Beranda » Game & Tekno » Mirip Hoshi no Koe, Sekarang Kita Bisa SMS ke Luar Angkasa!

Mirip Hoshi no Koe, Sekarang Kita Bisa SMS ke Luar Angkasa!

Perusahaan startup Lynk berhasil membuat teknologi BTS di luar angkasa, yang dapat mengirimkan SMS dari Bumi ke angkasa luas, layaknya Hoshi no Koe!

Kabar menggembirakan datang dari dunia Teknologi, dimana perusahaan startup ruang angkasa bernama Lynk berhasil menciptakan sistem teknologi menara BTS di luar angkasa untuk menghubungkan banyak pengguna seluler, termasuk pemakaian SMS di luar angkasa.

Berhasil Menerima SMS dari Luar Angkasa

Video tersebut memiliki bahasa yang sedikit kasar, Parental Guidance mungkin diperlukan. Apabila tidak dapat dilihat, akses melalui link berikut.

Tentunya, banyak sekali perusahaan startup serupa yang melakukan riset serta tengah mengembangkan teknologi serupa di Amerika. Namun, mengutip dari Android Authority, perusahaan tersebut berhasil mengirimkan serta menerima SMS dari satelit low-orbit di atmosfer Bumi.

Pencapaian tersebut terjadi pada 24 Februari lalu, dimana pengiriman serta penerimaan SMS tersebut menggunakan ponsel Android yang tidak dimodifikasi. Terobosan dalam dunia teknologi tersebut juga telah diamati oleh pihak ketiga yang turut memvalidasi terobosan tersebut.

Lynk Bukan Satu-Satunya

Sinyal yang digunakan merupakan dalam uji coba tersebut merupakan sinyal GSM, yang umumnya dapat digunakan pada ponsel feature hingga smartphone. Sehingga memungkinkan banyak provider telekomunikasi nantinya untuk menghubungkan ponsel di daerah terpencil dengan biaya yang lebih murah.

Namun, perlu diketahui bahwa Lynk bukan satu-satunya perusahaan telekomunikasi sekaligus aerospace yang mencoba menghubungkan sinyal telekomunikasi seluler ke luar angkasa. Tetapi Lynk layak didapuk sebagai yang berhasil pertama kali dalam mengirim dan menerima SMS melalui Satelit.

“Dengan izin dari regulator (FCC Amerika), kami yakin bahwa kami dapat memberikan solusi pertama di pasar internasional untuk puluhan juta orang di akhir tahun 2020 ini,” ujar Co-Founder sekaligus CEO Lynk Charles Miller, dikutip dari Android Authority.

Mirip Skenario Hoshi no Koe

Tentunya teknologi tersebut dapat memudahkan kita suatu saat nanti untuk berkomunikasi ke orang terkasih yang berada jauh di luar sana, termasuk di ruang angkasa sekaligus. Hal tersebut mengingatkan kita pada film Hoshi no Koe atau yang umumnya disebut sebagai Voice of a Distant Star.

Film pendek bergenre science-fiction ini dibuat oleh Makoto Shinkai, yang terkenal sebab film 5 Centimeters per Second, Your Name, Garden of Words, hingga Weathering With You. Hoshi no Koe sendiri mengisahkan tentang Mikako Nagamine yang berada di ruang angkasa dalam sebuah misi yang dijalankan oleh Angkatan Luar Angkasa PBB.

Hubungannya dengan Noboru Terao, temannya di Bumi, sangatlah dekat. Perpisahan antar keduanya tak membuatnya putus asa, sebab mereka dapat mengirimkan SMS melalui ponsel mereka di luar angkasa. Kendati delay penerimaan pesan yang cukup lama, hal tersebut tak membuat keduanya berhenti berharap, hingga salah satu diantaranya pergi mendahului.

Loading...