diisegani yang membuat semua orang tak bisa melepaskan pandangan darinya. Hampir seluruh sekolah menganggapnya seorang gadis cantik yang berada diluar jangkauan mereka.

Tapi Tadano Hitohito tau hal yang sebenarnya: Dia hanya sangat buruk dalam berkomunikasi dengan orang lain. Komi-san, yang ingin menyembuhkan kebiasaanya, berusaha meningkatkan kemampuan berkomunikasinya dengan bantuan Tadano-kun.

Loading...