Beranda » Regional » Pesawat Lionair Terbakar di Manila, 8 Orang Tewas

Pesawat Lionair Terbakar di Manila, 8 Orang Tewas

Pesawat West Wind 24 milik maskapai pesawat sewa Lionair terbakar di bandara NAIA, Manila. 8 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Sebuah pesawat jet milik Lionair terbakar di bandar udara Ninoy Aquino International Airport (NAIA), Manila, Minggu (29/3) malam waktu setempat. 8 orang tewas dalam insiden tersebut.

Pesawat Lionair Terbakar, Bandara Ditutup Sementara

Evakuasi pesawat Lionair di Manila

Pesawat berjenis West Wind 24 tersebut berencana akan terbang menjalani misi medEvac ke bandara Haneda, Jepang. Namun saat lepas landas sekitar pukul 8 malam waktu setempat, pesawat ini pun terbakar di ujung landasan pacu 24 bandara NAIA.

Pesawat Lionair dengan nomor penerbangan RPC 5880 membawa 8 penumpang. Kedelapan penumpang tersebut mencakup seorang petugas medis penerbangan, perawat, dokter, tiga kru pesawat, seorang pasien dan rekannya.

Akibat kebakaran tersebut, landasan pacu bandara NAIA ditutup sesaat. Penutupan landasan pacu tersebut mengakibatkan pesawat Korean Air terpaksa mengalihkan pendaratan ke bandara Clark di utara Filipina, kata General Manager MIAA Eddie Monreal kepada CNA.

Bukan Lion Air Indonesia

Walaupun memiliki kemiripan nama, nyatanya pesawat yang terbakar tersebut sama sekali bukan merupakan pesawat milik grup Lion Air asal Indonesia. Maskapai penerbangan Lion Air Group menegaskan jika pesawat yang jatuh di Bandara Manila, Filipina bukan milik perusahaan. Itu merupakan perusahaan penerbangan yang beroperasi di negara tersebut dan memiliki kemiripan nama.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan jika hingga kini Lion Air Group belum beroperasi di Bandara Manila Ninoy Aquino International Airport. “Lion Air Group belum beroperasi di MNL,” ujar dia melalui pesan kepada Liputan6.com, Minggu (29/3).

Lionair, Perusahaan Pesawat Jet Sewa

Lionair Filipina, penyedia pesawat sewa

Lionair yang dimaksud adalah Lionair Inc, maskapai penerbangan tidak terjadwal asal Filipina. Maskapai yang didirikan tahun 2009 ini menyewakan 7 jenis pesawat dan helikopter dari beragam vendor, seperti Challenger, Eurowind hingga Robinson.

Layanan yang disediakan Lionair adalah ambulans udara, bekerja sama dengan Lifeline. Tak hanya itu, maskapai yang berpusat di Pasai, Metro Manila ini juga menyediakan penyewaan pesawat ke pulau Boracay.

Tak berhenti di penyewaan, Lionair juga merupakan distributor helikopter Robinson. Ia menjual setidaknya dua tipe helikopter asal Amerika Serikat itu, yakni R44 Raven I dan Raven II, selain suku cadang untuk R22.

Loading...