Beranda » Game & Tekno » Kejuaraan F1 Grand Prix Dijadikan Turnamen Esports

Kejuaraan F1 Grand Prix Dijadikan Turnamen Esports

Meski COVID-19 telah menyebar ke seluruh negara, pihak F1 tetap melaksanakan turnamen Grand Prix dan dijadikan sebagai ajang Esport.

F1 Esports – Serangan COVID-19 yang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia telah membuat resah masyarakat. Di Jakarta sendiri pada Selasa (24/3), sejumlah mal dan acara terbuka banyak diumumkan ditunda.

Grand Prix F1 Tertunda Akibat COVID-19

 

F1

Selain mengganggu aktifitas sehari-hari, semua event dunia juga terpaksa dihentikan untuk sementara waktu guna memperlambat penyebaran virus corona. Salah satu event tersebut adalah kejuaraan F1 Grand Prix yang seharusnya dilaksanakan tahun ini.

Namun hal itu tidak membuat F1 membatalkan kejuaraan Grand Prix-nya, tetapi justru tetap dilaksanakan dalam format olahraga online. Disebut-sebut sebagai F1 Virtual Grand Prix ini menggantikan turnamen sebelumnya yang dibatalkan akibat serangan Covid-19 di seluruh dunia.

Gunakan Mesin Game F1 2019 Untuk Ajang Pertandingan Online!

F1 Esports

Turnamen tersebut dilaksanakan secara online dan disiarkan langsung melalui Twitch, sehingga para penonton F1 tetap bisa menikmati turnamen tersebut di rumah.

Turnamen ini dilaksanakan dengan menggunakan game F1 2019. Game simulasi F1 ini memiliki kesamaan baik pada hal peforma mobil F1, sirkuit-sirkuit dunia yang dibuat menyerupai sirkuit sesungguhnya hingga peraturan-peraturan dasar turnamen F1.

Sehingga bisa disebut game untuk pertandingan F1 Esport tersebut adalah simulator F1 yang tidak berbeda jauh dari event F1 Grand Prix yang asli. Namun tidak sedikit juga yang membuat kesalahan, karena beberapa pembalap professional tidak pernah memainkan game ini sebelumnya.

F1 Esport Virtual Grand Prix pertama telah dilaksanakan kemarin malam dan disiarkan langsung melalui Twitch di sirkuit Sakhir, Bahrain. Dikarenakan adanya beberapa kendala teknis, turnamen tersebut dilaksanakan 25% dari durasi aslinya dengan hanya 14 putaran saja. Turnamen dilaksanakan secara daring melalui PC, sehingga para pemain tidak harus meninggalkan rumah.

F1 Esports Diikuti Content Creator hingga Profesional!

F1 Esports

Lini pembalap F1 Esport Virtual Grand Prix yang diadakan di dalam turnamen ini tidak hanya diikuti oleh pembalap-pembalap professional saja, tetapi juga dimeriahkan oleh gamer professional yang jago di game balapan dan beberapa content creator. Salah satunya adalah Lando Noris yang sering melakukan streaming game iRacing dan PUBG, serta Paul “ReDeYe” Chaloner yang dikenal telah menjadi host beberapa turnamen esport ternama.

Pada sesi wawancara post-match, pemenang dari turnamen tersebut, Guanyu Zhou mengatakan bahwa turnamen ini hampir sama dengan realita kejuaraan F1 Grand Prix sesungguhnya. Meskipun ide tersebut terdengar cukup konyol, namun Zhou sendiri mengaku bahwa turnamen ini sangat menyenangkan dan cocok untuk turnamen F1 kedepannya.

Rencananya F1 Esports virtual Grand Prix berikutnya akan dilaksanakan pada bulan April mendatang untuk menggantikan kejuaraan yang sebelumnya dibatalkan. Jadwal serta link untuk virtual Grand Prix berikutnya bisa dilihat di akun resmi Twitch F1 atau website milik F1.

Loading...